Kecantikan

6 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Paling Jitu

Jangan biarkan kulit kering mengganggu penampilan kamu. Kamu mesti tahu sedikit trik mengatasi kulit kering berikut ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Setiap perempuan dianugerahi jenis-jenis kulit yang berbeda. Makanya, perawatannya pun bisa berbeda juga.

Apalagi untuk kulit wajah. Jika kulit wajah kamu termasuk tipe kulit kering, maka kamu perlu memberikan perhatian ekstra, girls. Karena kulit wajah kering akan cenderung menjadi lebih sensitif. Bisa-bisa jadi mengelupas dan terasa makin kering deh.

Akibatnya, lama kelamaan garis halus dan kerutan di wajah akan muncul lebih cepat. Karena itu, kamu perlu tahu dulu pemicu keringnya kulit wajahmu, baru kemudian kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi kulit kering ini.

Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kulit wajah kering:

  • Polusi dan cuaca, apalagi jika terjadi cuaca ekstrem, baik panas maupun dingin.
  • Stres dan depresi
  • Sensitif terhadap kosmetik atau produk perawatan kulit lain, seperti sabun hingga lotion.
  • Terlalu sering berada di bawah paparan sinar matahari tanpa perlindungan.
  • Konsumsi alkohol, rokok, kafein, dan obat-obatan yang berlebihan hingga mengganggu keseimbangan hormon.
  • Kurang mengonsumsi vitamin A, omega 3, zinc dan B kompleks.
  • Menderita sakit yang menyebabkan dehidrasi atau berkurangnya cairan tubuh, seperti diare, muntah, dan lain-lain.
  • Mengalami hipotiroid, yaitu kondisi kelenjar tiroid yang menghasilkan terlalu sedikit hormon sehingga mengurangi produksi keringat serta minyak. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan kering.
  • Faktor usia. Semakin bertambah umur, maka kulit akan cenderung menjadi kering. Tanpa didukung oleh perawatan yang tepat, kulit kamu akan nampak kusam dan kasar.
BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Masker Wajah yang Sesuai dengan 3 Jenis Kulit

Nah, kalau kamu sudah menemukan apa saja penyebab kulit kering, seperti di atas, maka selanjutnya kamu bisa menentukan langkah cara mengatasi kulit kering kamu.

Yang utama, kamu harus ingat, girls, supaya jangan sembarang pilih produk. Perhatikan 4 hal ini jika kamu hendak memilih produk yang tepat untuk merawat kulit kering kamu sehari-hari. Apa saja? Mari kita lihat.

Produk yang Tepat untuk Merawat Kulit Kering Sehari-Hari yang Harus Kamu Punya

Pelembap

Saat memilih pelembap, lebih baik pilihlah produk dengan tekstur yang lebih creamy. Produk yang memiliki tekstur creamy begini cenderung lebih banyak kandungan minyak dibanding tekstur lotion yang lebih kaya akan air.

Pakailah pelembap yang kaya vitamin E dan C untuk membantu memperbaiki tampilan kulit kering kamu. Aplikasikan terutama pada area mata dan sekitar bibir, karena pada dua area inilah rentan hadir garis-garis halus yang akan semakin jelas seiring waktu.

Lip Balm

Jangan lupa, rawat juga area bibir dengan mengaplikasikan lip balm secara berulang di siang hari saat kamu beraktivitas, dan saat malam hari. Sebaiknya, jangan pakai lip balm yang mengandung peppermint dan menthol, girls, karena bisa memicu kulit bibirmu semakin kering.

BACA JUGA:  Trik Jitu Atasi Flek dan Noda Jerawat Nakal di Wajah

Tabir Surya

Produk perawatan kulit satu ini nggak boleh ketinggalan dan kelupaan dipakai, girls.

Matahari adalah musuh utama kulit kering. So, jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan tabir surya dulu sebelum kamu mengenakan makeup.

Bahkan, meski kamu bekerja di dalam ruangan yang berpendingin udara, sinar ultaraviolet matahari–terutama UV A–tetap mampu menembus kaca dan kulit lo! Radiasi yang dihasilkan oleh UV A ini memang berbahaya, lantaran dapat mencapai dermis (lapisan kulit kedua dari kulit) lalu merusak serat-serat yang berada di dalamnya.


Nah, sekarang bagaimana cara mengatasi kulit kering ini? Ternyata cukup sederhana kok. Ikuti sampai selesai ya.

Begini Cara Mengatasi Kulit Kering yang Paling Jitu

Lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi kulit kering

  • Kalau kamu hobi berendam dengan air hangat, sebaiknya kamu kurangi sedikit kebiasaan kamu ini, girls. Juga mandi dan membersihkan wajah dengan air hangat. Karena air hangat bisa berefek menghilangkan minyak kulit alami lebih cepat.
  • Aplikasikan pelembap wajah dan serum setelah mencuci wajah. Akan lebih baik jika kamu menggunakan produk perawatan untuk kulit kering ini saat kondisi kulit masih lembap, girls. Hal ini dikarenakan partikel air yang masih melekat di wajah mampu ‘mengunci’ formula yang diberikan dari pelembap atau serum.
  • Bersihkan area leher dan wajah dengan usapan perlahan dengan pembersih bertekstur gel karena banyak mengandung pelembap. Hindari produk perawatan dari bahan-bahan keras. Selesai membersihkan wajah, segera basuh dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk yang lembut.
  • Lakukan facial scrub secara rutin seminggu sekali, agar sel kulit mati bisa terangkat.
  • Hindari untuk terus-menerus berada di udara yang kering dan tingkat kelembapan rendah seperti di dalam ruangan ber-AC.
  • Cukup istirahat, perbanyak juga asupan air mineral dan konsumsi protein, vitamin dan mineral yang banyak. So, kamu harus banyak makan buah, sayur dan gandum utuh agar kulit tetap sehat.
BACA JUGA:  Begini Riasan Mata yang Benar Supaya Mata Kamu Lebih Tampak Berbinar!

So, girls, semoga sedikit trik mengatasi kulit kering ini cukup jelas ya. Sederhana aja kan?

Dengan begini, meski kulit kamu termasuk tipe kulit kering, tapi kulitmu tetap dalam kondisi sehat dan prima.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: