Kesehatan

Mengatasi Sakit Punggung, Lakukan 5 Latihan Peregangan Ini!

Sakit punggung sering kali dianggap sepele, tetapi percayalah, kalau hanya diabaikan, hal ini akan cukup membuatmu menderita.

BICARAPEREMPUAN.COM – Bagi kamu yang menghabiskan sebagian besar waktunya duduk di meja sambil menghadap laptop, sakit punggung adalah musuh yang harus dihadapi setiap hari. Belum lagi ditambah sering memegang smartphone dengan posisi menunduk. Efeknya bikin sakit punggung juga.

Kamu tentu saja bisa segera melakukan konsultasi dengan dokter, namun sebagai pertolongan pertama, kamu bisa melakukan 8 latihan peregangan ini.

Latihan peregangan ini disusun secara bertahap. Oleh sebab itu bagi pemula, peregangan harus dilakukan dari gerakan pertama untuk menghindari cedera. Setelah gerakan pertama selesai, barulah masuk ke gerakan selanjutnya dan harus tetap secara bertahap.

Tidak ada patokan waktu dalam pelaksanaan setiap gerakan, jadi kamu bisa melakukan setiap gerakan sesanggupnya saja. Sedikit catatan, kamu jangan memaksakan diri terlalu keras dan lakukan peregangan ini dengan terkendali, lembut, juga kontinu agar hasilnya dapat terasa.

Inilah 5 latihan peregangan untuk mengatasi sakit punggung.

1.Cat-Cow

Atasi sakit punggung - posisi cat cow
Atasi sakit punggung – posisi cat cow. Sumber: popsugar

Untuk atasi sakit punggung, coba kamu lakukan posisi ini. Posisi awal kedua tangan sejajar, lalu tarik badanmu ke atas. Jangan lupa atur pernapasan secara pelan. Lakukan beberapa kali.

BACA JUGA:  Beralih ke Makanan Organik dalam 8 Langkah Agar Sehat dan Hemat

2.Back Extension

Atasi sakit punggung dengan posisi Back Extension
Atasi sakit punggung dengan posisi Back Extension. Sumber: Spine Nevada

Pose kedua untuk mengatasi sakit pada punggung yang kedua adalah dengan posisi telungkup, kedua tangan lurus di samping. Pelan, angkat bagian dadamu.

Jangan terlalu dipaksa ya, kalau nggak bisa full keangkat. Pelan-pelan saja.

3.Heel Kick

Atasi sakit punggung dengan posisi Heel Kick.
Atasi sakit punggung dengan posisi Heel Kick. Sumber: YogaApproved

Posisi berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit pada punggung adalah dengan telungkup tapi dada ditegakkan. Kaki kanan-kiri bergantian diangkat seperti di foto.

4.Double Impact

Atasi sakit punggung dengan posisi double impact.
Atasi sakit punggung dengan posisi double impact. Sumber: The Health Science Journal

Posisi yang satu ini jangan terlalu dipaksakan, girls. Pertama telungkup, lalu kunci kedua tangan di bagian belakang. Angkat kedua kaki pelan. Gantian bagian dada diangkat. Lalu, pelan angkat kaki dan dada bersamaan, posisi tangan pun agak melayang.

5.Swimming

Atasi sakit punggung dengan posisi swimming.
Atasi sakit punggung dengan posisi swimming. Sumber: VeryWell Fit.

Pose terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit pada punggung adalah pose seperti orang berenang ini. Mirip juga posisi nomor 5, bedanya kedua tangan diletakkan di depan dan luruskan.

Setelah itu, seperti gaya berenang, kaki dan tangan bergantian dinaikkan dan diturunkan.

Kamu yang sudah menjalani yoga pasti akrab banget dengan 5 latihan peregangan di atas.

BACA JUGA:  9 Rahasia Meghan Markle Tetap Langsing Padahal Doyan Makan

Iyes, semua gerakan itu ada di yoga dan mungkin sering banget kamu lakukan kan? Surprise, ternyata latihan peregangan ini bisa mengatasi sakit punggung yang kamu alami? Well, you shouldn’t, karena yoga memang banyak banget manfaatnya.

Sekarang jika kamu mengalami keluhan sakit punggung, maka kamu bisa lakukan 5 latihan peregangan di atas. Tapi, kalau kamu baru sekali ini mencoba gerakan-gerakan tersebut, maka sebaiknya lakukan saja dengan pelan-pelan. Seiring waktu, pasti kamu semakin mahir, dan kamu pun semakin terbebas dari rasa sakit di punggungmu.

Setelah sembuh, kamu juga harus berjanji untuk memperbaiki posisi postur tubuhmu. Jangan membungkuk saat duduk, dan sering-seringlah bangkit dari duduk, sekadar berjalan-jalan agar peredaran darah tetap lancar.

Selamat mencoba dan sehat selalu, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: