Lakukan Olahraga Saat Haid Supaya Tubuh Makin Sehat, Terutama 3 Olahraga Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Seringnya sih kita bakalan males kalau harus olahraga saat haid ya, girls?

Ah, itu mah keluhan sebagian besar perempuan. Kalau lagi menjelang atau mungkin sudah hari pertama kedua siklusnya, maunya cuma mlungker aja di sofa atau di kasur.

Well, normal sih ya. ‘Kemalasan’ ini disebabkan tak hanya karena keseimbangan hormon yang sedang berubah, namun juga perubahan pada kondisi fisik. Makanya bisa membuat perempuan pada umumnya lebih suka malas-malasan saat sedang dalam siklus menstruasi. Apalagi kalau harus ke gym. Aduh, malasnya! Mager banget deh!

Tapi menurut seorang pakar kebugaran dan hormon dari Ohio, Rob Kominiarek, D.O., FACOFP, dalam salah satu jurnalnya dalam Medicine & Science in Sports & Exercise mengungkapkan, bahwa justru di saat menstruasilah merupakan waktu yang paling tepat untuk memaksimalkan kegiatan fisik, girls. Karena pada saat itu, tubuh sedang banyak membakar lebih banyak kalori dibandingkan saat kamu melakukan hal yang sama di lain waktu.

Jadi, kalau kamu pengin menurunkan berat badan, malah mesti dikencengin tuh olahraga saat haid.

BACA JUGA:  5 Jurus Ampuh Badan Fit demi Penampilan Fashionable Sepanjang Waktu

Selain itu, masih menurut Rob Kominiarek, olahraga saat haid yang kita lakukan justru malah akan mengurangi derita sakit yang ditimbulkan, terutama kram perut.

Lalu, apakah kita bisa melakukan semua jenis olahraga saat haid? Tentu tidak. Ini beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat sedang dalam siklus menstruasi, dan bisa membantu meringankan rasa sakit yang ditimbulkannya.

 

Lakukan 4 jenis olahraga saat haid agar tubuhmu semakin sehat dan bebas kram perut

1. Jogging

Saat sedang PMS atau lagi dalam period begini, kadang emosi perempuan menjadi tidak stabil, sehingga yang kamu butuhkan adalah sedikit suntikan hormon endorfin yang bisa memunculkan perasaan bahagia.

Nah, kalau kamu biasanya malas olahraga saat haid, sekarang coba deh pupus rasa malasmu, lantaran aktivitas seperti jogging akan mampu membantu pelepasan hormon ini.

Biar makin fun, kamu dapat berjogging bersama sahabat-sahabatmu, girls. Namun, ingat, kamu juga perlu memperhatikan sinyal tubuh juga. Jika sudah mulai kelelahan, maka segera kurangi kecepatan jogging kamu, gantilah dengan jalan cepat yang sama-sama efektif mampu membakar kalori.

BACA JUGA:  4 Minuman yang Paling Tepat Diminum Menemani Waktu Olahraga Kamu

 

2. Jalan kaki

Berjalan kaki itu justru paling pas dijadikan kebiasaan olahraga saat haid, karena mampu mengembalikan suasana hati yang mendung ke suasana yang menyenangkan dengan cepat.

Olahraga jalan kaki ini juga minim benturan, sehingga meminimalisir kemungkinan kram perut yang semakin parah. Sedikit tip nih, sebelum mulai berjalan kaki, minumlah air putih terlebih dahulu agar tubuh kamu terasa segar.

 

3. Yoga

Banyak orang menyukai olahraga yoga karena dipercaya mampu menenangkan pikiran, selain tentunya ampuh membakar kalori dan meningkatkan kelenturan tubuh.

Mintalah saran dari instruktur yoga kamu mengenai gerakan-gerakan yang bisa membantumu meringankan sakit akibat haid dan PMS, dan yang bisa mengendurkan otot-otot perut dan panggul yang tegang.

Lakukan meditasi yang diikuti dengan beberapa gerakan yoga akan efektif membantu meredakan stres dan emosi yang labil selama PMS.

 

4. Zumba

Gerakan tari yang riang, akan membuat mood kamu kembali membaik. So, apakah kamu sudah terdaftar kelas aerobik? Barangkali kamu juga bisa mengambil kelas Zumba, atau Salsa. Gerakan high impact dan low impact yang indah akan ampuh membakar kalori secara efektif.

BACA JUGA:  7 Pemicu Sakit Kepala

 

Ayo, girls, buang jauh-jauh rasa malas bergerak dan olahraga saat haid. Segera kenakan sepatu olahraga kamu dan mulai bergerak aktif, untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal yang selama ini diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.