Kecantikan

3 Langkah Mengatasi Tumit Kasar dan Pecah-Pecah Serta Bau

Tumit kasar dan pecah-pecah, apalagi ditambah bau, bisa bikin kita krisis pede. Ini dia cara mengatasi tumit kasar.

BICARAPEREMPUAN.COM – Tumit kasar dan pecah-pecah memang mengganggu penampilan, apalagi kulit kaki memang merupakan bagian yang paling kering di tubuh kita.

Tumit kasar dan pecah-pecah terkesan seperti kotor, tak terawat, dan nggak indah dipandang mata sehingga kita jadi merasa kurang nyaman dalam berpenampilan; segan memakai sandal ataupun sepatu yang terbuka, terutama di bagian belakang. Kita jadi nggak leluasa deh memilih model sandal karena malu jika tumit terlihat.

Tumit kasar dan pecah-pecah bisa terjadi pada siapa pun, dari segala usia. Barangkali juga ada di antara kamu yang sekarang sedang mengalaminya. Penyebab utama tumit kasar dan pecah-pecah ini adalah karena iritasi kronik yang bisa terjadi akibat terlalu lama berdiri, kelebihan berat badan, atau alas kaki yang tidak memberikan bantalan protektif terhadap tumit. Selain itu, bisa juga terjadi akibat paparan kimiawi yang berlebihan, misalnya detergen, juga terdapat penyakit-penyakit kulit tertentu yang membuat kulit senantiasa kering dan menebal dan akhirnya pecah-pecah.

Jitu Mengatasi Tumit Kasar dan Pecah-Pecah

3 Langkah Mengatasi Tumit Kasar dan Pecah-Pecah Serta Bau

Ada cara yang dinilai cukup efektif untuk mengatasi tumit kasar dan pecah-pecah, dan bisa membuatnya kembali sehat dan lembut. Kamu hanya perlu melakukan 3 langkah ini saja:

BACA JUGA:  Dewy Makeup: 9 Langkah Simpel Agar Tampak Cantik

1. Rendam kaki

Siapkan sebaskom air hangat–jangan terlalu panas, karena malah semakin memperparah keringnya kulit. Tambahkan 3 sendok makan garam, lalu aduk agar larut.

Rendam kaki di dalam baskom selama 10 – 15 menit. Gosok secara perlahan bagian tumit kasar dan pecah-pecah dengan batu apung. Lakukan dengan lembut ya, girls.

Jika sudah selesai proses perendaman kaki ini, segera keringkan kaki dengan handuk yang lembut.

2. Gosok kaki

Untuk mengatasi tumit kasar dan mencegahnya supaya nggak pecah-pecah, setiap kali mandi, gosoklah bagian tumit dengan ampelas kaki.

Hal ini sebaiknya kamu lakukan secara rutin setiap kali mandi.

3. Oleskan krim pelembut

Secara rutin pula, kamu bisa mengoleskan krim pelembut pada kaki. Cermati label kemasan krimnya. Di dalamnya harus mengandung urea, salicylic acid, dan AHA ya. Ini adalah bahan-bahan aktif yang akan sangat efektif membantumu mengatasi tumit kasar dan pecah-pecah.

Selain tumit kasar dan pecah-pecah, masalah kaki lain yang kerap dihadapi adalah aromanya yang kurang sedap. Hal ini pastinya bikin kita nggak nyaman ya, kalau harus melepas sepatu, karena aromanya ini bisa keluar dari dalam sepatu maupun kaki kita.

BACA JUGA:  Memakai Masker dan Kacamatamu Berembun? Ini 8 Cara Mengatasinya!

Untuk itu, penting bagi kita untuk merawat kebersihan dan kesehatan kaki, supaya kaki nggak jadi bau karena penumpukan keringat dan bakteri.

Berikut adalah cara yang paling jitu untuk mengatasi kaki bau

9 Jenis Sepatu Wanita Timeless Ini Wajib Dimiliki Untuk Menyempurnakan Penampilanmu!

1. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan kaki, misalnya dengan rutin melakukan pedicure ke salon. Atau, jika tidak, kamu bisa merawat sendiri kaki-kaki kamu di rumah.

Lakukan perawatan kuku, haluskan kulit-kulit kaki yang menebal dengan cara merendamnya dalam larutan air garam seperti yang sudah dijelaskan caranya di bagian mengatasi tumit kasar dan pecah-pecah di atas. Juga cucilah kaki dengan sabun secara teratur dan segera keringkan setelahnya.

2. Menghindapi penumpukan keringat berlebih

Caranya dengan memakai sepatu yang berkualitas baik dan sesuai dengan ukuran kakimu. Kamu pun harus mencocokkan kegiatan dengan sepatu yang kamu pakai, karena masing-masing sepatu didesain sedemikian rupa untuk tujuan tertentu juga.

Misalnya, pakailah sepatu olahraga untuk berolahraga. Karena desain sepatu olahraga yang baik biasanya didesain dengan memperhitungkan sirkulasi udara yang baik juga di dalam sepatu sehingga menghindarikan kaki kita berkeringat berlebih.

Diet atau Olahraga? Mana yang Paling Efektif untuk Tubuh?

3. Gunakan deodorant

Hal ini bisa kamu lakukan untuk mencegah bau kaki yang berlebih. Buat kamu yang senantiasai berkeringat banyak di kaki, dapat menggunakan antiprespirant yang dijual bebas maupun yang diresepkan khusus.

BACA JUGA:  Mau Belajar Makeup Sendiri? Ini 7 Peralatan yang Wajib Dipunya Dulu

Selain itu, beri kesempatan pada sepatu untuk mengering. Jangan gunakan sepatu yang sama setiap hari, jika sudah mengalami gangguan bau pada kaki. Jemurlah sepatu di bawah sinar matahari, jika kamu tak sempat mencucinya, secara berkala.

Nah, jadi sudah nggak ada alasan lagi ya, girls, untuk malas merawat kesehatan dan keindahan kulit kaki kita. Lebih baik merawat sedari dini, sebelum terlambat yang berakibat kaki memiliki tumit kasar dan pecah-pecah, ditambah bau.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: