Bisnis & Karier

Menjadi Leader, Ini Dia 7 Tip Memotivasi Rekan Kerja dan Diri Sendiri

Menjadi leader sering kali lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan.

BICARAPEREMPUAN.COM – Tapi, no worries, girls! Sebenarnya nggak susah kok kalau mau menjadi leader yang baik dan benar.

Memang, tanggung jawab dalam tim kerja seringkali membuat kita harus berperan menjadi leader. Dan, dengan menjadi leader, bukan berarti kita memanfaatkan kesempatan untuk jadi bossy. Tapi, inilah saatnya kita bisa menjadi orang yang mampu dan dipercaya untuk memimpin sebuah tim.

Hmmm, sekilas tampak mudah sih. Tapi kenyataan bisa berbeda 180 derajat. Jangan harap bisa menjadi leader, kalau kamu tak bisa memimpin diri sendiri. Karena, menjadi leader itu, berarti kita harus bisa memberi contoh pada orang lain, dalam hal ini, rekan kerja.

Misalnya, sering kita meminta orang untuk nggak terlambat datang ke kantor atau mematuhi deadline, tetapi kita sendiri juga sering terlambat atau ngaret dengan deadline. Kalau yang kayak gini, ya gimana bisa dipercaya untuk menjadi pemimpin kan, girls?

Nggak sekadar hanya jabatan, menjadi leader berarti seharusnya kita bisa membuat kualitas anggota tim meningkat, baik kualitas hidup, kebahagiaan, kesejahteraan, dan lainnya.

Kemudian, menjadi leader juga akan bertanggung jawab pada kondisi timnya, termasuk saat mengalami kegagalan.

BACA JUGA:  11 Tipe Kepribadian Karyawan yang Pasti Ditemukan di Setiap Perusahaan

Yes, kegagalan merupakan salah satu hal yang wajar terjadi dan dialami oleh seorang leader. Dan kamu, sebagai leader yang baik, tentunya harus dapat memotivasi anggota tim kamu untuk kembali semangat dan bangkit.

Ini dia beberapa tip mengenai bagaimana supaya kita bisa menjadi leader yang mampu memotivasi diri sendiri, hingga dapat memotivasi tim kerja untuk bersama meningkatkan kualitas diri.

7 Tip Menjadi Leader yang Mampu Memotivasi Rekan Kerja dan Diri Sendiri

Menjadi Leader, Ini Dia 7 Tip Memotivasi Rekan Kerja dan Diri Sendiri

Motivasi terbesar adalah diri sendiri

Tentu kita sering mendengar kalimat tersebut. Namun, tentu kalimat tersebut tak akan berarti apa pun jika kita nggak bisa mengaplikasikannya pada diri kita sendiri, meski kita sudah menjadi leader sebuah tim.

Ingat, girls, yang menentukan kualitas diri adalah diri kita sendiri lo! So, coba tanyakanlah pada diri sendiri, sudahkah kita mampu melakukannya?

Sukses di tangan kita

Nggak hanya harus sanggup memotivasi diri sendiri, menjadi leader, kita juga harus memiliki target untuk dicapai.

Kemudian, harus ada keyakinan bahwa untuk mencapai sukses, kitalah yang menentukan jalannya. Semua kesuksesan dimulai dari diri sendiri, kerja keras, kemauan untuk maju, kemauan untuk berubah, dan kemampuan meningkatkan taraf hidup.

Semua itu, harus melewati proses grooming diri untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

7 Tren yang Kini Berkembang di Dunia Kerja - Kamu Harus Tahu!

Positive thinking

Ajak tim kamu untuk terus memiliki pikiran yang positif. Menjadi leader, kamu harus mengajarkan tim kamu tentang apa itu positive thinking, dan bagaimana cara kita mendapatkannya.

BACA JUGA:  Akur dengan Atasan di Kantor yang Suka Sentimen dalam 5 Langkah

Kamu bisa ajak mereka untuk nonton film-film inspiratif bersama. Atau, mungkin kamu bisa berbagi kisah inspiratif yang bisa memotivasi masing-masing anggota tim.

Atau, kamu juga bisa mengajak mereka untuk outbound untuk bisa saling mengenal lagi satu sama lain, sehingga saat bekerja, bisa jadi lebih kompak dan memahami satu sama lain.

Tunjukkan kisah sukses

Perlihatkan pula, contoh nyata orang sukses yang sudah melewati proses peningkatan kualitas diri, mulai dari bawah hingga sukses.

Akan lebih baik apabila sosok ini merupakan sosok yang dekat di sekitar tim kamu.

Akur dengan Atasan di Kantor yang Suka Sentimen dalam 5 Langkah

Tenang dan berdoa

Berdoa bisa jadi cara kita untuk menjadi leader yang tenang dan kuat saat harus memimpin tim menghadapi masalah, bahkan yang paling berat sekalipun.

Ajak pula tim kita untuk melakukan pekerjaan dengan ketenangan, agar lebih nyaman dan mengurangi berbagai kecemasan.

Tak pernah ada batas sukses

Ingatlah selalu, bahwa di atas langit ada langit.

Kesuksesan itu tak ada batasnya. Jangan pernah terlalu cepat merasa puas diri, tetapi juga bukan berarti harus memiliki ambisi yang membabi buta. Jadikanlah prinsip ini sebagai kebiasaan di dalam tim ya.

Bos di Kantor Sayang Sama Kamu - Ini 5 Tandanya!

Selalu waspada

Jangan pernah lupakan bahwa kompetisi dan seleksi alam akan selalu berjalan. Akan selalu ada orang atau tim yang lebih baik daripada kita dan tim.

BACA JUGA:  7 Kalimat Terlarang untuk Diucapkan Jika Kamu Bekerja di Kantor

Kamu harus bisa menjaga agar tim kamu selalu bisa mengejar dan meningkatkan kualitas diri dan tim.

Well, good luck now, girls! Menjadi leader memang tak mudah, tetapi kamu pasti bisa melakukannya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: