Keuangan Rekomendasi

5 Alasan Mengapa Harus Mulai Investasi Reksa Dana Online dengan Bibit Sekarang

Mau mulai investasi reksa dana? Sekarang kamu bisa investasi reksa dana secara online lo! Gampang bingits!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, girls! Apa kabar resolusi keuanganmu? Sudah hampir mendekati penghujung tahun 2019 lo! Yang kemarin di awal tahun janji mau memperbaiki pengelolaan keuangan, mana nih suaranya?

Belum terlambat juga sih untuk bisa mulai membenahi keuangan, meski sudah menuju akhir tahun 2019. Paling enggak, kamu seharusnya bisa mulai dulu mengambil beberapa langkah pintar keuangan untuk kebaikanmu sendiri.

Mulai Investasi Yuk!

So, ada yang sebenarnya pengin investasi tapi masih ragu-ragu? Kenapa sih ragu-ragu?

Well, memang sih. Kata ‘investasi’ sendiri ini berkesan menakutkan bagi sebagian orang ya, apalagi kalau investasi saham. Itu semua karena identik dengan “rugi” dan “spekulasi”. Padahal enggak selalu begitu lo, tergantung aja sama niat kita berinvestasi.

Kalau kamu punya rencana dan tujuan keuangan jangka panjang, dan baru mau mulai investasi, kamu bisa coba dengan investasi reksa dana dulu deh.

Bedanya apa dengan investasi saham yang biasanya?

Well, kalau saham sih, kita sendiri yang mengelola investasi kita ya. Kita yang akan memutuskan sendiri kapan beli, berapa, dan apa yang dibeli. Nah, kalau investasi reksa dana, kamu mempercayakan danamu untuk dikelola oleh pihak—yang disebut Manajer Investasi—untuk diinvestasikan. Produk investasinya sendiri macam-macam, tergantung sifat, risiko, dan jangka waktunya.

Pankapan boleh kita bahas lebih lanjut deh ya, tentang macam-macam reksa dana ini.

Manajer Investasi sebagai pihak yang berpengalaman untuk mengelola investasi pastinya tahu banget, produk mana yang harus dibeli, yang akan mendatangkan keuntungan bagi kita. Yang kita lakukan selanjutnya cuma tinggal memantau saja, bagaimana progress investasi kita. Sambil topup terus, pastinya.

BACA JUGA:  Memperbesar Limit Kartu Kredit? Bisa, Begini Caranya!

Mulai Investasi Reksa Dana Online dengan Bibit

So, kali ini BiPer mau memperkenalkan salah satu aplikasi yang bisa bantu kamu untuk mulai investasi reksa dana secara online dengan nyaman nih. Yaitu Bibit.

Mengapa Bibit?

1.Terdaftar di OJK

Mulai investasi di Bibit - Terdaftar di OJK
Mulai investasi di Bibit – Terdaftar di OJK

Yes, keamanan dan kenyamanan itu nomor satu, apalagi dalam investasi. Apa pun tujuan investasi kita, pasti maunya yang aman dong. Apalagi kalau ini adalah kali pertama kita mulai berinvestasi. Nggak mau kan, jantungan lihat angka-angka saham yang memerah karena penurunan harga.

Apalagi kalau kamu adalah tipe investor konservatif yang memang maunya aman-aman saja.

Bibit cocok, karena dilindungi oleh OJK. Bukan fintech ilegal, yang dewasa ini meresahkan itu.

2. Punya jumlah minimum investasi yang kecil

Sebagai seorang pemula, pastinya kamu pengin coba dari nominal kecil dulu. Sambil kenalan-kenalan dulu, iya kan? Kalau nantinya memang kamu merasakan manfaat lebihnya, itu mah gampang. Tinggal topup saja.

Mulai investasi dari 100 ribu saja

Nah, investasi reksa dana di Bibit bisa dimulai dari Rp100.000 saja. Itu kan seharga kopi susu kekinianmu untuk seminggu kan ya? Ketimbang cuma “dibuang” jadi kopi susu, kan mendingan diinvestasikan saja. Bisa mengembalikan uangmu, sekaligus keuntungannya lo.

Lebih oke lagi, kamu bisa beli reksa dana pakai GoPay. Yaaah, enak banget.

3. Nggak pakai ribet

Daftar di Bibit enggak pakai ribet. 10 menit, akunmu sudah terverifikasi oleh Bibit, dan kamu bisa mulai investasi.

Kamu hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan terkait profil risiko (seberapa besar kamu bisa menghandle risiko investasi—karena nama pun investasi, jadi tetap ada risiko ya, girls!), dan mengisi data-data diri.

BACA JUGA:  6 Hal yang Essential Supaya Biaya Pernikahan Kamu Sederhana

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto selfie-mu dengan memegang KTP tersebut. Lakukan juga verifikasi via email, dan akunmu pun sudah aktif.

Rekomendasi Robo Advisor untuk mulai investasi

Untuk pembelian reksa dananya juga mudah banget. Bahkan, ada yang namanya Teknologi Robo Advisor, yang bisa memberikan rekomendasi reksa dana yang cocok untukmu. Wih, tinggal terima beres banget kan ya?

Seandainya kamu punya pilihan sendiri pun enggak masalah juga. Kalau kamu oprek masing-masing reksa dananya, kamu akan bisa menemukan berbagai data yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis. Well, ini pastinya sih bisa kamu lakukan kalau kamu sudah cukup punya pengalaman berinvestasi sih.

Kalau baru mulai, nggak perlu pusing. Serahkan aja sama si Robo Advisor.

4. Bibit tahu banget kebutuhanmu

Nah, sejak awal kita registrasi, kita sudah diberi semacam kuesioner, untuk menemukan profil risikomu.

Profil risiko dari Bibit

BiPer sih punya profil Moderat. Dengan demikian, Bibit bisa memberikan rekomendasi yang lebih tepat, ke mana investasi terbaik yang bisa BiPer lakukan.

Kita juga bisa melakukan simulasi lo, misal mau investasi awal Rp100.000, lalu investasi Rp500.000 per bulan. Maka di tahun ke-30 nanti, kamu akan memperoleh nilai investasi sebesar Rp2.165.149.728 alias Rp2 M.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Pensiun Sendiri dengan Investasi! Ikuti Tipnya Yuk!

Bandingkan dengan kalau kita nabung biasa, cuma dapat Rp223.630.783 saja.

Wah, ini mah sudah masuk buat dana pensiun dong.

5. Bisa dicairkan kapan saja

Kamu butuh uang? Kamu bisa meminta Bibit untuk mencairkan danamu kapan saja, tanpa penalti.

Beda dengan kalau kamu tabung di tabungan berjangka ataupun deposito. Kalau kamu tiba-tiba butuh uang secara mendadak dan harus mencairkannya sebelum jatuh tempo, kamu akan terkena denda atau penalti, yang kadang besarannya malah lebih besar ketimbang bunganya.

Duh. Padahal kebutuhan, siapa yang bisa tahu kan ya?

So, gimana, girls? Apakah kamu masih ragu aja nih mau mulai investasi reksa dana, padahal sudah ada Bibit?

Yuk, paling enggak cobain dulu aja. Kamu bisa download aplikasi Bibit di sini ya. Siapa tahu, seiring waktu, uangmu bisa berkembang dan akhirnya kamu ketagihan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: