Keuangan Kuliner

Boros Pengeluaran di Pos Makan, 6 Cara Ini Dapat Mengatasinya

Boros pengeluaran, ya harus dihemat. Tapi, gimana cara mengakali boros di pos makan ya?

BICARAPEREMPUAN.COM – Apalagi kalau pada dasarnya kita suka kulineran atau suka memasak. Biasanya memang lantas ada pengeluaran ekstra di pos makan–yang sekaligus hobi ini.

Well, pada hakikatnya, memasak sendiri itu seharusnya lebih hemat ketimbang jajan atau makan di restoran. Betul nggak, girls?

Namun, tak jarang nih, yang kejadian kalau kita memasak—apalagi kalau kita masak resep-resep unik, eksotik, atau yang sifatnya coba-coba—bisa jadi lebih mahal karena bahan-bahan yang digunakan biasanya harganya juga nggak murah. Kalau hal ini terjadi setiap hari lantaran kita memang hobi masak, ya jadi lumayan juga kan, pengeluarannya?

Masa mesti “mengorbankan” hobi yang menyenangkan ini sih?

Well, nggak perlu, girls! Berikut ada beberapa tip agar memasak betul-betul lebih murah ketimbang jajan di luar, dan bisa mengatasi boros pengeluaran di pos makan.

Trik mengatasi boros pengeluaran di pos makan, dan masih tetap bisa eksperimen masak enak

Beralih ke Makanan Organik dalam 8 Langkah Agar Sehat dan Hemat

1. Belanja di pasar tradisional

Ya, jangan belanja di supermarket, girls. Apalagi supermarket yang di mal. Jelaslah, harga bahan-bahan makanan, seperti produk segar maupun daging-dagingan di pasar tradisional itu lebih murah ketimbang di supermarket. Malahan kadang lebih segar yang kita dapat di pasar tradisional.

Bahan-bahan makanan di pasar tradisional biasanya habis dalam hari yang sama, sedangkan di supermarket sering kali masih menyimpan bahan-bahan yang belum habis di lemari pendingin dan menjualnya lagi keesokan harinya.

BACA JUGA:  Hidup Hemat Jadi Kocar-Kacir karena 5 Pengeluaran Kecil yang Sering Luput dari Perhatian Ini!

Memang kenyamanannya kurang jika kita berbelanja di pasar tradisional ya, tetapi demi mengatasi boros pengeluaran tapi masih tetap bisa melakukan hobi masak, maka seharusnya nggak masalah deh. Apalagi sekarang pasar-pasar tradisional juga sudah banyak yang direnovasi, udah lebih nyaman banget ketimbang dulu.

2. Cari pengganti bahan

Resep-resep di internet memang menarik buat dicoba ya, tapi biasanya ada resep tertentu yang membutuhkan bahan-bahan impor yang sudah pasti harganya mahal. So, untuk mengatasi boros pengeluaran di pos makan, lakukanlah hal berikut.

Coba cari substitute atau pengganti bahan makanan untuk resep yang ingin kamu buat dengan bahan yang lebih murah. Misalnya, kamu bisa mengganti kale dengan bayam, maple syrup dengan madu, atau jika resep meminta kamu menggunakan buttermilk, cukup gantikan buttermilk dengan 1 cup susu UHT yang diberi 1 sdm cuka dapur atau sari buah lemon dan didiamkan selama 5 menit, lalu gunakan sesuai yang tertera di resep.

All it takes is just one search on Google kok, girls. So, do your homework: googling! Demi mengatasi boros pengeluaran.

Bumbu Masak Sulit Ditemukan? Ini Dia 14 Bahan Pengganti Agar Tetap Bisa Masak Sesuai Resep

3. Buat sendiri

Salad dressing atau bumbu marinade dalam botol itu nggak murah. Padahal, bahan-bahannya murah dan cara membuatnya sendiri sebenarnya mudah.

BACA JUGA:  5 Dampak Makanan Manis dan 5 Tip Supaya Kamu Tidak Kecanduan Gula

Nah, ayo, kita buat sendiri saja supaya enggak boros pengeluaran.

Seperti, vinaigrette dressing, misalnya. Hanya butuh 3 bagian minyak dicampur dengan 1 bagian cuka, ditambah dengan herbs atau spices yang kamu suka, seperti bawang putih. Atau keju khas India yang bernama paneer yang harganya mahal itu, bisa kamu buat sendiri hanya dengan bermodalkan susu dan cuka dapur.

Sekali lagi, coba cari resepnya di internet ya. Banyak kok, girls. Do your homework before cooking: googling.

4. Buat meal plan untuk seminggu

Biasakan untuk membuat rencana menu selama seminggu ke depan saat weekend, girls.

Dengan cara ini, selain membuat kamu hanya berbelanja apa yang diperlukan dan mencegah ‘lapar mata’ yang menyebabkanmu jadi boros pengeluaran di pos makan, kamu pun bebas dari kepusingan menjawab pertanyaan, “Masak apa ya, hari ini?”

Boros Pengeluaran di Pos Makan, 6 Cara Ini Dapat Mengatasinya

5. Frozen food is good

Kalau selama ini freezer hanya digunakan untuk membekukan es batu atau menyimpan daging yang belum dimasak, maka ayo kita maksimalkan lagi penggunaannya, girls.

Saat a menyiapkan meal plan untuk memasak dalam batch besar, dan kamu tahu pasti nggak akan bisa menghabiskannya saat itu juga, maka simpan sisanya dalam freezer.

Saat ingin dimakan di minggu depannya, panaskan di microwave atau di atas kompor. Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi boros pengeluaran dan menghemat waktu juga. Dengan begini, kamu punya makanan siap saji ala kamu sendiri, yang pastinya lebih sehat.

BACA JUGA:  17 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Harganya Ramah di Kantong

Jangan khawatir, masakan yang dibekukan dengan sempurna bisa bertahan 3 – 6 bulan kok!

6. Be creative with basic ingredients

Untuk mengatasi boros pengeluaran di pos makan, gunakan bahan-bahan dasar yang harganya murah namun mudah diolah untuk berbagai menu.

Telur, misalnya. Diceplok, dadar, scrambled, poached—the options are limitless! Kamu bisa menyontek resep berbagai olahan telur di BiPer ini nih. Yummy!

Kamu hanya harus sedikit berimajinasi dan sedikit bereksperimen.

Nah, sudah teratasi kan, boros pengeluaran di pos makan yang sering kamu alami? Keep experimenting with your food ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: