Menjadi Orang Pendiam Tak Berarti Tak Percaya Diri – Lakukan 7 Tip Berikut!

BICARAPEREMPUAN.COM – Barangkali kamu termasuk tipe pendiam, girls?

Kamu mungkin termasuk mereka yang irit bicara, jarang bercanda dengan suara yang keras, juga takut-takut menyampaikan pendapat secara lantang dan tegas, lantaran hal itu membuatmu merasa terekspos?

Kamu mungkin termasuk mereka yang lebih suka diam, menghindari konflik, mendengarkan, dan mengikuti tanpa ada perlawanan berarti?

Banyak alasan yang mendasari orang berkarakter seperti ini, dan berbahagialah, karena kamu sebenarnya tidak sendirian. Malah, banyak orang yang berkepribadian sama denganmu.

Salah satu alasan mengapa kamu lebih banyak diam adalah kurangnya rasa percaya diri. Hmmm, apakah itu yang kamu rasakan, girls?

Kalau benar rasa itu ada pada dirimu, maka coba deh ikuti beberapa tip BiPer berikut, supaya rasa percaya diri kamu bertumbuh. Sehingga, walaupun kamu memang bukan tipe orang yang banyak bicara, tapi hal itu bukanlah karena kamu kurang percaya diri.

 

Beberapa cara menumbuhkan rasa percaya diri bagi orang pendiam

 

Apakah kamu tipe orang pendiam?
Apakah kamu tipe orang pendiam? Image via From A Unique Perspective – WordPress.com

1. Bicaralah lebih banyak

Untuk bisa meraih sukses–dalam karier, terutama–maka kamu haruslah lebih menonjol ketimbang rekan-rekan kerja kamu. Namun, memintamu untuk bicara lebih cepat dan lebih keras jelas bukan masukan yang bagus buatmu yang sering diam. Betul? Pasti bakalan jadi aneh.

Maka, saran BiPer adalah alih-alih lebih banyak bicara, jadilah orang yang lebih banyak berkomunikasi.

BACA JUGA:  Kamu Tak Perlu Minta Maaf untuk 7 Tindakan Ini karena Semuanya Adalah Hak Kamu dan Wajar!

Beda ya, girls. Lebih banyak berkomunikasi artinya kamu akan lebih banyak ngomong tapi penting dan dengan tenang. Hal ini tentu lebih baik daripada kamu lebih banyak bicara tapi nggak ada intinya.

 

2. Pilihlah aktivitasmu dengan bijak

Ya, ikutlah berperan aktif dalam beberapa aktivitas sosial, meski kamu tak terlalu suka berinteraksi dengan terlalu banyak orang.

Dekati beberapa orang yang memang menurutmu baik dan membawa aura positif, dan bertemanlah degan akrab.

Kamu nggak bisa menghindari sosialisasi diri kamu sebagai bagian dari masyarakat, girls. Tapi yang penting, pilihlah dengan bijak. Kamu juga nggak perlu aktif di semua tempat kok. Kamu boleh memilih, misalnya pengin aktif di lingkungan kompleks rumah saja, sedangkan di kantor kamu tipe karyawan tenggo, alias teng–tanda bel pulang berbunyi–kamu langsung ‘go’–alias pulang. Atau, sebaliknya. Atau nggak dua-duanya, tapi kamu memilih untuk aktif di komunitas hobi, misalnya.

Pilihlah aktivitasmu dengan bijak.

 

3. Berjalanlah lebih cepat

Berjalan lebih cepat–tapi tidak terburu-buru–itu bisa membuat rasa percaya diri kamu tumbuh dengan cepat juga lo, girls. Memang rasanya nggak ada hubungannya, tapi hal ini benar adanya.

Berjalan lebih cepat berarti kamu menunjukkan antusiasme terhadap sesuatu. Kamu bersemangat akan melakukan sesuatu. Hal ini secara tidak langsung akan membuat mood kamu baik, yang berefek juga pada rasa percaya diri kamu sebagai orang pendiam.

BACA JUGA:  Jadi Jomblo Itu Menyenangkan! Ini 5 Alasannya!

Tak banyak bicara boleh saja, tapi bukan berarti kamu lamban, bukan?

 

4. Jaga kontak mata

Biasanya saat seseorang bisa melakukan kontak mata dalam jangka waktu yang lama, maka itu bisa dipastikan bahwa ia adalah orang yang percaya diri.

Tak ada alasan bagimu untuk malu melakukannya, girls. You have your skill, you have yourself. Jadi, buatlah kontak mata dengan orang lain, terutama saat kamu sedang berbicara dengan mereka.

Tahu nggak sih, kontak mata bisa membuat ikatan interaksi menjadi lebih kuat dibandingkan hanya kata-kata lo.

Dengan menjaga kontak mata, kamu tetap bisa irit bicara, tapi memberikan efek luar biasa bagi lawan bicaramu.

 

5. Bahasa tubuh

Buatlah bahasa tubuh yang sealami mungkin, namun tetap percaya diri. Entah itu dalam berjalan, berdiri, duduk ,dan lain sebagainya.

Tak perlu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan hanya akan membuatmu merasa semakin awkward.

 

6. Lakukan kontak fisik sewajarnya

Dengan melakukan kontak fisik, maka kamu akan terlihat ramah, girls. Jadi saat mengobrol dengan teman kerja atau teman kuliahmu, cobalah untuk sesekali sentuh tangannya, menepuk bahunya, atau meninju lengannya dengan main-main.

BACA JUGA:  Mau Tahu Tipe Kepribadian Kamu? Gampang, Lihat Saja Bagaimana Kamu Membawa Tas!

Tapi, tetap ya, jangan lakukan hal ini secara berlebihan, atau teman-temanmu justru akan menganggapmu ‘ramah’–alias rajin menjamah.

 

7. Senyumlah lebih sering

Irit bicara boleh, tapi jangan sampai pelit senyum, terutama kalau kamu memang tipe pendiam. Senyum merupakan tanda bahwa kamu–meski pendiam–adalah orang yang happy inside, santai, percaya diri, merasa nyaman dengan diri sendiri, dan mudah bergaul.

 

Sebagai orang yang pendiam, kamu mungkin kurang nyaman saat berada di antara terlalu banyak orang, atau terlibat dalam terlalu banyak percakapan. Tapi bukan berarti kamu tidak percaya diri. It’s ok untuk menjadi orang pendiam, tapi jangan sampai hal tersebut membuatmu jauh dari kesuksesan.

Tetaplah jadi diri sendiri dan pribadi yang menyenangkan meskipun kamu tidak banyak bicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.