Menstruasi Bukan Hal yang Memalukan – Ingat Akan 5 Hal Ini Supaya Tetap Sehat!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, ladies! Pastinya kita sebagai perempuan tahu ya, apa itu menstruasi. Iyalah, orang sebagian besar dari kita akan mendapatkannya setiap bulan. Akan tetapi, masih banyak yang merasa jijik atau jorok dengan darah haidnya sendiri.

Pasti suka waswas juga ya, jangan-jangan ada bercak darah pada rok atau celana. Kadang mungkin kamu juga malu kalau ketahuan lagi menstruasi oleh pacar kamu ya?

You know what, you shouldn’t. Ya, sebenarnya apa yang memalukan soal ‘lagi dapet’ ini, girls?

Menstruasi adalah proses alamiah kita sebagai perempuan, yaitu terjadinya perubahan hormonal dalam tubuh, baik esterogen maupun progesteron. Proses ini berhubungan dengan proses alami reproduksi kita.

Secara normal, siklus menstruasi terjadi sekitar 21-35 hari, dan berlangsung rata-rata 8-15 hari. Ya, kalau kamu mengalaminya lebih dari 15 hari, itu bisa berarti ada yang salah dengan tubuhmu. Sebaiknya kamu periksakan ke dokter.

Memang ya, menstruasi kadang membuat kita nggak nyaman, karena terasa lembap di area V. Sesekali juga ada rasa nyeri pada bagian perut bawah, bahkan sampai sakit tak tertahankan.

 

Sebenarnya, apa saja sih yang harus kamu perhatikan dan ingat-ingat selama mengalami menstruasi, sehingga hari-hari kamu jadi nyaman?

 

Menstruasi Bukan Hal yang Memalukan - Ingat Akan 5 Hal Ini Supaya Tetap Sehat!

1. Mengganti pembalut

Mengganti pembalut itu sangatlah penting bagi kesehatan kamu. Dengan kamu mengganti pembalut setelah pemakaian selama 3-4 jam, kamu akan terhindar dari toksik yang dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, kalau kamu nggak sering-sering mengganti pembalut, cairan yang tertampung–baik darah atau keringat–akan membuat lembap area kewanitaan kamu. Hal tersebut bisa menjadi pemicu kuman, girls.

BACA JUGA:  Panduan Puasa Ramadhan buat Kamu yang Punya Masalah Mag

Kalau dibiarkan, bisa menyebabkan iritasi dan keputihan yang nggak normal, bahkan berangsur-angsur akan menyebabkan infertilitas.

 

2. Membawa cadangan pembalut ketika keluar rumah

Kadang kita malu ya meletakkan pembalut dalam tas ketika bepergian, atau seenggaknya malu kalau sampai ketahuan membawa pembalut.

Well, kenapa harus malu, girls? Justru dengan selalu membawa pembalut dan sering-sering menggantinya, itu merupakan tanda bahwa kamu menyayangi dirimu sendiri sehingga kamu pun berusaha menjaga higienitas tubuh kamu.

So, usahakan untuk selalu menyelipkan pembalut ke mana pun kamu pergi. Bawalah dalam tempat khusus seperti dompet atau kantong khusus. Kalau perlu yang cantik, karena pembalut itu bukanlah barang jorok atau kotor.

Pun kalaupun kamu masih merasa malu, pacar kamu juga nggak akan terlalu kepo kalau seandainya kamu ngeloyor ke kamar mandi untuk mengganti pembalut.

 

3. Jangan terpengaruh mitos

Larangan memotong kuku, tidur siang, dan keramas selama menstruasi itu nggak pernah ada penjelasan secara medis ya, girls. So, nggak perlu diperhatikan deh, segala macam mitos yang tanpa dasar seperti ini.

Ada baiknya, setiap kali kamu mendengar informasi atau pernyataan apa pun, kamu cek dan ricek kembali. Apalagi yang ada hubungannya dengan kesehatan.

Yang pasti, saat kita sedang mengalami menstruasi, maka yang perlu kita perhatikan betul adalah menjaga kebersihan, terutama area intim kita.

BACA JUGA:  Diet Sehat Berdasarkan Zodiak Ini Bisa Kamu Coba Supaya Tubuhmu Lebih Nyaman!

Jangan lupa juga untuk istirahat ya. Ada juga mitos bahwa kalau sedang haid, kita dilarang tidur siang supaya darah tidak naik ke kepala. Ini mitos ya.

Justru kita dianjurkan untuk tidur siang selama lagi dapet, supaya nggak mudah lelah. Lagi pula istirahat itu bagus buat menjaga emosi. Tahu sendiri kan, gimana emosi kita kalau lagi haid begini?

 

4. Menghindari olahraga berat dan berenang

Olahraga ketika menstruasi itu nggak dilarang, girls. Kamu masih dapat melakukannya setiap hari.

Tapi ingat, sebaiknya hindari olahraga yang terlalu berat, karena takutnya akan terjadi pendarahan. Karena ketika kita haid, pembuluh darah arteri kita tuh terbuka dan dapat menyebabkan luka, kalau kita berolahraga berlebihan.

Terus, kalau soal berenang, kenapa dilarang? Apakah mitos juga? Enggak, girls. Ini benar-benar fakta medis, bahwa kalau kita menyentuh air saat sedang menstruasi, maka pembuluh darah yang terbuka akan mengecil secara otomatis darah akan berhenti keluar saat berendam.

Tambahan lagi, air kolam renang sangat tidak steril, yang bisa menyebabkan infeksi kalau kamu terlalu lama berendam.

 

5. Tak perlu malu

Yes, nggak perlu takut dan malu membicarakan tentang masalah menstruasi ini kepada pacar kamu, girls.

So, adalah penting buat kamu untuk tahu jika kamu sudah menikah nanti. Bahwa, berhubungan intim saat menstruasi itu enggak sehat.

Mengapa? Karena pada saat itu, jaringan rahim mengalami pelepasan dan diikuti dengan membukanya pembuluh darah di area tersebut yang mengakibatkan organ reproduksi kita menjadi nggak steril.

BACA JUGA:  Mau Diet Sehat, Ketahui Dulu Beberapa Mitos Lemak yang Penting Ini!

Akibat kelembapan yang terjadi pada area intim inilah, kemudian ada kuman-kuman dan hal tersebut akan memicu infeksi.

Bisa saja lo, terjadi kemungkinan yang sangat buruk, yaitu kematian mendadak. Karena pada saat menstruasi banyak pembuluh darah yang terbuka. Kalau kamu berhubungan intim saat sedang menstruasi, maka bisa berakibat terbawanya udara dari luar masuk melalui pembuluh darah yang terbuka itu sampai ke jantung.

Ih, ngeri amat!

Nah, jadi, jangan sembunyikan kondisi ini dari pasangan kamu saat sudah menikah nanti, girls. Calon pasangan tetap kamu pun harus juga mengerti tentang hal ini ya.

 

Nah, itu dia beberapa hal penting yang harus selalu kamu ingat kalau kamu ‘lagi dapet’, atau sedang haid. Nggak ada yang perlu disembunyikan, atau merasa malu karenanya. Karena semua wajar adanya, dan alami. Justru kamu harus bersyukur karena dianugerahi kemampuan istimewa perempuan ini.

Tetap sehat ya, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.