Menemukan Peluang Usaha, 7 Hal Berikut Sering Terlewatkan oleh Pebisnis Pemula

BICARAPEREMPUAN.COM – Jika kamu bosan atau sudah tak puas dengan tugas kamu sehari-hari, coba deh lakukan hal-hal yang menurut kamu menarik. Menemukan hobi baru, gitu deh, dengan memanfaatkan keterampilan kamu untuk menghilangkan rasa bosan tersebut. Siapa tahu dengan keisenganmu bisa menjadi peluang usaha baru.

Keren kan?

Ya, barangkali kamu memang tertarik untuk memulai bisnis kamu sendiri kan? Meski kamu sekarang kerja kantoran, nggak ada salahnya untuk memanfaatkan waktu luang kamu yang ada. Karena dalam memulai bisnis itu, ada banyak jalan yang bisa ditempuh.

Iya sih, untuk menemukan peluang usaha dan juga memulainya itu nggak semudah yang kita bayangkan, tapi apa salahnya jika mencoba? Betul kan?

Pasang surut di awal bisnis itu biasa, bahkan mungkin kamu juga harus mengalami beberapa kerugian. Tapi dengan tekad yang kuat dan perhitungan yang matang, pasti kamu bisa bertahan.

 

Berikut adalah hal-hal yang sering terlewatkan saat menemukan peluang usaha dan ingin memulai bisnis kamu sendiri

 

Menemukan peluang usaha, jangan abaikan 7 hal berikut sejak awal.
Menemukan peluang usaha, jangan abaikan 7 hal berikut sejak awal. Image via VideoHive

1. Memulai dengan target penghasilan

Ketika kamu bermimpi untuk menemukan peluang usaha dan menjadi pebisnis yang sukses, kamu juga harus sadar bahwa kamu harus punya target penghasilan terlebih dahulu.

Berapa banyak yang harus kamu hasilkan nantinya? Kalau perlu, tentukan nominal omzet yang harus kamu capai jika peluang usaha tersebut benar-benar berkembang. Ini penting, karena ini akan menjadi goal (sekaligus motivasi) kamu untuk terus berusaha.

Aturlah keuangan, buatlah pembukuan harian hingga bulanan untuk mengontrol pengeluaran. Perhatikan setiap detail, dan pertimbangkan keuntungan atau kerugian yang harus kamu tanggung. Misalnya, jika kamu memang harus menyewa suatu ruangan atau ruko, maka buat rancangan untung rugi, sehingga kamu dapat membayar sewa dan masih tetap untung.

BACA JUGA:  9 Strategi Sukses Presentasi Buat Kamu, Perempuan Kreatif!

 

2. Menyimpan rahasia

Sebagai seorang pebisnis, tentunya kamu akan memiliki sebuah rahasia atau formula melejitkan bisnis. Seperti lokasi di mana kamu mendapatkan harga bahan produksi terendah, metode penjualan yang kamu lakukan, dan beberapa trik untuk menarik pelanggan.

Nah, keep it secret, girls! Rahasiakan itu semua dari orang sekitar, terutama karyawan kamu sendiri. Menjaga privasi bisnis akan memperluas peluang usaha kamu untuk tetap menjadi yang paling unggul.

Jangan pernah abaikan hal ini ya. Ya, berbagi resep sukses sih boleh saja, tapi tak perlu semua juga diceritakan kok.

 

3. Strategi Pemasaran

Kamu mesti memikirkan hal ini sejak memulai bisnis kamu, girls. Pemasaran yang paling mudah dan gratis yang kini bisa kamu lakukan adalah melalui media sosial. Strategi pemasaran ini sangat disarankan bagi pebisnis pemula.

Buatlah deskripsi semenarik mungkin dan sesuai dengan produk yang kamu jual. Pelajari metode-metode pemasaran terbaru, stay updated, dan pastikan produk kamu terjual sesuai dengan target yang diharapkan.

 

4. Ketahui kendala

Membuat pembukuan dan agenda merupakan cara efektif untuk mengendalikan bisnismu. Selain itu, dengan menggunakan pembukuan dan agenda ini, kamu juga dapat mengetahui penyebab dari kendala yang terjadi secara lebih dini.

BACA JUGA:  6 Cara Menghadapi Bos Killer Agar Pekerjaan Kamu Lebih Lancar

Usahakan tetap mengontrol dan memastikan bisnis Anda berjalan dengan lancar. Segera ambil tindakan jika ada hal-hal yang mencurigakan terjadi dari monitor yang sudah kamu buat.

 

Untuk mengembangkan peluang usaha, lakukan perencanaan bisnis sejak awal.
Untuk mengembangkan peluang usaha, lakukan perencanaan bisnis sejak awal. Image via Business News Daily

5. Memahami dirimu sendiri

Sadari bahwa kamulah pemimpin dalam hidupmu sendiri, girls. Maka, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengenali kekuatan, kelemahan, dan kemampuanmu sendiri, sehingga ketika saatnya menjadi seorang pemimpin, kamu bisa mengendalikan diri sendiri. Dengan begitu kamu dapat memahami bagian mana yang perlu ditingkatkan.

Ketika kamu memutuskan untuk bekerja sama dengan pebisnis lainnya untuk mengembangkan peluang usaha yang kamu rintis, maka kamu pun bisa menempatkan dirimu dengan baik.

 

6. Pemimpin tidak sama dengan bos

Pemimpin bukan berarti bos, karena dalam bisnis yang disebut bos adalah pelanggan atau customer.

Pelajari bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik dan tuntas, sehingga pelanggan mendapat kepuasan dengan produk dan layanan yang kamu tawarkan. Jangan baperan saat pelanggan kecewa dengan produkmu dan komplain, karena, ingat, nggak semua produk kamu itu cocok dengan pelanggan.

Tetaplah ramah dan senyum ramah menjadi kunci untuk menarik pelanggan baru.

 

7. Membuka rekening dan menyisihkan dana darurat

Pengelolaan keuangan merupakan hal yang penting dalam pengembangan peluang usaha mana pun. Jika kamu tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, niscaya bisnis kamu akan kacau.

Kalau memang hal ini yang menjadi kelemahan atau kekurangan kamu, maka pertimbangkanlah untuk merekrut seorang akuntan atau seseorang yang tahu tentang pembukuan.

BACA JUGA:  Bos di Kantor Sayang Sama Kamu - Ini 5 Tandanya!

Jangan lupa, sisihkan uangmu untuk dana darurat. Kamu bisa menyisihkan setiap tiga bulan hingga satu tahun jika ada keperluan mendadak.

Siapkan satu rekening khusus untuk dana daruratmu, supaya nggak tercampur dengan rekening modal. Dengan begitu, kamu tetap fokus pada pengembangan bisnismu.

 

Menemukan peluang usaha dan kemudian mengembangkannya memang bukan perkara mudah yang bisa kamu lakukan dalam sehari atau dua hari saja.

Saat kamu sudah memulainya, kamu akan harus menghadapi banyak rintangan yang akan menjadi makanan sehari-hari. Carilah penyebabnya, dan temukan solusi. Kalau perlu, cari peluang lain apa yang dapat kamu manfaatkan untuk menjadikannya sebagai sebuah keuntungan untukmu.

Ingatlah, bahwa pelanggan selalu menginginkan sesuatu yang baru, unik, dan menarik. Kamu harus bisa membuat produk yang diingingkan pelanggan dan menguntungkan untukmu.

Semoga sukses, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.