Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mulut dengan 5 Sayuran

Menjaga kesehatan mulut = gosok gigi saja? Kamu mesti baca artikel ini sampai selesai.

BICARAPEREMPUAN.COM – Girls, tahu nggak, bahwa ternyata menggosok gigi itu bukanlah satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan mulut lo! Agar gigi kuat dan tidak mudah keropos, kamu juga perlu memberikan asupan kalsium yang cukup ke dalam tubuh.

Sumber kalsium ini bisa kamu dapatkan dari beragam jenis makanan. Misalnya susu dan daging. Kedua makanan tersebut punya kandungan kalsium cukup tinggi, namun sayang, kadar kalorinya juga lumayan besar. Jadi bila kamu ingin menjaga kesehatan mulut sekaligus pengin menjalankan program diet demi lingkar pinggang yang lebih kecil, maka daging dan susu enggak cocok dijadikan menu harian.

Alternatif sumber kalsium lain yang bisa kamu pilih demi bisa menjaga kesehatan mulut dengan baik adalah dengan mengonsumsi sayuran lebih banyak. Sayuran ini aman dikonsumsi setiap hari karena rendah kalori, sehingga tidak memicu risiko kenaikan berat badan.

Ini 5 sayuran yang bisa menyehatkan gigi dan menjaga kesehatan mulutmu secara optimal

Resep praktis salad bayam - menjaga kesehatan mulut

1. Kangkung

Jenis sayuran pertama yang bisa membantu menyehatkan gigi dan menjaga kesehatan mulut adalah kangkung. Sayuran ini enggak hanya kaya vitamin. Tapi juga mineral, dan salah satunya adalah kalsium. Adapun kadar kalsium di dalam 100 gram kangkung sekitar 139 mg. Tentunya jumlah tersebut cukup besar, dan bisa memenuhi kebutuhan asupan demi menjaga kesehatan mulut kamu.

BACA JUGA:  Kondisi Kesehatan Mulut Kamu Bisa Jadi Sinyal dan Awal Timbul 5 Penyakit Berbahaya Ini!

Selain itu kangkung juga mengandung zat antioksidan dalam bentuk senyawa flavonoid. Kandungan ini sangat bagus untuk otak dan peremajaan kulit.

2. Kedelai

Jika selama ini kamu nggak doyan mengonsumsi kedelai, maka ubah deh kebiasaan tersebut. Belajarlah untuk menyukai kedelai.

Pasalnya kedelai ini punya peranan penting dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi lo. Itu dikarenakan kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi, yakni sekitar 176 mg untuk secangkirnya.

Kamu bisa tuh jadikan kacang kedelai sebagai camilan harian. Atau kalau nggak suka, kamu bisa mengonsumsi hasil olahannya, seperti tempe, tahu, atau susu kedelai.

3. Brokoli

Sayur brokoli juga punya manfaat dapat menyehatkan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Kandungan kalsium di dalam brokoli ini cukup besar, bahkan hampir setara dengan segelas susu. Yakni sekitar 74 mg per mangkuknya.

Selain itu, brokoli juga menyimpan beragam jenis vitamin, salah satunya vitamin K yang berguna untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh, karena kadar vitamin K-nya berkisar 92 mikrogram.

Dengan kadar yang demikian tinggi, khasiat brokoli tidak hanya menguatkan gigi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut saja. Tapi juga mencegah pengeroposan tulang serta membantu proses pembekuan darah.

BACA JUGA:  Lagi Sakit? Coba Pakai 5 Obat Alami yang Bisa Didapatkan dari Dapur Ini

4. Bayam

Bayam termasuk salah satu sayuran dengan gizi tertinggi di dunia. Di dalamnya terkandung banyak sekali vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Yang lebih penting lagi, bayam juga kaya kalsium lo! Paling tidak ada sekitar 148 mg kalsium dalam 100 gram sayur bayam.

Bila kamu rutin mengonsumsinya, maka kamu tak sekadar bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu saja lo! Bayam juga meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bikin kita enggak mudah sakit. Selain itu bagus juga untuk nutrisi mata.

5. Pok Choy

Kalau kamu gemar mengonsumsi chinese food atau makanan oriental, harusnya sih udah enggak asing dengan sayuran yang satu ini. Pok choy! Biasa juga dikenal sebagai kubis putih cina, atau sawi manis.

Nah, pok choy atau bok choy ini juga termasuk sayuran yang bisa membantu melindungi kesehatan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Kandungan kalsium di dalamnya lumayan tinggi, yakni sekitar 80 mg untuk secangkir pok choy kecil.

Namun kamu harus berhati-hati dalam pengolahannya ya! Pastikan menumisnya hingga matang. Sebab jika masih mentah, rasa sayuran ini cenderung pahit. Selain itu, kandungan enzim myrosinase dalam pok choy juga enggak bagus untuk tubuh, bila berlebihan dapat memicu gangguan tiroid.

Selain 5 sayuran hijau di atas, makanan lain seperi biji-bijian, kacang-kacangan, dan beberapa ikan juga bagus meningkatkan asupan kalsium tubuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut.

BACA JUGA:  Mau Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa Diri? Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin!

Kamu juga bisa mengonsumsi jus jeruk dengan sereal sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dan tak lupa rajin menggosok gigi 2 kali sehari ya, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: