Kesehatan

5 Obat Sakit Kepala Super Jitu, Aman, dan Alami

Sering pusing? Jangan selalu minum obat sakit kepala kimia!

BICARAPEREMPUAN.COMSakit kepala adalah hal yang sering dialami oleh hampir semua orang. Bentuk dan jenisnya bermacam-macam. Mulai dari migrain–atau sakit kepala sebelah–sampai sakit kepala yang bisa membuat penderitanya muntah-muntah–yang biasa dinamakan vertigo.

Namun menariknya, sakit kepala umum yang biasanya berupa rasa berat di bahu belakang dan tengkuk kemudian menjalar ke kepala seolah kita tengah mengenakan ikat kepala yang kencang, ternyata bisa diredakan dengan cara-cara alami, girls. Obat sakit kepala alami ini, selain bisa menghilangkan rasa sakit yang saat itu timbul, juga bisa mengurangi frekuensi serangan sakit kepala berikutnya.

Mau tahu obat sakit kepala alami yang pastinya lebih sehat ini? Coba yuk, kita lihat!

5 Obat Sakit Kepala Alami yang Pasti Manjur

pemicu sakit kepala - obat sakit kepala alami

1. Aromaterapi

Minyak aromaterapi dengan kualitas yang baik adalah obat sakit kepala yang cukup efektif, dapat mengusir nyeri sakit kepala pada saat serangan terjadi.

Jenis-jenis minyak aromaterapi yang bisa digunakan untuk obat sakit kepala ini antara lain:

  • Lavender
  • Peppermint
  • Cammomile
  • Sage
  • Thyme
  • Rosemary

Kamu bisa menggunakannya sebagai campuran rendaman air hangat untuk mandi, ataupun sebagai campuran untuk pijatan di kulit kepala.

Aromanya bisa merilekskan otot-otot yang tegang penyebab sakit kepala, dan melancarkan aliran darah. Paling oke sih kalau sekalian kamu campur dengan minyak kelapa murni untuk pijat seluruh tubuh.

Dijamin segala ketegangan otot termasuk di area leher dan kepala menjadi rileks kembali.

BACA JUGA:  Buka Puasa Sehat dengan 6 Tips Ini

Kamu juga bisa membuat lilin aromaterapi sendiri, girls. Gampang kok bikinnya.

Khusus untuk ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter tentang penggunaan aromaterapi ini sebagai obat sakit kepala, ya.

2. Herbal

Obat sakit kepala satu ini bisa jadi adalah andalan semua orang. Saat ketegangan kepala mulai terasa, coba segera buat teh herbal sebelum nyerinya benar-benar datang menyerang.

Herbal atau rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai teh untuk obat sakit kepala adalah:

  • Jahe: iris-iris tipis lalu rebus atau campurkan dengan teh yang biasa kamu minum.
  • Teh Cammomile kemasan
  • Kayu manis: gunakan sebagai pengaduk teh Mama, dan biarkan sejenak.

Atau bisa mencampurkan sedikit bubuk kayu manis ke dalam teh yang kamu buat. Catatan nih, girls, jika kamu sedang haid, maka sebaiknya jangan mengonsumsi kayu manis berlebihan. Sebab kayu manis bersifat melancarkan darah. Namun jika kamu sering mengalami haid yang tidak teratur atau tidak lancar, kayu manis dalam dosis yang tepat akan mengatasi masalah tersebut.

Ketiga herbal di atas memiliki khasiat menenangkan dan melancarkan aliran darah. Dan relatif aman tentunya ketimbang konsumsi analgesic kimia secara terus menerus.

3. Perhatikan Diet

Diet yang dimaksud di sini adalah memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

Karena, beberapa bahan makanan ditengarai dapat memicu timbulnya sakit kepala pada beberapa orang. Misalnya saja: coklat susu, sawi putih, makanan yang mengandung gluten, makanan kemasan atau diawetkan, telur, kedelai dan lain-lain. Alergi makanan ini sekali lagi tak dialami oleh semua orang. Dan penyebabnya pun berbeda masing-masing individu.

BACA JUGA:  7 Manfaat Olahraga yang Seharusnya Bisa Meyakinkanmu untuk Memulainya Secara Rutin Besok Pagi

Nah, prinsip menjaga kesehatan adalah kita harus menjaui segala sesuatu yang mengundang penyakit. Obat sakit kepala yang bisa membuat rasa sakit itu menjauh dan nggak lagi-lagi datang adalah dengan menghindari penyebabnya. Jadi, kalau kamu sudah tahu apa penyebab sakit kepala yang kamu alami, maka sebaiknya hindari mengonsumsinya.

Jika ada makanan yang bisa memicu sakit kepala, maka ada juga makanan yang menurut para ahli bisa menjadi obat sakit kepala. Makanan yang mengandung magnesium tinggi adalah salah-satunya. Contoh makanan yang mengandung kadar magnesium cukup tinggi antara lain: ikan mackarel, kuaci dari biji labu kuning, dark chocolate dan lain-lain.

Selain itu makanan tinggi serat seperti aneka jenis sayur dan buah-buahan juga merupakan obat sakit kepala yang alami. Mungkin sudah waktunya kita bereksperimen mencoba berbagai resep raw food sayuran dan buah. Segar, alami dan pastinya menyehatkan!

4. Ayo Bergerak!

Sakit kepala juga bisa muncul jika kita kurang bergerak. Kurangnya peregangan otot akan memicu terhambatnya aliran darah.

Jadi ada baiknya jika kamu mulai menyisihkan waktu untuk menggerakkan tubuh secara rutin. Tubuh yang bermandikan keringat akan mengeluarkan toksin-toksin dalam tubuh. Paru-paru juga terlatih untuk mengambil asupan oksigen yang cukup bagi tubuh termasuk memenuhi asupan oksigen ke otak.

Dengan demikian salah-satu penyebab sakit kepala yakni kurangnya asupan oksigen ke kepala, sudah teratasi.

BACA JUGA:  Olahraga di Rumah Ternyata Hanya Butuh Waktu 7 Menit dengan 7 Gerakan Ini!

Olahraga yang dipilih bisa apa saja. Namun jogging dan yoga sangat disarankan. Dalam yoga terdapat asana-asana yang tidak hanya melenturkan otot namun juga melancarkan aliran darah di seluruh tubuh termasuk kepala.

5. Air, Air dan Air

Wah, obat sakit kepala alami yang paling jitu terakhir ini pasti deh sudah bosan kamu dengar ya? Tapi ya gimana lagi, girls? Ini memang kebiasaan sehat yang sering diremehkan.

Memastikan pasokan air minum untuk tubuh memang seperti ‘Dewa Tips’ untuk 1001 permasalahan tubuh. Simpel, mudah, murah, bermanfaat luar biasa namun sering disepelekan. Pastikan setidaknya 8 gelas sehari atau minum segelas air dua jam sekali untuk mencegah tubuh dari dehidrasi.

Ternyata simpel banget kan, alternatif obat sakit kepala yang kerap menyerang ini?

Semoga selalu sehat ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: