Hobi

5 Alasan Mengapa Kita Harus Menemukan Hobi yang Menyehatkan!

Sudahkah kamu menemukan hobi yang menyehatkanmu, girls?

BICARAPEREMPUAN.COM – Ada sebuah pepatah mengatakan, “Do what you love, love what you do.”

Kurang lebih kalau diterjemahkan menjadi, “Lakukan apa yang kamu sukai. Sukai apa yang kamu lakukan”.

Sungguh pepatah yang benar, karena kalau melakukan apa yang tidak kita sukai itu lumayan bikin tertekan. Setuju tidak, girls?

Untuk itulah, mengapa penting bagi kita untuk menemukan hobi. Dan kamu pasti setujua, bahwa melakukan hobi itu selalu menyenangkan, karena berhubungan dengan apa yang kita sukai. Waktu seolah berjalan lebih cepat, padahal rasanya baru sebentar saja bermain-main dengan hobi kita.

Mengapa bisa begitu, ya? Yang jelas selain menyenangkan, melakukan hobi juga menyehatkan, loh! Makanya penting bagi kita untuk segera menemukan hobi, terutama yang bisa menyehatkan kita secara fisik, mental, maupun spiritual.

Nah, ini dia 3 alasan mengapa kita harus menemukan hobi yang bisa menyehatkan!

Gila Kerja Tapi Bahagia? Bisa Aja dengan 3 Tip Ini!

Meningkatkan hormon

Ada 3 hormon yang dapat terpicu saat kita melakukan sesuatu yang kita sukai. Hormon-hormon tersebut adalah:

Dopamin

Hormon ini muncul saat kita telah selesai memperjuangkan sesuatu. Kamu tentu tahu rasanya memenangkan sesuatu, kan? Gembira dan bangga, kurang lebih begitu perasaannya.

Contohnya hobi mengumpulkan koin kuno, yang biasanya merangsang kita untuk memperjuangkan kelengkapan koleksinya. Jika misinya sudah tercapai, maka tubuh pun bereaksi dengan mengeluarkan dopamin.

BACA JUGA:  Hobi Belanja Online? Nggak Masalah Asal Perhatikan 11 Hal Ini!

Endorfin

Kalau yang satu ini terkenal karena fungsinya sebagai pain killer atau penahan rasa sakit alami. Hobi-hobi yang membutuhkan kekuatan fisik biasanya akan merangsang tubuh memproduksi hormon endorfin ini.

Kalau kamu sudah menemukan hobi berolahraga, maka selain menyehatkan, kamu juga akan punya kekuatan lebih dalam menahan rasa sakit.

Serotonin

Biasanya hormon ini muncul dalam berhubungan sosial, karena berkaitan dengan perasaan ingin diakui. Apa pun kesukaan kamu, akan terasa lebih menyenangkan saat dilakukan bersama orang-orang yang hobinya sama.

Maka, bergabung dalam suatu komunitas dan banyak melakukan interaksi dengan sesama akan membuat tubuh lebih sehat dengan berkelimpahannya hormon serotonin ini

So, masih belum bisa menemukan hobi yang menyehatkanmu, lantaran memproduksi hormon-hormon di atas? Coba baca alasan yang kedua berikut.

Konsumsi makanan yang lebih sehat

Terutama yang sudah menemukan hobi memasak dan berolahraga sebagai kegiatan yang disukai, maka mereka biasanya akan terbiasa dengan asupan makanan yang lebih sehat.

Memasak tentu bukan sekadar suka makan atau melayani orang-orang tersayang dengan masakan, tapi juga tentang pilihan bahan yang lebih terjamin.

BACA JUGA:  9 Rahasia Meghan Markle Tetap Langsing Padahal Doyan Makan

Dan bagi yang suka olahraga pasti paham betapa menghilangkan lemak dan kalori itu butuh usaha jauh lebih besar ketimbang mengonsumsinya.

Oleh sebab itu, biasanya mereka akan memilih-milih jenis asupan yang akan dimakan.

Gaya Hidup Vegetarian, Tetap Sehat Tanpa Protein Hewani dalam 5 Langkah

Tubuh lebih lentur dan seimbang dengan mental

Ini biasanya dimiliki oleh mereka yang hobinya menari dan beryoga. Tubuh yang lentur sudah pasti didapat dengan berbagai gerakan yang lembut gemulai, namun tetap berenergi.

Selain itu, penari dan peyoga biasanya memiliki keseimbangan yang baik antara fisik dan mental, disebabkan oleh pose-pose simetris yang merangsang aktivitas di kedua sisi tubuh dan otak.

Otak dan ingatan lebih tajam

Menemukan hobi yang disukai dan dengan tekun melakukannya bisa membuat sel-sel otak terstimulasi untuk bertambah terkoneksi antara satu dengan yang lain, karena hobi biasanya menggerakkan kita untuk berpikir.

Berpikirnya tentu bukan yang membuat stres atau pusing, melainkan menyenangkan. Bermain game online, misalnya, atau menyusun puzzle, akan mempertajam otak sekaligus ingatan.

3 Masalah Gigi yang Paling Sering Terjadi dan Bagaimana Mengatasinya

Organ-organ berfungsi lebih sempurna

Konon katanya, sel-sel yang bahagia itu tidak memiliki pilihan lain selain menjadi sehat. Dan sel-sel yang bahagia itu bisa didapat dengan menemukan hobi yang sangat kita nikmati dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

BACA JUGA:  Hobi Baca Buku? Ini Dia Beberapa Plus dan Minus E-Book untuk Menyalurkan Hobi Kamu

Semua hobi jika dijalani dengan riang-gembira maka akan memicu semua hormon baik, dan akibatnya keseluruhan sel beregenerasi dengan sempurna. Efeknya lalu membuat semua organ tubuh menjadi lebih berfungsi karena jaringan yang rusah cepat terganti.

5 Alasan Mengapa Kita Harus Menemukan Hobi yang Menyehatkan!

Jadi, sudah semakin yakin bahwa kita harus menemukan hobi yang menyehatkan, bukan?

Yuk, kembali jalani hobi yang pernah tertunda, dan semakin dalami apa pun itu, agar memiliki tidak hanya tubuh yang kuat, tapi juga memiliki jiwa yang sehat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: