Karakter

Pengin Menjadi Relawan COVID-19? Nggak Perlu Jauh-Jauh Kok!

Kalau melihat situasi yang tak kian membaik, rasanya pengin deh menjadi relawan COVID-19! Tapi gimana caranya ya?

BICARAPEREMPUAN.COM – Ternyata enggak sulit kok, girls. Niatmu untuk menjadi relawan itu baik, dan harus difasilitasi. Tak perlu terlalu jauh kok, seperti harus menjadi tenaga medis atau dokter di garis depan.

Kamu bisa mulai dari lingkungan terdekat, dan lakukan beberapa hal ini.

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menjadi Relawan COVID-19

Orang Tua Lebih Rentan Terpapar Penyakit COVID-19: Bagaimana Cara Membantu Mereka?

1. Belanja kebutuhan pokok untuk para lansia

Di sekitarmu ada warga lanjut usia yang membutuhkan pertolongan selama pandemi COVID-19 ini?

FYI, di Amerika Serikat–misalnya–8 dari 10 kematian akibat COVID-19 harus dialami oleh orang-orang yang berusia lanjut, 60 tahun ke atas. So, bisa kebayang deh, bagaimana mereka harus mengisolasi diri di rumah, enggak bepergian ke sembarang tempat, termasuk untuk belanja.

Jika kebetulan di lingkungan tempat kamu tinggal ada warga lanjut usia–yang kebetulan juga tinggal sendirian atau merasa kesulitan untuk berbelanja kebutuhannya–maka kamu bisa menawarkan diri untuk membantu mereka. Biar mereka di rumah, kamu bawa catatan kebutuhannya apa saja, dan pergilah berbelanja kebutuhan hidup untuk mereka.

Mereka pasti akan sangat terbantu.

2. Bantu mereka yang sedang melakukan karantina mandiri

Mungkin di area tempat kamu tinggal ada beberapa orang yang diwajibkan untuk melakukan karantina mandiri oleh pihak kesehatan karena berbagai alasan.

BACA JUGA:  Kehilangan Pekerjaan Karena Pandemi COVID-19? Coba Lakukan Langkah Berikut Segera

Alih-alih memberikan stigma negatif dan menjauhi mereka, akan lebih baik jika kamu menjadi relawan untuk membantu mereka. Tentu saja, dengan melakukan semua protokol kesehatan dan keselamatan yang sudah ditentukan ya?

Kamu bisa membantu menyediakan mereka suplai kebutuhan pokoknya, seperti halnya poin pertama di atas. Ketimbang mereka berkeliaran, ya kan? Akan jauh lebih berbahaya untuk diri mereka sendiri dan orang lain tentunya.

Definisi Keluarga: Yang Mana yang (Pengin) Kamu Miliki?

3. Donor darah

Di masa pandemi COVID-19 ini, sempat ada kabar bahwa PMI jadi sangat kekurangan stok darah, padahal permintaan meningkat. Ini bisa jadi salah satu jalan kamu menjadi relawan untuk membantu sesama juga nih, girls.

Kamu enggak perlu khawatir ya, karena sampai saat ini belum ada bukti klinis, bahwa virus corona bisa menular lewat transfusi darah. PMI sendiri menegaskan, bahwa prosedur donor darah sangat aman dan steril sehingga kamu tidak akan tertular virus corona dari siapa pun dengan mendonorkan darahmu.

So, jika ada kesempatan, dan kamu pun merasa sehat, ada baiknya kamu berpartisipasi menjadi relawan dengan menyumbangkan darahmu untuk mereka yang membutuhkan.

4. Bikin masker sesuai standar

Untungnya sih, masker sekarang sudah lebih murah dan terkendali di pasaran ya. Sudah mudah ditemukan di mana-mana, terutama setelah pemerintah mengumumkan bahwa masker kain pun sudah terbukti efektif menangkal virus corona datang bagi kita yang sehat, asalkan memenuhi persyaratan tertentu.

BACA JUGA:  Daftar Lengkap Wisata Virtual untuk Menghabiskan Waktu Liburan 2020

Kamu juga bisa menjadi relawan dengan membuat masker-masker sesuai standar. Mau kamu jual juga boleh kok, girls, tapi nggak perlulah mengambil kesempatan dalam kesempitan untuk keuntungan pribadi seperti para penimbun masker di awal pandemi dulu yah.

Juallah maskermu dengan harga sewajarnya. Atau, kalau mau kamu sumbangkan tentu akan lebih baik.

Pengin Menjadi Relawan COVID-19? Nggak Perlu Jauh-Jauh Kok!

5. Turn back hoax!

Nah, ini nih. Selama masa pandemi COVID-19 sudah banyak sekali hoaks bertebaran di dunia maya dan juga media sosial, bahkan sampai ke WhatsApp!

Sebagai generasi muda yang melek teknologi dan berpikiran terbuka serta cerdas, sudah selayaknya kamu berperan aktif dalam menangkal hoaks-hoaks yang tak bertanggung jawab ini, girls! Come on! Kita bisa mencegah penyebaran hoaks yang membuat suasana menjadi ricuh dan menebar kepanikan yang tak perlu ini.

Bagaimana caranya? Sederhana kok, jangan asal meneruskan berita yang tak tentu ujung pangkalnya tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dahulu. Kenali ciri-ciri berita hoaks, lalu cari berita yang benar dan terverifikasi dari pihak resmi, dan share untuk menangkal berita bohongnya.

6. Ikut gerakan donasi

Ada banyak gerakan berdonasi digalang selama masa pandemi COVID-19 terjadi. Mulai dari berdonasi untuk membeli APD yang sesuai standar untuk para tenaga medis, menyediakan makanan bergizi untuk para relawan yang bertugas menangani korban COVID-19, membantu ekonomi pekerja informal yang terdampak, sampai donasi untuk para driver ojol.

BACA JUGA:  3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

Kamu bisa memilih gerakan yang paling sesuai di hati, sesuaikan juga dengan kemampuanmu sendiri ya.

4 Trik Bijak Menggunakan dan Mengelola Kartu Kredit

7. Beli produk brand lokal

Yes, belilah barang-barang kebutuhanmu dari bisnis atau brand lokal. Dengan demikian, kamu dapat membantu mereka untuk survive melalui masa pandemi ini.

Enggak susah kan, untuk menjadi relawan COVID-19 ini? Semangat berbagi ya, karena tanpa kebersamaan, rasanya mustahil banget kondisi ini bisa kita lalui dengan baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: