Kuliner

Mengenal 6 Jenis Tepung yang Paling Sering Dipakai Sehari-hari

Kamu suka masak, girls? Kalau suka, pasti sering menggunakan tepung ya? Ada 6 jenis tepung yang paling sering digunakan untuk memasak.

BICARAPEREMPUAN.COM – Kalau kamu gemar memasak cake atau kue, kamu pasti mengenal tepung sebagai bahan utama dari kue kamu ya? Tapi banyak jenis tepung yang tak hanya menjadi bahan kue saja, tapi juga sering menjadi bahan makanan lainnya, dari makanan pembuka hingga dessert!

Sepertinya makanan yang berasal dari mana pun, selalu ada yang berbahan tepung. Apalagi di Indonesia, ya kan? Gorengan saja deh, yang dijual murah di pinggir jalan–mau itu pisang goreng, tahu, tempe, apa pun–selalu ditambah dengan tepung. Dari yang murah di pinggir jalan itu, sampai makanan-makanan mahal yang disajikan di fine dining resto maupun hotel, banyak sekali yang menggunakan berbagai jenis tepung.

Umumnya, bahan dasar berbagai jenis tepung yang kita kenal ini terbuat dari tumbuhan yang merupakan sumber karbohidrat, seperti beras, jagung, singkong hingga gandum.

Meskipun akrab menjadi bahan masakan sehari-hari, barangkali ada di antara kamu yang masih belum mengenal berbagai jenis tepung ini.

Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan beberapa jenis tepung yang sering dipakai sehari-hari.

1. Tepung terigu

Jenis tepung ini sepertinya sih yang paling populer ya.

BACA JUGA:  11 Makanan Kekinian yang Harus Kamu Coba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Tepung terigu akan digoreng saat menjadi pelapis gorengan–misalnya pisang goreng, tahu goreng–atau saat ia menjadi bahan utama juga seperti bakwan. Tepung terigu juga dipanggang untuk membuat roti, atau dikukus untuk membuat bolu kukus.

Bahan dasar tepung terigu berasal dari biji gandum yang telah dikupas kulit arinya, sehingga berwarna putih. Tepung terigu juga mengandung gluten, zat yang banyak dihindari oleh para food combiners.

2. Tepung gandum

Jenis tepung ini sama-sama berasal dari biji gandum seperti tepung terigu. Bedanya tepung gandum berasal dari biji gandum utuh tanpa membuang kulit arinya, sehingga warna yang dihasilkan akan lebih kecokelatan dengan tekstur yang lebih kasar.

Tepung gandum dikenal mengandung lebih banyak serat pangan, antioksidan untuk mencegah kanker serta vitamin, mineral dan memiliki protein alami, yang disebut gluten.

3. Tepung maizena

Tepung maizena dibuat dari pati jagung. Pati ini didapat dari pemisahan pati dan endapan air biji jagung yang digiling dan mengandung karbohidrat, kalsium, dan fosfor.

Pada penggunaannya, tepung maizena lebih banyak berfungsi sebagai zat pengental pada vla, saus, ataupun sup. Tepung maizena juga biasa digunakan untuk membantu melembutkan cake.

Mengenal 6 Jenis Tepung yang Paling Sering Dipakai Sehari-hari

4. Tepung ketan

Tepung ketan terbuat dari beras ketan warna hitam atau putih yang digiling halus. Tepung ketan putih teksturnya mirip dengan tepung beras, tetapi bila diraba akan terasa lebih berat melekat.

BACA JUGA:  Buah Kurma: Kandungan Gizi dan 2 Resep Minuman untuk Berbuka Puasa

Jenis tepung ini umumnya digunakan untuk membuat kue tradisional, seperti onde-onde dan kue bugis.

5. Tepung beras

Jenis tepung ini berasal dari beras putih dan merah yang ditumbuk hingga halus.

Tepung beras biasa digunakan untuk membuat bubur sumsum. Tepung ini dikenal memiliki kandungan kalsium, zat besi serta vitamin B1. Tepung beras ini sering dipakai sebagai pengganti tepung terigu bagi mereka yang menderita intoleransi gluten, karena tepung beras tidak mengandung gluten seperti halnya tepung terigu dan gandum.

6. Tepung tapioka

Jenis tepung dari sari pati singkong ini juga populer dengan sebutan tepung kanji. Dalam 100 gramnya, mengandung energi 362 kilo kalori dan 86.9 gram karbohidrat.

Tepung tapioka nggak memiliki kandungan vitamin dan mineal, sehingga dalam mengonsumsinya mesti ditambah dengan makanan sumber vitamin dan mineral lainnya.

Teksturnya halus, biasa digunakan untuk membuat makanan seperti bakso dan empek-empek.

Nah, girls, now that kamu sudah kenalan dengan beberapa jenis tepung, sekalian saja deh, BiPer kasih beberapa tip untuk menyimpan tepung-tepung ini supaya lebih awet ya.

BACA JUGA:  Dalam 29 Menu Makan Siang Ini Tersembunyi Banyak Kalori Lo! Waspadalah!

Tips menyimpan tepung supaya lebih awet

  • Jika belum dibuka, simpan tepung dalam suhu ruang.
  • Pastikan tepung tersimpan dalam wadah kedap udara, kering dan tidak terkena cahaya langsung
  • Bisa disimpan di dalam freezer untuk daya tahan tepung lebih dari 6 bulan.

Selamat masak, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: