Hobi

Jenuh? Berikut 5 Hobi Baru yang Bisa Kamu Pilih!

BICARAPEREMPUAN.COM – Kadang tanpa disadari, kita sering melewatkan hari-hari yang monoton ya, girls. Bangun pagi, bekerja, pulang malam, terus tidur. Begitu terus setiap hari, seperti sudah diprogram dan terjadwal dalam otak kita. Bosan nggak sih dengan kegiatan yang itu-itu terus? Pengin nggak mencoba sesuatu yang baru? Mencoba hobi baru, misalnya?

Yah, adalah sifat manusia kalau kita kadang merasa jenuh. Dan, nggak ada salahnya kalau kita juga lantas berniat mengubah sedikit rutinitas supaya nggak jenuh. Bener nggak sih, girls?

Dan, setuju kan, kalau salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan adalah dengan punya hobi baru. Untuk mengawalinya, mungkin kamu bisa memilih di antara 5 hobi standar tapi cukup mengasyikkan berikut ini, girls. Kelimanya adalah aktivitas-aktivitas yang bisa membantu kamu mengatasi stres, sekaligus kejenuhan.

Yuk, dicoba!

 

Berikut beberapa hobi yang bisa kamu pilih untuk mengatasi kejenuhan kamu.

1. Menulis

Hobi baru untuk dicoba: menulis.

Menulis. Image via Kristian Still.

Ada banyak cerita yang kamu alami setiap hari; yang menyenangkan, menyebalkan, atau yang bikin kamu malu.

Untuknya, kamu nggak perlu curhat sana sini. Cukup tuangkan tinta dalam kertas dan buatlah sebuah cerpen atau novel.

Mengawali tulisan memang lumayan susah, tapi begitu dimulai selanjutnya akan lebih mudah. Kata pertama akan bisa memancing kata-kata selanjutnya untuk keluar dengan lancar.

BACA JUGA:  Perdalam Hobi Fotografi Kamu, dan Kamu Bisa Jadi Sehebat 5 Fotografer Perempuan Luar Biasa Ini!

Atau, mulailah untuk menulis di blog. Saat kita sudah beberapa kali menulis, percaya deh, girls, kamu akan terbiasa menuangkan berbagai kata-kata yang menurutmu enak dibaca, hingga pembacamu bisa ikut merasakan pengalamanmu.

Menulis itu asyik dan murah, karena yang kamu perlukan hanya pena dan kertas, sebenarnya. Just vomit it! Jangan memikirkan tata bahasa dan aturan menulis yang terlalu kaku. Tuangkan saja apa yang ada dalam pikiranmu, jadikan sebagai buku harian atau jurnal untukmu sendiri.

Atau kamu tertarik dengan puisi atau fiksi? Well, selama kamu percaya pada kemampuanmu sendiri, pasti kamu bisa melakukannya.

 

2. Meditasi

Mencoba hobi baru: meditasi.

Meditasi. Image via The Shillong Times.

Terkadang orang menyebut meditasi itu bukan hobi, melainkan cara pengolahan batin. Akan tetapi, ketika kita sering melakukan meditasi dan itu tidak membuat kita bosan, maka bisa dibilang itu adalah sebuah hobi.

Mengapa meditasi? Meditasi itu sendiri membuat kita tenang dan menyatu dengan diri sendiri. Meditasi membuat kita lebih mengenal diri kita sendiri, girls. Manfaatnya ya kamu bisa mengetahui apa yang sedang terjadi pada dirimu sendiri. Misalnya saja kamu sedang sakit, maka kamu akan merasakan gejalanya.

Meditasi itu gampang kok. Kamu cukup menentukan tempat yang tenang dan mulailah memusatkan pikiran kamu pada tubuhmu sendiri dengan santai.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Android Selain Tik Tok Buat Kamu yang Suka Musik

Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk berlatih fokus lagi, yang nantinya akan berguna saat kamu bekerja atau melakukan sesuatu.

 

3. Merangkai bunga

Hobi baru untuk dicoba: merangkai bunga.

Merangkai bunga. Image via Flying Flowers.

Nah, yang satu ini mungkin agak berbeda dengan yang lain. Merangkai bunga dapat mengasah kreativitas dan bakat kamu, girls.

Hobi ini cocok sekali untuk kamu yang lebih suka berdiam di rumah. Mulailah memperindah rumah dengan beberapa rangkaian bunga. Pasti rumah kamu akan terasa nyaman dan segar.

Memang sih, hobi ini bisa membuat kantong kamu terkuras, tapi kembali lagi padamu dalam pemilihan bunganya. Nggak perlu mahal sebenarnya kan, yang penting bunga tersebut masih segar dan terdiri dari berbagai warna.

Hobi ini juga bisa menjadi awal hobi yang lain lo. Berkebun, misalnya. Kan kalau kamu menanam bunganya sendiri malah lebih irit kan?

 

4. Handlettering

 

Hobi baru untuk dicoba: handlettering

Hand lettering. Image via Template Monster.

Mungkin kamu merasa hobi ini lebih sulit dari yang lainnya ya, karena hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berbakat.

Tapi, nggak juga lo, girls, sebenarnya. Kalau kamu memang berminat untuk belajar, banyak kok tutorial hand lettering untuk pemula. Ada banyak video tutorial di Youtube dan juga blog yang bisa membantumu.

BACA JUGA:  5 Jenis Karya Seni Sederhana yang Bisa Kamu Buat untuk Mengisi Waktu Senggangmu dengan Berfaedah

Hanya menyediakan tinta warna dan kertas atau kanvas saja kamu sudah bisa memulainya. Yang pertama kamu lakukan adalah meluweskan dulu pergelangan tanganmu, selanjutnya kamu akan semakin terbiasa menulis indah.

 

5. Travelling

Hobi baru untuk dicoba: traveling.

Traveling. Image via FlipKey.

Ketika kamu sudah benar-benar ingin keluar dari lingkungan kantor atau rumah, maka kamu bisa mencoba hobi yang satu ini. Pastikan kamu mendapatkan sensasi petualangan dan mengenal orang-orang baru dengan budaya yang berbeda pula.

Usahakan kamu memilih wisata alam, seperti mendaki gunung, wisata pantai, air terjun, atau jelajah hutan. Dijamin, girls, pikiran kamu akan kembali segar untuk kembali pada pekerjaan.

Hobi traveling juga bisa merupakan awal permulaan hobi yang lain, seperti fotografi misalnya. Atau wisata kuliner.

 

Nah, selalu pastikan untuk memilih hobi yang bisa menjadi trigger hobi lainnya, girls, karena hal ini juga akan menghindarkanmu dari kejenuhan.

Selamat menikmati hobi barumu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: