Nggak Perlu Emosi, Ini Dia 5 Cara Cerdas Mengubah Haters Menjadi Teman!

BICARAPEREMPUAN.COM – Orang bilang, “haters gonna hate”, yang artinya seorang haters itu selamanya bakalan selalu membenci. Enggak peduli kita benar atau salah, ya mereka akan terus mengritik. Lagi dan lagi, hingga mungkin kita benar-benar terjatuh.

Kamu mungkin bertanya ya, girls, kenapa begitu? Kemungkinan dikarenakan sifat mereka yang memang suka iri hati alias dengki. Atau mungkin, pada dasarnya mereka udah nggak suka sama kamu. Who knows?

Sebenarnya keberadaan haters adalah bagian dari kehidupan. Setiap orang pasti punya pembenci. Terlebih lagi jika sudah sukes, wah biasanya hatersnya makin banyak. Layaknya sebuah pohon yang makin tinggi makin kencang anginnya. Begitulah manusia hidup, harus tahan banting!

Untuk menghadapi mereka, kamu enggak perlu emosi. Daripada ikutan marah-marah nggak jelas, mending ubah haters kamu itu menjadi seorang teman. Ha? Emang bisa? Bisa kok, girls!

 

Ini dia 5 cara cerdas mengubah haters menjadi seorang teman

1. Minta Bantuan Kepada Haters

Cara ini memang terdengar agak aneh, ya, girls? Namun beberapa psikolog justru menyarankannya lo! Menurut mereka, trik ‘meminta bantuan’ ini bisa merubah haters menjadi seorang teman.

Jika kamu masih bingung, kenapa bisa begitu? Sebenarnya hal tersebut didasari oleh teori disonansi kognitif. Menurut teori tersebut, ada kecenderungan saat seseorang bakal merasa tak nyaman, tatkala ia melakukan suatu perilaku yang tidak sesuai dengan keyakinannya. Kondisi itu akan membuat ia berpikir ulang dan melakukan pertimbangan-pertimbangan guna menetapkan konsistensi dalam dirinya.

BACA JUGA:  Kamu Jomblo Sementara Teman-Temanmu Sudah Menikah? Nggak Perlu Galau, Girls!

Begitupun dengan haters, dalam hatinya mereka mungkin sudah membenci kamu. Tapi bukan berarti itu enggak bisa diubah. Ketika kamu meminta bantuannya dengan tulus, penuh pengharapan, dan rendah hati, barangkali mereka akan memberikan bantuan secara sukarela. Bahkan kemungkinan, mereka juga bakal mengubah sudut pandangnya terhadapmu, menghapus rasa bencinya, sebab mereka sadar bahwa kamu tidaklah seburuk yang mereka pikirkan.

 

2. Keep Calm, Perlakukan Mereka secara Sopan

Sebagian besar mereka ini hanya berani menjelek-jelekan ketika di belakang, maksudnya nggak akan langsung mengatakan ketidaksukaan mereka di hadapan kita. Bisa jadi mereka ngegosip, ghibah, atau bisa jadi hanya komen di media sosial. Intinya, biasanya sih mereka nggak berani serta merta menghina kita tepat di depan mata.

Sebenarnya, orang seperti itu mirip pengecut. Jadi kamu nggak perlu meresponsnya secara terlalu menggebu-gebu. Sebaliknya, tunjukkan sikap yang elegan dan sopan di hadapan mereka. Bahkan jika memungkinkan, ajak mereka bertemu (jika memang belum pernah ketemu).

Bertindak baiklah layaknya kamu memperlakukan seorang teman. Dijamin deh, mereka akan merasa menyesal karena telah membenci kamu, girls.

BACA JUGA:  Lebih Percaya Diri Tanpa Insecure dengan 7 Tip Jitu Ini

3. Daripada Marah, Mending Senyumin Aja!

Jangan meremehkan sebuah senyuman. Terkadang satu senyuman aja sudah mampu meluluhkan hati seseorang.

Coba deh, kamu berikan senyuman termanis dan setulus hati kepada haters, dijamin perasaan mereka bakalan tergugah. Mungkin rasa bencinya juga ikut musnah, dan pada akhirnya mereka pun bakal jadi teman karena terkesan dengan sikapmu yang begitu ramah pada mereka.

 

4. To The Point, Tanyakan Alasan Dia Membencimu

Haters itu bukan untuk dihindari, melainkan harus dihadapi. Jika kamu bertemu dengan mereka, ajak duduk bareng. Suguhkan secangkir minuman dan sepotong kue, lalu tanyakan “Kok kamu nggak suka sama aku, kenapa sih? Aku punya salah apa?”

Pertanyaan itu cukup tajam bagi mereka, girls! Seperti skak-mat! Kemungkinan sih, haters bakal menjawab secara jujur, panjang lebar tentang alasan-alasan kenapa membenci. Dan kamu, girls, cobalah memberikan jawaban yang bijak juga. Ciptakan suasana dari hati ke hati.

Dengan begitu, si haters dijamin bakalan luluh hatinya.

 

5. Yang Terpenting, Jangan Pernah Mendendam!

Setelah kamu melakukan trik-trik di atas, namun haters masih juga membencimu, maka jalan satu-satunya, ya biarkan saja!

BACA JUGA:  Jangan Asal Curhat Meski ke Sahabat, Apalagi Soal Cinta

Kamu tak perlu memaksa mereka untuk menyukaimu. Cukup tunjukkan bahwa kamu bukanlah orang jahat. Tunjukkan saja bahwa kamu sudah mencoba ramah dan baik pada semua orang. Dan yang terpenting, jangan jadi pendendam.

Jika si haters itu masih punya hati nurani, harusnya sih mereka menyadari kalo sikap mereka itu enggak benar dan harus segera diubah. Tapi kalo toh tidak, ya sudah, cuek ajalah. Tidak perlu terlalu mendengarkan omongan haters.

Lagi pula, it’s hard to keep everyone happy, girls.

 

So, itulah, girls, beberapa trik untuk mengubah haters menjadi teman.

Selamat mencoba dan good luck, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.