Begini Cara Hidup Hemat demi Menambah Tabungan

BICARAPEREMPUAN.COM – Ingin hidup hemat demi menambah tabungan, girls?

Well, kecilkan saja keran pengeluaran bulan ini. Tapi, jangan sembarang hidup hemat dan mengetatkan ikat pinggang saja. Kalau apa-apa kamu tahan, bisa-bisa kamu malah stres sendiri. Kamu mesti pintar mengelola, bagian mana saja yang harus dihemat.

Ada beberapa pos memang akan baik kalau dipangkas, sedangkan ada pos yang harus dipangkas untuk hidup hemat.

 

Yang pantas dipangkas demi menambah tabungan

 

Begini Cara Hidup Hemat demi Menambah Tabungan.
Begini Cara Hidup Hemat demi Menambah Tabungan. Image via NBC News
  1. Dana kesehatan

Kesehatan adalah modal utama kamu untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Karenanya, bila kamu terbiasa mengonsumsi multivitamin setiap hari, jangan kurangi jumlahnya, girls, misalnya menjadi dua hari sekali demi penghematan.

Kalaupun harus dilakukan, pastikan kamu ganti kebutuhan multivitamin tersebut dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari.

 

  1. Kebutuhan dasar

Yang masuk ke dalam kategori ini adalah sandang, pangan, dan papan, yang setiap hari tidak bisa absen dari hidup kita ya, girls.

Maka, demi menghemat pengeluaran, rasanya ngak perlu deh sampai menahan diri untuk nggak membeli sepatu baru kalau memang sepatu sekolah anak sudah rusak. Atau, mengharamkan makan di luar rumah karena takut bujet terkuras.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Darurat Kamu Sendiri Yuk, Girls!

Kamu masih bisa kok makan di luar, asal pilih tempat atau restoran yang bukan di mal, yang biasanya harganya lebih bersahabat.

 

  1. Investasi

Kamu sudah punya rencana menyisihkan pemasukan bulanan untuk membeli reksadana atau jenis investasi jangka panjang lainnya?

Kalau memang sudah, maka patuhilan aturan yang sudah kamu buat sendiri tersebut. Jangan diutak atik ya.

 

  1. Rekreasi

Mengalihkan perhatian dari pekerjaan dan rutinitas untuk bersenang-senang sama sekali bukan kegiatan yang tak penitng ya, girls, yang memboroskan waktu dan uang.

Kamu justru perlu melakukan rekreasi supaya pikiran tetap segar dan nggak suntuk menghadapi pekerjaan. Pilih saja alternatif rekreasi yang ramah bujet.

 

Hal-hal yang perlu banget kamu atur lagi demi menambah tabungan

 

Begini Cara Hidup Hemat demi Menambah Tabungan.
Begini Cara Hidup Hemat demi Menambah Tabungan. Image via Days Of The Year
  1. Ongkos gaul

Aktivitas gaul bisa dikurangi, girls. Apalagi kalau hanya bersama teman-teman, bukan dengan keluarga.

Jika biasanya sebulan kamu bisa hangout dengan teman-teman sebanyak empat kali (seminggu sekali), maka coba saja untuk menguranginya, dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga kamu saja.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Pensiun Sendiri dengan Investasi! Ikuti Tipnya Yuk!

 

  1. Transportasi

Ketimbang memboroskan bensin dan menghabiskan jatah kilometer sebelum melakukan servis rutin berikutnya, ada baiknya kamu menjajal alternatif transportasi yang lebih hemat.

Coba naik commuter atau TransJakarta, misalnya. Atau ikut komunitas nebengers. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa ikut andil mengurangi kemacetan dan polusi udara di jalan raya.

 

  1. Shopping

Kalau nggak kepepet, ada baiknya kalau kamu menghindari jalan-jalan ke mal atau butik-butik favorit dulu. Agar kamu bisa meredam hasrat untuk membeli barang-barang yang sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan.

Kalau memang perlu berbelanja, susunlah daftar barang-barang yang perlu dibeli dan patuhilah daftar tersebut supaya tagihan belanja kamu nggak menggemuk.

 

Yes, sekarang kayaknya kamu pun sudah siap menikmati hidup hemat, dan say hi to tabungan yang semakin banyak! Yay!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.