Pengin Meraih Beasiswa Impianmu? Kamu Harus Punya dan Lakukan 7 “C” Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Memperoleh beasiswa, terutama untuk belajar ke luar negeri, memang nggak semudah itu ya, girls.

Namun, ada 7 hal yang dimulai dengan huruf ā€œCā€ ini bisa membantumu untuk mendapatkannya.

Apa saja? Yuk, kita lihat.

 

7 Hal yang bisa membantumu meraih beasiswa impianmu!

 

Mendapatkan beasiswa impian

  1. Content

Konten yang dimaksud di sini adalah segala informasi yang kamu perlukan untuk memperoleh beasiswa impianmu, girls. Dapatkan informasi selengkap-lengkapnya, bisa dari teman yang pernah mendapatkannya, atau melalui situs-situs internet yang menyediakan informasi mengenai seluk beluk beasiswa.

 

  1. Commitment

Mengajukan beasiswa kadang seperti sedang membeli lotere, ada hubungannya dengan keberuntungan. Katakanlah, semakin banyak kamu melamar, maka semakin baik pula kesempatanmu untuk mendapatkannya. Namun juga jangan heran, mungkin kamu akan membutuhkan waktu lebih lama dari yang kamu kira untuk bisa memperoleh beasiswa yang kamu incar.

Karena itu, sangat penting untuk berkomitmen dan bersikap tak pernah menyerah begitu kamu memutuskan untuk meneruskan pendidikanmu.

 

  1. Communicate

Beritahu orang-orang di sekitarmu, bahwa kamu sedang mencari peluang untuk mendapatkan beasiswa, dan kamu akan membutuhkan informasi dari mereka.

BACA JUGA:  Sedikit Tip Memilih Universitas Terbuka yang Sesuai

Informasikan pula hal ini pada guru ataupun dosenmu, juga mentor dan pembimbingmu, sehingga mereka dapat memberikan surat rekomendasi untuk dapat kamu masukkan ke dalam aplikasi yang kamu ajukan.

 

  1. Causes

Sementara kamu mencari informasi mengenai beasiswa dan juga menimbang semua peluangnya, ada baiknya untuk juga mulai terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Hal seperti ini bisa menjadi nilai tambah pada aplikasi beasiswamu, girls. Karena para pemberi beasiswa biasanya menyukai calon mahasiswa yang peduli mengenai isu-isu global yang terjadi di sekitarnya, dan berkomitmen untuk membuat perbedaan mengenainya.

 

  1. Create

Pengalaman organisasimu juga akan menjadi pertimbangan khusus bagi para pemberi beasiswa.

Jadi ada baiknya jika kamu bergabung dengan organisasi-organisasi yang sesuai dengan minatmu, dan terlibat secara aktif di dalamnya.

Jika di lingkungan sekitarmu, belum ada organisasi yang sesuai, kamu bisa menjadi inisiator dan membentuk komunitas yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitar.

Hal ini pasti akan membuat resume beasiswamu semakin menarik, karena berarti kamu mempunyai jiwa kepemimpinan dan berani untuk memulai sesuatu.

BACA JUGA:  Cara Belajar Bahasa Asing Secara Efektif, Mudah dan Cepat

 

  1. Curriculum

Kamu juga bisa menambahkan keterampilan lain yang bisa mendukung pengajuan beasiswa, seperti mengambil kursus bahasa asing atau menambah penguasaan komputer dan lain-lain.

Kemampuan tambahan selalu bisa membuatmu lebih unggul dibandingkan pelamar yang lain.

 

  1. Compliment

Untuk bisa membuat resume dan aplikasi beasiswa yang baik, jangan ragu-ragu untuk memamerkan diri.

So, tulislah semua prestasi yang pernah kamu dapatkan, dan juga semua kemampuan dan keterampilanmu secara jelas. Prestasi merupakan sesuatu yang sangat bisa dibanggakan dan merupakan nilai plus kamu terhadap pelamar yang lain.

Buatlah resume dan aplikasi yang meyakinkan dan menarik. Kamu harus bisa membuat calon pemberi beasiswa untuk membaca, dan merasa yakin bahwa kamulah penerima beasiswa yang tepat.

 

Nah, semoga dengan semua hal tadi, kamu bisa sukses mendapatkan beasiswa yang kamu impikan ya, girls!

Semoga beruntung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.