Karakter

Orang Introvert Bakalan Cepat Meraih Sukses Jika Melakukan 5 Hal Ini

Orang introvert katanya susah sukses. Benarkah?

BICARAPEREMPUAN.COM – Susan Cain dalam bukunya yang berjudul Quiet: The Power of Introverts menulis, bahwa it’s completely fine dengan menjadi orang introvert. Termasuk kamu, girls, para perempuan mandiri namun introvert.

Yah, kalau sudah bawaan, ya mau gimana lagi kan? Susah banget berubah. Lagi pula, mengapa harus berubah? Kamu mungkin jarang bicara, tampak pemalu, lebih nyaman saat sendirian, dan mungkin agak tertutup. Namun, sadarkah kamu? Bahwa sebenarnya kamu menyimpan kekuatan yang mahadahsyat.

Wah, apakah itu?

Well, nggak banyak bicara bukan berarti kamu nggak tahu apa-apa. Pemalu juga bukan berarti kamu apatis terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitarmu. Saat orang lain sibuk berargumen, kamu akan lebih suka diam dan menyimak untuk “membaca” dan menganalisis.

Kamu memang kelihatannya saja pasif. Namun sebenarnya kamu tahu lebih banyak dari yang orang kira. Saat dirasa sudah tepat dan yakin, kamu akan mengutarakan apa yang ada di dalam pikiranmu, dan biasanya kamu akan menyelesaikan masalah dengan baik.

Kamu mungkin bukan tipe yang suka hadir di keramaian. lebih baik menyingkir dari pusat pesta, dan lebih memilih untuk mengamati jalannya pesta dari sudut ruangan. Namun saat beberapa orang sahabat yang memang sudah kamu kenal dengan baik mengajakmu bergabung, maka kamu akan dengan senang hati akan melakukannya.

Kamu sangat menghargai hubungan yang terbangun hangat dan intim hanya dengan beberapa orang, sehingga malah mempunyai beberapa sahabat yang setia.

Namun, biasanya orang introvert selalu dipandang sebelah mata terkait karier dan kesuksesannya. Mindset kebanyakan orang, mereka yang punya kemampuan networking yang andal, kemampuan komunikasi yang baiklah yang akan memegang kunci kesuksesan dalam karier. Dan, orang introvert jelas bukanlah orang yang dengan mudah berbincang dengan orang baru lain untuk networking. Juga bukan pribadi yang mudah membuka percakapan. Komunikasi mereka biasanya kurang lancar.

BACA JUGA:  3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

Hmmm. Benarkah demikian? Apakah kamu bisa sukses dengan pembawaan introvert itu? Aduh, bukankah ini bisa saja membuatmu down? Padahal kamu barangkali baru saja menjajaki dunia kariermu. Pastinya kamu pengin dong sampai ke puncak, ya kan? Tapi, kalau semua orang meragukan mu hanya karena sifat introvert kamu, lalu bagaimana bagaimana bisa memotivasi diri supaya sukses?

Orang Introvert Bakalan Cepat Meraih Sukses Jika Melakukan 5 Hal Ini

Bisa, girls! Kamu tentu saja bisa sukses, meski kamu adalah seorang pemalu dan pendiam selayaknya orang introvert.

Berikut beberapa tip untuk orang introvert bisa meraih sukses

1. Ceritakan prestasimu

Kamu nggak perlu malu untuk menunjukkan apa saja yang sudah kamu hasilkan pada orang-orang.

Kesuksesanmu dalam berkarier, keberhasilanmu memenangkan penghargaan, ataupun kesuksesan-kesuksesan yang lain. Semua itu bukan untuk menyombongkan diri, tapi sebagai portofoliomu agar orang tahu track record yang sudah kamu punya.

Dengan demikian, kesempatan untuk mengembangkan diri akan lebih luas.

2. Menjadi pendengar yang baik

Girls, sebagai orang introvert, pada dasarnya kamu sudah mempunyai keahlian khusus yang tak dimiliki oleh sembarang orang. Ya, tak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Kemampuan untuk mendengar seorang introvert memang jauh melebihi orang kebanyakan.

Nah, manfaatkanlah kelebihanmu ini, karena hal ini merupakan modal sebagai pemimpin. Seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu mendengarkan permasalahan yang ada dan melihatnya dari sudut yang objektif, untuk kemudian memikirkan solusi yang tepat.

3. Kenali passionmu

Apa passionmu? Mempunyai passion yang spesifik dan berkembang, akan membuatmu semakin percaya diri dan yakin kalau memang punya kemampuan.

BACA JUGA:  Mau Tahu Tipe Kepribadian Kamu? Gampang, Lihat Saja Bagaimana Kamu Membawa Tas!

So, kenali kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki. Dan kalau kamu bekerja kantoran, sebaiknya komunikasikan kepada atasanmu. Kamu mungkin bisa memberikan pertimbangan, bahwa dengan passion dan kemampuanmu, perusahaan akan semakin bertambah maju.

Namun tentu saja, hal ini harus dibarengi dengan meningkatkan dan mempertahankan kinerjamu. Ini untuk membuktikan bahwa kamu memang benar-benar mampu melakukannya. Tunjukkan, bahwa kamu siap untuk jenjang karier yang lebih tinggi.

4. Berlatih untuk beradaptasi dengan lingkungan secepat mungkin

Idealnya, kamu pasti akan lebih suka bekerja dari rumah, ketimbang bekerja di kantor yang mungkin riuh dan sesak dengan orang.

Tapi, mungkin kamu memang harus ngantor, dan parahnya lagi, harus bekerja di kantor yang punya ruangan terbuka. Satu sama lain karyawan, hanya dipisahkan dengan kubikel kecil imut yang kalau kita memanjangkan leher sedikit saja sudah tahu apa yang dikerjakan oleh karyawan yang ada di sampingmu. Gimana perasaanmu, girls? Sepertinya privacy akan sedikit terganggu ya.

Yah, tapi mau gimana lagi? Yang bisa kamu lakukan adalah berusaha menyesuaikan diri secepat mungkin. Bisa kok, girls. Kamu pasti bisa beradaptasi, ya mungkin nggak secepat teman-temanmu yang ekstrovert. Tapi pasti bisa.

Salah satunya, jika kamu merasa membutuhkan waktu ‘sendiri’, maka kamu bisa memasang headphone dan mendengarkan musik kesukaanmu. Headphone ini juga bisa merupakan tanda bahwa kamu lagi nggak pengin diganggu oleh rekan kerja (apalagi yang reseh).

5. Kenali apa yang membuatmu kelelahan

Ada orang ekstrovert yang merasakan kelelahan luar biasa setelah pergi ke tempat umum yang ramai atau bertemu dengan orang lain. Meski mungkin sebenarnya ia pergi untuk having fun bareng si BFF di kafe kesayangan.

BACA JUGA:  Perempuan Masa Kini Akan Selalu Melakukan 13 Hal Ini

Kamu harus bisa mengenali hal-hal semacam ini, girls; hal-hal yang membuatmu kelelahan.

Kalau misal kamu memang “capek” bertemu dengan orang, maka coba aturlah untuk tak janji pada lebih dari satu orang untuk ketemuan dalam satu hari. Saat kamu sudah punya janji pada hari tertentu, maka saat ada orang lain yang harus kamu temui, maka buatlah janji di hari yang lain.

Saat sudah dua atau tiga hari berturut-turut keluar rumah, jadwalkan dua hingga tiga hari berikutnya untuk berada di rumah saja.

Barangkali memang setiap orang akan berbeda ya. Aturlah sesuai dengan kemampuan, untuk menghindari kelelahan dan stres.


Kamu tentu tahu, beberapa orang besar di dunia merupakan orang introvert. Sebut saja Bill Gates, Abraham Lincoln, Eleanor Roosevelt, Mahatma Gandhi, dan Albert Einstein.

Nah, bersyukurlah jika kamu termasuk orang introvert. Siapa tahu kamulah pemimpin dunia selanjutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: