Ini Dia 3 Ketakutan yang Membuatmu Menunda Melanjutkan Pendidikan Padahal Kamu Perempuan Cerdas

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu ingin kembali melanjutkan pendidikan, tapi merasa ragu-ragu?

Barangkali memang ada ketakutan-ketakutan tertentu yang muncul di hati kamu, yang tanpa kamu sadari membangkitkan keraguan untuk kembali ke kampus atau sekolah, dan meneruskan pendidikan kamu ya?

Padahal sebenarnya kamu tahu banget betapa perlunya melanjutkan pendidikan hingga meraih jenjang tertentu, terutama untuk mendukung kariermu.

Ketakutan seperti apa yang muncul dalam dirimu, girls, sehingga kamu masih saja menunda melanjutkan pendidikan? Apakah salah satu dari ketiga ketakutan ini?

 

3 Ketakutan yang biasanya menjadi alasan seorang perempuan cerdas menunda melanjutkan pendidikan

 

Lanjutkan pendidikan, tanpa khawatirkan 3 hal berikut!
Lanjutkan pendidikan, tanpa khawatirkan 3 hal berikut! Image via Global Business School Network.

1. Takut usia sudah terlalu tua

Wajar sekali jika perasaan takut muncul padamu yang mungkin sudah berusia mid 20-an atau bahkan usia awal 30-an jika berada di antara mahasiswa lain yang berusia 18 – 25 tahun ya?

Tapi, perlu untuk kamu ingat, kalau mindset masyarakat sudah berubah, girls! Bahwa usia bukan lagi penghalang untuk menuntut ilmu.

Namun jika hal ini memang membuatmu ragu, kamu bisa kok mengambil E-Learning. Kelas online seperti ini memungkinkanmu tak perlu hadir langsung di dalam kelas bersama mahasiswa lainnya. Sehingga soal usia, tak perlu kamu tampakkan pada seorang pun, bukan?

BACA JUGA:  5 Jurusan Kuliah Ini Bakalan Membawamu Meraih Gaji Terbesar, Menurut Survei Bankrate

 

2. Takut biaya terlalu mahal

SPP? Buku? Itu semua akan terus menjadi bebanmu selama kamu masih kuliah. Memang hal ini yang sekarang makin menjadikan para calon mahasiswa potensial menjadi takut untuk kembali ke bangku kuliah.

Kunci untuk mengatasi rasa takut ini adalah dengan menganggapnya sebagai investasi bagi masa depanmu. Berpikirlah jangka panjang, bukan jangka pendek. Pertimbangkan mengenai kemajuan karier yang akan bisa kamu dapatkan setelah kamu menamatkan kuliah dan memperoleh gelar.

Selain itu, banyak perguruan tinggi menawarkan kelas E-Learning dengan biaya yang lebih terjangkau tanpa kamu sadari, girls.

Jadi, lebih baik ketimbang kamu ragu-ragu, segeralah mencari informasi mengenai berapa biaya total yang harus kamu keluarkan jika kamu mengambil kelas online E-Learning.

Pertimbangkan pula manfaat jangka panjang yang akan kamu terima, sebelum memutuskan untuk tak jadi melanjutkan pendidikanmu untuk alasan “takut terlalu mahal” ini.

 

3. Takut tak bisa membagi waktu lantaran kesibukan karier

Waktu, memang merupakan hal yang paling sulit dikelola. Apalagi jika kamu sudah punya pekerjaan yang bagus, yang sehari-harinya sudah menyita waktu.

BACA JUGA:  Cara Belajar Bahasa Asing Secara Efektif, Mudah dan Cepat

Namun, katakanlah, selalu ada hal yang harus kamu korbankan untuk dapat meraih yang terbaik, bukan? Barangkali kamu bisa sedikit mengorbankan waktumu menonton televisi? Atau sedikit mengurangi acara hangout bareng BFF kamu? (Iya, dia pasti akan mengerti kok, kalau dia benar-benar BFF kamu) Alokasikan semua waktu demi impian yang akan terwujud, tentunya tak akan terbuang sia-sia.

Salah satu pilihan yang baik untuk mengatasi hal ini adalah memilih E-Learning dengan metode asynchronous. Metode asynchronous memungkinkanmu untuk kuliah dengan waktu yang lebih fleksibel karena materi-materi perkuliahan akan dikirim melalui email, dan bukan dengan chat atau tele/web conference yang mengharuskan kamu online setiap waktu.

Kamu dapat mengunduh materi, instruksi dosen, dan juga komentar teman-teman “sekelas” kamu, juga meresponnya kapan pun kamu punya waktu.

 

Yes, sekarang zaman sudah maju, girls. Pendidikan tinggi pun bisa kita capai dengan teknologi. Masalah kualitas pendidikannya, sungguh, ini balik lagi pada kita sendiri. Apakah kita benar-benar bersungguh-sungguh saat mengikuti proses perkuliahan atau tidak.

BACA JUGA:  Pengin Meraih Beasiswa Impianmu? Kamu Harus Punya dan Lakukan 7 "C" Ini!

Kini memang makin banyak E-Learning yang ditawarkan padamu yang akan sesuai dengan bidang yang sudah kamu geluti sebelumnya. Hal inilah yang biasanya menjadikannya mempunyai nilai lebih ketimbang sekolah-sekolah konvensional yang justru kurang terfokus materinya.

Kembali ke bangku kuliah dan melanjutkan pendidikan merupakan langkah besar, sehingga seharusnya kmu bisa mengambil keputusan ini tanpa ragu lagi.

Yuk, segera cari program studi yang sesuai dengan minat dan passion kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.