Resep Praktis

Resep Praktis Menu Buka Puasa: 5 Resep Puding Segar dan Sehat

Bulan puasa sudah tiba! Yang paling urgent nih, adalah bikin menu buka puasa kalau bisa untuk sebulan sekalian.

BICARAPEREMPUAN.COM – Kenapa? Ya, biar ngirit dong, girls! Coba deh ingat-ingat. Bulan puasa yang sudah-sudah, pengeluaran membengkak enggak?

Bengkak kan? Karena apa coba? Karena kebanyakan buka puasa di luar sok-sok lifestyle. Nah, gimana kalau bulan puasa tahun ini, kita banyakin deh buka puasa di rumah aja, dengan siapkan sendiri menu buka puasa yang murah meriah tapi dijamin superenak, bergizi, dan segar? Mau kan?

Makanya, dengan bangga, BiPer akan sharing beberapa resep puding segar yang bisa banget jadi menu buka puasa kamu untuk tahun ini.

5 Resep Puding untuk Menu Buka Puasa

Resep Puding Semangka

Menu buka puasa: Puding Semangka
Menu buka puasa: Puding Semangka. Via Irmadesmayanti

Bahan:

  • 2 bks agar-agar bubuk
  • 800 ml air
  • 3 butir putih telur
  • 1 buah jeruk lemon
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 6 sdm gula pasir
  • Pasta pandan
  • Pewarna/esens merah
  • Selasih

Cara membuat:

  • Kocok putih telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga berbentuk busa kaku, sisihkan.
  • Masak agar-agar. Masukkan agar-agar bubuk dan gula ke dalam 800cc air lalu didihkan. Matikan kompor tambahkan perasan air jeruk lemon dan vanili supaya puding busanya tidak berbau amis.
  • Campurkan perlahan-lahan agar-agar ke dalam adonan putih telur sambil diaduk dengan mixer kecepatan sedang. Setelah tercampur rata. Masukkan adonan puding busa ke dalam mangkuk berbentuk bulat.
  • Beri pewarna pasta merah di tengahnya saja, aduk-aduk tetapi jangan sampai menyentuh dasar maupun pinggir mangkuk. Beri selasih. Bekukan.
  • Setelah beku, balik puding di atas piring datar.
  • Gunakan kuas kecil untuk mengolesi pasta pandan (tidak dicampur air) di sekeliling puding bagian luar dan bentuk/lukis seperti kulit semangka. Tingkat kesulitan memang agak tinggi, terutama pada saat pemberian warna pada motif kulit semangka.
  • Sajikan.
BACA JUGA:  Resep Praktis: Purple Dream - Smoothie Sehat Anggur dan Kiwi

Resep Puding Green Tea

Menu buka puasa - Puding green tea
Menu buka puasa – Puding green tea. Via Bukalapak

Bahan :

  • Agar-agar batang, rendam sampai lunak
  • 700 ml air hangat
  • 3 sdm soya powder murni
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdt green tea powder

Cara membuat:

  • Masukkan air hangat ke dalam soya, gula pasir dan green tea powder lalu saring.
  • Masak campuran tersebut bersama agar-agar batang yang telah direndam dengan menggunakan api sedang. Aduk rata sampai mendidih.
  • Angkat dan cetak sesuai selera.
  • Sajikan.

Resep Fruity Puding

Menu buka puasa - Puding buah
Menu buka puasa – Puding buah. Image via Buku Masakan

Bahan :

  • 1 liter air
  • 2 bks agar-agar plain
  • 500 gr gula pasir
  • 2 sdt vanili
  • Buah stroberi, melon, mangga, atau yang lainnya sesuai selera
  • 250 gr buah kalengan, tiriskan dan ambil buahnya
  • Bolu atau roti

Cara membuat:

  • Campurkan agar-agar ke dalam air, buah kalengan, gula pasir, dan vanili menjadi satu, aduk-aduk hingga rata. Masak adonan di atas kompor dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  • Setelah mendidih masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah disusun rapi potongan bolu/roti di dasar cetakan, buah-buahan di tengahnya dan bolu/roti di bagian atasnya.
  • Setelah adonan membeku, keluarkan agar dari cetakan dan hias bagian atasnya dengan krim campur buah sesuai selera.
  • Puding buah siap disajikan.
BACA JUGA:  Resep Donat Oreo Simpel yang Enak Banget untuk Kudapan Sore

Resep Puding Es Teler

Menu buka puasa - Puding es teler
Menu buka puasa – Puding es teler. Via imgrumweb.com

Bahan 1:

  • 350 ml air
  • 1 sdt agar-agar bubuk
  • 75 gr gula pasir
  • 150 gr kelapa muda

Bahan 2:

  • 350 ml susu
  • 75 gr gula pasir
  • 150 gr avokad, potong dadu
  • 1 sdt agar-agar bubuk

Bahan 3:

  • 300 ml air
  • 100 gr gula
  • 1 sdt agar-agar bubuk
  • 150 gr nangka, potong dadu

Bahan 4:

  • 300 ml susu
  • 1 sdt agar-agar bubuk
  • 100 gr gula

Bahan saus:

  • 500 ml air matang
  • 75 gr gula pasir
  • 250 gr buah nangka

Cara Membuat:

  • Rebus semua Bahan 1, tuang ke dalam loyang.
  • Rebus semua Bahan 2, tuang ke dalam lapisan pertama.
  • Rebus semua Bahan 3, tuang ke dalam lapisan kedua.
  • Rebus semua bahan 4, tuang ke dalam lapisan ketiga.
  • Untuk saus, didihkan air bersama gula pasir, masukkan nangka halus, aduk rata. Didihkan kembali. Angkat.
  • Simpan dalam lemari pendingin.
  • Setelah beku puding siap disajikan.

Resep Tart Puding

Menu buka puasa - Tart puding
Menu buka puasa – Tart puding. Via Tribun Jateng.

Bahan :

  • 2 bks agar plain
  • 1 bks nutrijel rasa buah (sesuai selera)
  • 2 sachet susu kental manis
  • Buah jeruk
  • Buah leci
  • Buah cherry
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh pasta buah

Cara membuat :

  • Masukkan 1 bungkus agar plain, 1 sachet susu kental manis, 1 sachet nutrijell dan 100 gram gula pasir.
  • Tuang air sebanyak 500 ml.
  • Aduk merata di atas kompor api sedang, tambahkan 1 sdt pasta buah. Masak hingga mendidih.
  • Tuang ke cetakan. Bisa pakai loyang bulat berbentuk bunga diameter 18×18.
  • Diamkan hingga dingin. Selanjutnya buat agar bentuk mawar.
  • Tuang setengah bungkus agar plain, 1 sachet susu kental manis, gula 100 gram dan air 250ml.
  • Masak hingga mendidih.
  • Cetak pada cetakan mawar.
  • Setelah dingin, keluarkan dari cetakan.
  • Susun agar berbentuk mawar dan buah sesuai selera di atas puding membentuk kue tart.
  • Masak agar plain dan air 50ml hingga mendidih lalu tuang di atas buah dan susunan agar mawar sebagai perekat.
  • Simpan dalam kulkas dan siap disajikan

Yummy dan segar kan, menu buka puasa kita ini? Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa ya!

BACA JUGA:  4 Resep Olahan Daging untuk Momen Iduladha

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: