Kesehatan

5 Prinsip Menyusun Menu Makanan Sehat ala Food Combiner

Buat kamu yang punya resolusi tahun 2020 yang lebih sehat, coba sontek menu makanan sehat ala food combiner berikut!

BICARAPEREMPUAN.COM – Pengin sehat tahun ini, girls? Mungkin kamu perlu ganti menu makanmu dengan menu makanan sehat ala food combiner ini.

Tapi, sebenarnya makanan apa saja yang termasuk menu makanan sehat ala food combiner ini? Duh, kok banyak beud aturannya.

Tenang, girls. Sebenarnya, kalau bicara soal menu makanan sehat dalam food combiner ini enggak serumit itu kok. Malah jauh lebih rumit aturan berbagai diet yang lagi kekinian itu.

Yang penting, sebenarnya kamu hanya harus memahami prinsipnya saja, untuk selanjutnya kamu bisa modifikasi sendiri menu makanan sehat yang hendak kamu konsumsi.

5 Prinsip Menyusun Menu Makanan Sehat ala Food Combiner

Resolusi 2020: Lebih Langsing dengan Cara Alami

1. Jeruk nipis peras

Jeruk nipis peras–atau jeniper, begitu para food combiner menyebutnya merupakan minuman wajib pembuka hari. Inilah hal pertama yang harus ada dalam menu makanan sehat kita sehari-hari ala food combiner.

Minumlah jeruk nipis peras ini sesaat setelah bangun tidur, saat mulut masih kering, belum tersentuh minuman atau makanan lain, juga belum berkumur atau gosok gigi.

2. Sarapan buah

Menu makanan sehat selanjutnya adalah buah-buahan.

Yes, hanya buah-buahan saja.

Sediakan berbagai jenis buah yang manis, berair dan matang sempurna. Sarapan buah ini tidak termasuk nangka, durian, avokad dan timun suri. Avokad dan timun suri bisa dikonsumsi sebagai kudapan di snacking time. Avokad juga bisa menjadi menu salad saat makan siang maupun makan malam.

BACA JUGA:  7 Cara Praktis Hidup Sehat yang Simpel Sepanjang Tahun

Nah, mungkin sampai di sini kamu akan sedikit mengeluh, lantaran harga buah kadang memang lumayan. So, siasati dengan cara memilih tempat belanja yang murah, dan membeli buah lokal yang sedang musim, alih-alih membeli buah impor.

5 Prinsip Menyusun Menu Makanan Sehat ala Food Combiner

3. Prinsip tentang protein

Nah, ini yang harus kamu ingat, jika kamu ingin menyusun menu makanan sehat ala food combiner.

Karbo tidak boleh dimakan bareng protein hewani

Yes, para food combiner “mengharamkan” campuran karbohidrat dan protein hewani dalam satu menu makanan sehat.

Jadi, no nasi Padang lauk rendang daging; no nasi rawon dengan daging sandung lamur plus telur asin; no nasi uduk plus ayam goreng, dan lain sebagainya.

Kombinasikan karbo + sayur + protein nabati

Kalau kamu pengin makan karbo, pilihlah nasi merah atau nasi hitam, padukan dengan sayuran dan lauk nabati. Inilah menu karbo bagi para food combiner.

Lauk nabati ini bisa tahu dan tempe, aneka jenis jamur, polong-polongan dan kacang-kacangan, dan lain-lain.

Protein hewani hanya boleh ada dalam menu makan siang

Kalau sedang ingin makan menu protein (protein hewani), maka konsumsilah saat makan siang, bukan saat sarapan dan bukan saat makan malam.

BACA JUGA:  3 Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

Mengapa? Protein hewani membutuhkan waktu cerna yang lebih panjang ketimbang protein nabati. So, kalau dikonsumsi saat makan malam, kan waktu cernanya jadi sempit dan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Inilah yang harus dihindari.

Satu jenis protein hewani saja dalam sehari

Yups, cukup satu jenis protein hewani saja dalam satu hari ya.

Kalau kamu pengin makan menu dengan bahan daging sapi, maka cukup daging saja. Jangan ditambah lagi dengan telur, seafood, dan lain sebagainya.

Kamu harus ingat, protein hewani ini harus diminimalkan jumlahnya, tetapi tidak berarti dihilangkan dari menu makanan sehat kita.

4. Perbanyak menu makanan sehat dengan sayuran

Sayur adalah menu makanan sehat sumber pembentuk basa. Jadi konsumsilah lebih banyak sayur, terutama sayur segar mentah.

Lebih-lebih jika kamu sedang atau baru saja mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Mudahkan pencernaan dan seimbangkan asam-basanya dengan raw veggies ini.

Sayuran segar mentah selain dalam bentuk salad atau lalap, bisa juga disajikan dalam bentuk jus sayur.

5 Prinsip Menyusun Menu Makanan Sehat ala Food Combiner

5. Variasikan menu

Kita memang sebaiknya mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan sehat, mulai sayur-sayuran dan buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lainnya. Pastikan, semuanya terkonsumsi dalam jumlah yang banyak dan variatif.

So, pastikan kamu nggak menyusun menu makanan sehat yang itu lagi itu lagi. Variasi menu makanan sehat juga merupakan salah satu prinsip terpenting dalam food combining. Tujuannya, apa lagi kalau bukan untuk membuat tubuh memperoleh semua unsur nutrisi yang dibutuhkan?

BACA JUGA:  Menu Sarapan Praktis: Egg Benedict

Variasi menu ini juga mencegah kita menimbun satu unsur saja, karena hanya makan makanan yang sama setiap hari. Biarpun sehat, tapi kalau nutrisinya sama terus, ya kurang baik untuk tubuh.

Nah, ternyata prinsip menyusun menu makanan sehat ala food combiner ini simpel banget kan?

Memang! Jadi, nggak perlu deh dibikin ruwet ya! So, mau masak apa saja boleh, asal sesuaikan dengan prinsip-prinsipnya di atas.

Hello, 2020 yang lebih sehat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: