Ini Dia 6 Obat Paling Manjur untuk Si Gila Belanja

BICARAPEREMPUAN.COM – Ada yang gila belanja, bagaikan si Rebecca Bloomwood di film Confessions of A Shopaholic?

Well, mungkin sebagian besar dari kamu memang suka belanja ya, girls? Perempuan gitu lo. Yang namanya belanja itu sudah kodratlah, pokoknya.

Kelak, saat kita berumah tangga, belanja juga merupakan salah satu job desc kita. Semua-mua kita yang akan atur dan beli–belanja buat masak, buat kebutuhan sehari-hari macam pasta gigi, sabun mandi, sabun cuci piring dan seterusnya.

Tapi kadang, ada batas tipis antara kewajiban atau job desc sama hobi, apalagi kalau kita sudah mulai kecanduan. Kalau di rumah mulai numpuk barang-barang yang sebenarnya nggak butuh tapi dibeli hanya karena lapar mata atau hanya karena sale, nah … itu dia, girls. Tanda bahaya bahwa kita mungkin sudah gila belanja.

Ini bisa membahayakan! Ya terutama sih buat kelangsungan dompet. Padahal gajian juga cuma sebulan sekali, itu pun untuk mendapatkannya juga dengan susah payah dan kerja keras. Jadi, ya masa mau kita habiskan dalam sekali tebas terus sih?

Jadi, supaya kita tetap bisa menyalurkan hobi, tapi tanpa menjadi seorang gila belanja, berikut ada 6 langkah belanja secara pintar.

 

6 Obat untuk si Gila Belanja

 

Keuangan Pribadi Kamu Bakalan Terus Kacau, Kalau Kamu Masih Saja Melakukan 7 Kebocoran Pengeluaran Ini!

1. Don’t believe the hype

Yang paling potensial bikin kita jadi gila belanja biasanya adalah urusan penampilan. Itu dia, persis seperti si Rebecca Bloomwood.

Ya, kita sih memang harus peduli dengan penampilan. Seenggaknya ya kadang kala harus dandan cantik untuk acara kantor, atau mungkin lagi ketemu sama klien. Namun meski begitu, nggak berarti semua yang di etalase harus dibeli, terutama produk-produk kecantikannya.

Meski kelihatannya bermacam-macam, tapi sebenarnya semua produk itu sama sama saja, girls. Bahan-bahannya sama. Yang membedakan adalah pencitraan produk dan bintang iklannya. Kenapa begitu? Ya supaya kamu bisa dipengaruhi dan merasa membutuhkan produk ini.

BACA JUGA:  Begini Tip Hemat Belanja Kosmetik Supaya Dompet Kamu Selalu Aman

Sehingga, untuk bisa agak mengerem nafsu membeli produk-produk ini, apalagi hanya karena iklan, please sadari dulu bahwa semua iklan tersebut adalah omong kosong.

Kemudian sebelum mengeluarkan uang untuk hal yang kamu lihat di iklan untuk segala macam kulit yang lebih kencang, kulit yang lebih putih, serum ini serum itu, jawab dulu 3 pertanyaan ini:

  • Bisakah saya hidup tanpa menggunakan barang ini?
  • Adakah barang serupa di rumah?
  • Apakah yang menjadi pembeda dalam hidup saya hingga saya harus membeli produk ini?

Yups, itu dia pertanyaan wajib yang harus kamu jawab demi keselamatan dompetmu, girls.

 

2. Sensible shopping

Setiap kali berbelanja, pastikan kamu selalu berpikir pragmatis agar anggaran tetap bisa dikendalikan. Berikut beberapa langkah yang harus kamu pertimbangkan:

  • Habiskan lebih sedikit untuk benda yang sama. Jangan pernah menghabiskan uangmu, girls. Sebelum membeli, bandingkan produk tersebut dengan produk yang sama di toko sebelah. Atau dengan produk lain yang mirip namun harganya lebih murah.
  • Ketahuilah bahwa harga itu sangat bervariasi. Memang sih, barang lebih mahal cenderungnya akan lebih awet dan kualitasnya pun lebih bagus. Namun, perlu juga kamu pertimbangkan, apakah memang memerlukan barang yang awet ataukah cukup barang yang nggak usah awet-awet amat karena kamu gampang bosan, misalnya. Jika nantinya kamu akan cepat bosan, maka lebih baik kamu mencari produk dengan harga yang lebih murah. Apalagi produk fashion nih, kan cepat banget berubah sesuai tren. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Berbelanja dadakan itu berbahaya! Akan lebih baik jika kamu belanja dengan rencana. Jagalah kartu kredit dan uang kamu untuk hal-hal yang benar-benar dibutuhkan. So, pastikan bahwa apa yang kamu beli memang merupakan kebutuhan dengan sedikit mengeremnya melalui sebuah perencanaan.
BACA JUGA:  Keuangan Pribadi Kamu Bakalan Terus Kacau, Kalau Kamu Masih Saja Melakukan 7 Kebocoran Pengeluaran Ini!

 

3. Making the most of you have

Aplikasikan peraturan dalam hidupmu, bahwa lemari pakaian itu penuh dengan sejarah. Ingat-ingat kembali saat-saat kamu akan membeli baju-baju tertentu, atau aksesoris-aksesoris tertentu. Dengan mengingat setiap barang yang sudah kamu punya, maka akan lebih mudah bagimu untuk menghindari membeli barang yang sama.

Sesekali, sortirlah barang-barangmu. Pisahkan mana yang sering dipakai, mana yang jarang dipakai, mana yang hanya dipakai sesekali, dan mana yang sama sekali sudah tak bisa dipakai.

Kumpulkan barang yang masuk ke kategori sama sekali tak bisa dipakai dan yang nggak kamu sukai, lalu gelar garage sale di Instagram. Banyak lho, yang mau membeli meski barangnya sudah bukan barang baru lagi. Istilahnya, preloved sale. Pastikan saja kondisinya masih bagus ya!

 

4. Overcoming the seduction

Godaan terbesar adalah dari sale atau harga promosi.  Yups, ini dia nih “kuman” bagi si gila belanja.

Jika sebelumnya kamu sudah menjual barang-barang preloved kamu, otherwise kamu jangan terlalu kalap membeli barang sale, promosi dan juga preloved yang memang murah-murah. It’s a classic sale trap!

Pokoknya, selalu ingat 3 pertanyaan di atas tadi setiap kali kamu ingin membeli sesuatu ya!

 

5. Controlling your flicking and clicking

Belanja online! Duh, siapa sih yang nggak gila belanja online sekarang-sekarang ini? Sudah lebih mudah, nggak harus macet-macetan, kadang harganya malah lebih murah kalau kita beli di toko konvensional. Sudah gitu, semua metode pembayaran sekarang bisa kita lakukan ya. Nggak perlu lagi ke ATM.

BACA JUGA:  Ini Dia Tip Belanja Pintar dengan Memanfaatkan Sale

Racun bener, ya!

Hati-hati, girls, sebenarnya semua harga itu ya sama saja kok. Hati-hati juga akan iming-iming free ongkos kirim ataupun bonus yang ditawarkan.

Jadi, tetap ya … balik lagi ke 3 pertanyaan di atas!

Tapi, kalau memang perlu nih, kadang belanja online itu justru malah mahal di ongkos kirim ketimbang harga produknya. Nah, kalau sudah begini, cobalah ajak teman-teman kamu untuk ikutan beli. Jadi bisa share ongkos kirim deh.

Jangan lupa minta diskon lagi pada online shop-nya ya, karena kamu berhasil menjadi staf marketingnya yang baik. Lumayan tuh, girls!

 

6. Signing savvy

Jangan mudah tergiur dengan promosi ‘get now, pay later’. It’s another trap!

Jebakan ini berpotensi besar membuat anggaran pengeluaranmu membengkak. Selama kamu mencicil dengan menggunakan kartu kredit, kamua juga akan dikenakan bunga. Sehingga jatuhnya nanti harga barangnya akan nggak sesuai lagi dengan harga display.

 

Nah, girls, saatnya untuk mulai melihat kembali kebiasaan belanja kamu, sebelum semakin parah dan membuatmu menjadi gila belanja seperti Rebecca Bloomwood! Dompet bisa terserang tipes deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.