Trik Jitu Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

BICARAPEREMPUAN.COM – Bibir hitam bisa menurunkan kadar percaya diri kita ya, girls. Kalau kita tak segera mengatasi bibir hitam ini, wah, bisa bikin rasa percaya diri ini menurun bahkan berpengaruh terhadap kesehatan lo.

Tapi kan kita nggak merokok, misalnya. Kok bisa ya bibir kita menghitam? Well, ada alasan lain penyebab bibir hitam, girls. Di antaranya:

  • Bibir kering. Area bibir memang mudah kering, sehingga jika tidak dilembapkan apalagi saat cuaca yang panas, bisa menyebabkan pecah-pecah. Kalau hal ini tidak segera diatasi juga, maka akan bibir pun menggelap secara perlahan.
  • Gaya hidup. Nggak hanya merokok, kebiasaan minum alkohol pun bisa membuat bibir menghitam, girls.
  • Hiperpigmentasi, yaitu kondisi melanin di dalam tubuh terlalu banyak sehingga memengaruhi warna kulit. Bagian wajah adalah yang berpeluang tinggi untuk mengalaminya, girls, karena sering terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Anemia, karena kurangnya hemoglobin. Padahal, hemoglobin ini memberikan warna merah pada darah, sehingga dengan berkurangnya hemoglobin membuat perubahan warna kulit di beberapa bagian. Salah satunya ya pada bibir.
  • Kafein, kalau terlalu banyak dalam tubuh akan bisa mengakibatkan dehidrasi, karena cairan terus keluar melalui urine. Hal inilah yang membuat bibir pecah-pecah, nggak sehat, dan warnanya akan berubah menjadi gelap.
  • Lipstik yang kadaluwarsa. Ya memang sayang ya membuang lipstik, tapi kamu harus perhatikan betul batas kadaluwarsanya lipstik, girls.
  • Keracunan, juga merupakan salah satu penyebab bibir hitam. Racun yang bisa menyebabkannya seperti merkuri, perak, tembaga, alkali kuat dan berbagai jenis logam. So, perhatikan juga ya komposisi kosmetik yang akan kamu gunakan.
BACA JUGA:  Tren Kecantikan Terbaru: Garden Brows - Mau Cobain?

Wah, kalau dilihat-lihat, banyak ya hal-hal di atas yang menjadi penyebab bibir hitam itu akrab banget dengan keseharian kita?

 

Untuk mengatasi bibir hitam, 4 cara dengan menggunakan bahan alami ini bisa kamu lakukan secara rutin, girls!

 

Trik riasan mata besar

1. Gula jawa dan madu

Scrub dari gula jawa dan madu dapat digunakan untuk mengupas sel kulit mati untuk mengatasi bibir hitam, girls.

Caranya mudah kok. Campurkan satu sendok teh gula jawa yang telah diparut dengan satu sendok teh madu. Lalu, gosokkan campuran tersebut ke bibir dengan gerakan memutar. Diamkan sekitar 5 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

Lakukan hal ini 2 kali seminggu hingga bibir menjadi lebih cerah.

 

2. Mawar merah

Selain terkenal karena wanginya, bunga mawar juga berkhasiat untuk mengatasi bibir hitam secara alami.

Caranya, siapkan 5 helai mahkota mawar merah dan 50 ml susu murni. Masukkan mawar ke dalam susu dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, masukkan ke dalam blender hingga tercampur rata.

BACA JUGA:  6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Oleskan pada bibir lalu diamkan sekiar 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

Lakukan hal ini setiap hari sebanyak 2 kali sehari.

 

3. Delima

Buah delima juga dikenal baik untuk menghilangkan warna gelap pada bibir.

Caranya adalah siapkan 1 buah delima yang telah dicuci bersih. Lalu, hancurkan buah delima dan bijinya sampai halus. Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan air mawar. Jika sudah, oleskan campuran tersebut pada bibir sambil digosok secara lembut selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Lakukan hal ini sekali setiap hari.

 

4. Buah bit

Jika kamu suka bibir berwarna merah gelap, maka buah bit bisa membantu kamu, girls.

Caranya adalah siapkan 1 buah bit yang telah dicuci bersih, dan haluskan. Oleskan secara merata pada bibir lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit. Lakukan hal ini setiap hari hingga kamu mendapatkan warna merah yang diinginkan.

 

Keempat cara ini cukup efektif untuk mengatasi bibir hitam, girls. Dan pastinya aman banget ya untuk dilakukan karena bahan-bahannya alami semua, nggak perlu khawatir efek sampingnya.

BACA JUGA:  Kembalikan Energi dengan 5 Ritual yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

Ada yang punya masalah yang sama dan mempunyai tip mudah mengatasi bibir hitam selain 4 cara di atas? Yuk, share pengalaman kamu di kolom komen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.