Karakter

Menjadi Diri Sendiri yang Lebih Baik di Tahun 2020 Itu Mudah Kok!

Menjadi diri sendiri itu penting. Lakukan langkah-langkah mudah berikut supaya tahun ini tidak berakhir sia-sia.

BICARAPEREMPUAN.COM – Banyak sekali langkah mudah untuk menjadi diri sendiri yang lebih positif dan produktif di tahun 2020. Selagi masih awal tahun, memupuk kebiasaan baru tidak ada salahnya kan, girls?

Coba pikirkan apa saja impian yang belum sempat tercapai pada tahun-tahun sebelumnya. Mungkin kamu a sudah berusaha, tapi belum mencapai hasil yang diinginkan. Yah, lantaran proses itu akan selalu memengaruhi hasil yang didapatkan, secara langsung atau tidak langsung.

Yang penting, jangan patah semangat.

Barangkali terdengar klise, namun percayalah, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Bisa jadi kamu perlu menambah kebiasaan baik agar tahun ini kamu bisa menjadi diri sendiri lebih baik lagi. Yuk, simak apa saja langkah-langkahnya, girls!

Langkah-langkah mudah untuk menjadi diri sendiri yang lebih baik lagi supaya tahun ini tak berakhir sia-sia

Curhat pada Diri Sendiri? Kenapa Enggak?

Evaluasi diri

Tahukah kamu, girls? Bahwa perempuan yang berperilaku proaktif akan memiliki prestasi lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak proaktif.

Untuk mengetahui langkah apa yang sebaiknya diambil untuk bisa menjadi proaktif, kamu dapat memulainya dengan mengevaluasi diri. Tuliskan hal-hal yang terjadi dan menurut kamu bisa ditingkatkan lagi, kemudian cobalah untuk menerima diri sendiri.

Ada seorang psikolog dari Prancis bernama Emile Coué memperkenalkan sebuah teori bernama afirmasi diri. Bagaimana teori ini bisa membantumu mengevaluasi diri?

Sewaktu kecil mungkin kamu pernah berbicara pada diri sendiri di depan kaca, dan bergaya bak seorang model. Metode afirmasi diri ini juga menyarankan kita melakukan hal tersebut sekarang, girls. Bedanya adalah kamu perlu mengatakan kalimat yang akan memberikan pengaruh positif pada diri sendiri. Misalnya:

Saya adalah model inspiratif bagi orang-orang di sekitar saya.
Saya bersyukur atas apa pun yang terjadi hari ini.
Saya adalah seorang anak yang baik dari orang tua saya.
Saya merawat diri agar saya bisa mencintai orang lain dengan lebih baik.
Saya adalah pengaruh terbesar bagi kehidupan orang-orang yang saya cintai.

Sadarkah, girls, bahwa perilaku kita mencerminkan apa yang ada di pikiran kita tanpa kita ketahui? We are what we think!

BACA JUGA:  Kamu Tipe Orang Introvert? Kenali Dirimu Lebih Jauh!

So, untuk menjadi diri sendiri yang lebih baik, sebaiknya atur apa saja yang bisa masuk dan yang harus keluar dari proses berpikir kita, supaya hanya hal positif saja yang kita hasilkan. Walaupun mungkin masih ada rasa takut ragu, tapi teruslah maju dan berkembang.

Menjadikan kesehatan sebagai prioritas

Siapa yang mau jatuh sakit? Nggak ada.

So, sebaiknya kamu segera membuat rencana menu makan pagi hingga malam dengan memperbanyak buah dan sayuran. Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah istirahat pada waktu yang telah direncanakan.

Jangan salah, girls, tubuh kita juga butuh istirahat yang efektif, dan pasti kamu tentu sudah tahu tidur adalah bentuk istirahat yang terbaik.

Proses menjadi diri sendiri yang lebih baik juga meliputi memberi kesempatan pada diri sendiri untuk istirahat, girls. Jangan sampai deh, saking banyaknya aktivitas yang harus diselesaikan membuatmu lupa untuk mengatur jadwal tidur.

Selain itu, meminum air putih sebelum tidur dapat memberikan efek bangun di pagi hari lebih segar.

6 Tahap untuk Mempertahankan Jati Diri agar Selalu Bisa Menjadi Diri Sendiri

Tumbuhkan rasa bersyukur

Menjadi diri sendiri berarti adalah menerima apa yang sekarang telah dimiliki.

Akan banyak hal baik yang terjadi bila kamu secara sadar melakukan kebiasaan baik ini. Selain membuat perasaanmu lebih tenang, juga membuat sifat negatif seperti iri dan serakah berkurang secara drastis.

Temukan keahlianmu dan latih terus

Kadang kita merasa, betapa kurangnya waktu yang diinvestasikan untuk hal yang kita minati.

Misalnya saja. Setiap kali kamu melakukan hal yang saya sukai, seperti saat melakukan hobi melukis, maka hal itu akan memengaruhi mood untuk jangka yang cukup panjang. Bukan sekadar menghilangkan rasa stres, namun setelah kepenatan terangkat maka pekerjaan berjalan dengan efektif dan hambatan mudah dilewati.

Apakah kamu memiliki bakat terpendam? Mungkin sekarang saatnya melatih kemampuanmu itu, dan cari kesempatan untuk memanfaatkannya.

Senangnya memiliki keahlian pribadi, selain meningkatkan kepercayaan diri, kamu juga bisa mengembangkan hobimu itu menjadi bisnis personal. Jika kamu mahir membuat hiasan dari kain, misalnya, kamu bisa membuka online shop sendiri. Atau, kamu lihai dalam merangkai kata-kata, kamu bisa mulai dengan membuat blog. Masih ada banyak kesempatan yang bisa diciptakan dari dalam dirimu.

BACA JUGA:  Mau Tahu Tipe Kepribadian Kamu? Gampang, Lihat Saja Bagaimana Kamu Membawa Tas!

Ayo, girls, gali lagi potensi dan menjadi diri sendiri yang lebih baik lagi dengannya!

Tempat Membaca Buku Favorit Para Kutu Buku - Di Mana Favoritmu?

Membaca buku yang bisa menginspirasi hidup

Book give a soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination and life to everything.

Plato

Ketika kamu mulai kesulitan untuk mengatasi semuanya, ingat-ingat apa yang menjadi tujuanmu dari awal.

Carilah inspirasi yang bisa menjadi motivasimu untuk menjadi diri sendiri yang lebih baik dan melanjutkan hal yang bermanfaat.

Nggak perlu jauh-jauh, girls, cukup temukan buku dari genre yang kamu suka. Atau, kamu juga bisa membaca buku elektronik juga tidak masalah.

Tapi jika kamu tidak begitu suka membaca buku, kamu bisa mencari berbagai artikel penyemangat hidup, misalnya seperti interview-interview orang-orang sukses dan inspiratif.

Bila masalahnya adalah waktu, bukan berati mustahil. Menjadi busy girls bukan berati tidak ada cara untuk meluangkan waktu untuk membaca buku. Get ready to be inspired!

Dengarkan sebelum berbicara

Menumbuhkan rasa empati adalah salah satu alasan mengapa kita seharusnya punya kebiasaan mendengarkan sebelum berbicara. Selain mengasah kemampuan mendengarkan, kita juga lebih mudah memahami situasi dan mengambil tindakan dengan baik.

Yuk, menjadi diri sendiri yang lebih baik dalam hal mendengarkan orang lain tahun ini.

Menjadi Diri Sendiri yang Lebih Baik di Tahun 2020 Itu Mudah Kok!

Cek, pisah dan sumbangkan

Percaya atau tidak, pasti banyak barang yang tidak terpakai lagi di rumah. Coba cek lemari bajumu yang sudah penuh.

Ah, kamu bahkan sudah membeli tempat yang lebih besar agar semua barang-barang termasuk tas kamu cukup ya? Tapi coba lihat, selama dua minggu terakhir, apakah semuanya terpakai?

Yuk, lakukan decluttering! Get rid of those unused things juga bisa membuatmu menjadi diri sendiri yang lebih baik di tahun ini. Cobain deh metode Konmari yang viral itu.

Bila kamu sudah mencoba kebiasaan yang satu ini, godaan untuk membeli dan mengumpulkan barang-barang tidak akan sedalam sebelumnya. Artinya, kamu akan merasakan manfaat yang besar setelah mengeluarkan barang-barang yang tidak diperlukan di rumah.

BACA JUGA:  7 Cara Praktis Hidup Sehat yang Simpel Sepanjang Tahun

Minum 2 liter air setiap hari

Dua per tiga tubuh kita terbuat dari air dan butuh diisi kembali. Kondisi cairan tubuh yang terlalu asam akan mengakibatkan penuaan dini. Hal ini akan lebih parah jika dilakukan bersamaan dengan diet yang tidak teratur.

Namun, sebaliknya jika kita terhidrasi dengan baik, zat-zat berbahaya di dalam tubuh akan dengan mudah keluar, sel-sel dalam tubuh berfungsi secara optimal dan sistem pencernaan berjalan dengan baik.

Jika kamu menginginkan wajah yang bersih, mencukupkan kebutuhan air adalah solusi yang tepat. Saat terdehidrasi, tubuh akan menyimpan air untuk organ-organ yang vital dalam tubuh kita seperti jantung dan ginjal, tapi memotong kebutuhan air untuk kepentingan lain seperti kesehatan kulit wajah termasuk jerawat dan komplikasi kulit lainnya.

Siapa sih yang pengin setahun berlalu dengan kesia-siaan? Kayaknya nggak ada ya? Pastinya kita akan lebih bahagia juga kan, kalau kita berhasil menjadi diri sendiri yang lebih baik di tahun ini?

Masih awal tahun, so, buat kamu yang belum juga menemukan resolusi, masih bisa deh merumuskan sesuatu, agar tahun ini nggak sia-sia. Minimal kan kamu harus lebih sehat tahun ini.

Setuju, girls? So, kira-kira, tip mana yang akan kamu mulai lebih dulu? Semoga berhasil ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: