Karakter

Orang Tua Lebih Rentan Terpapar Penyakit COVID-19: Bagaimana Cara Membantu Mereka?

Orang sedunia merasa khawatir tentang virus corona, dan penyakit COVID-19 yang ditimbulkannya. Apa kabar orang tuamu?

BICARAPEREMPUAN.COM – Kita sudah banyak berbicara tentang kehilangan pekerjaan karena COVID-19, juga tentang kewarasan diri sendiri saat harus menjalani isolasi diri #dirumahaja. Tetapi, sudahkah kamu memikirkan mereka yang rentan terhadap penyakit ini, girls?

Nggak usah terlalu jauh. Orang tuamu, apa kabar?

Orang tua, yang sudah menginjak lansia, sistem kekebalannya secara alami telah melemah, seiring bertambahnya usia. Apalagi jika mereka juga memiliki kondisi medis kronis.

Faktanya, 8 dari 10 kematian yang dilaporkan di AS terkait dengan COVID-19 terjadi pada orang lanjut usia, dengan usia 65 tahun ke atas, demikian menurut data Centers for Disease Control and Prevention.

So, girls. Stop thinking about yourself for a bit. Let’s think about those we love: our parents.

Jika orang tua kamu termasuk dalam kategori rentan terhadap penyakit COVID-19 ini, cobalah untuk bantu mereka. So, ini dia 4 hal yang dapat kamu lakukan sekarang.

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Orang Tuamu Selama Pandemi Penyakit COVID-19

Memastikan Makanan Bersih dan Aman Dikonsumsi Selama Pandemi COVID-19

Belanja groceries

Kamu barangkali sudah merasakan, betapa ribetnya kalau harus belanja kebutuhan selama masa pandemi penyakit COVID-19, ditambah lagi dengan PSBB yang diberlakukan. Nggak bisa kayak dulu lagi, yang mau belanja langsung capcus ke toko, terus sempat mampir cuci mata atau window shopping sana-sini.

Ada beberapa protokol kesehatan dan keselamatan yang harus kita patuhi, untuk sekadar belanja groceries. Belum lagi, banyak produk kebutuhan yang menghilang dari pasaran, dan harga-harga yang terus meroket.

BACA JUGA:  9 Cara Menikmati Hidup to The Fullest!

Sungguh, kehebohan seperti ini terasa sangat overwhelming bagi para lansia; mereka yang sudah lanjut usia, berpenyakit bawaan, dan memiliki daya tahan tubuh rendah. Orang tua kamu mungkin juga harus menahan diri untuk nggak pergi belanja, karena risiko penularan ini.

Tapi, apa kabar dengan kebutuhan mereka?

Kalau sudah begini, hanya kamulah yang bisa menolong mereka. Biarkan mereka tinggal di rumah, dan kamu berbelanjalah untuk mereka. Jika orang tuamu tinggal di lain kota, kamu bisa membelanjakan mereka secara online. Orang tua pasti kesulitan kan, untuk melakukan belanja online. Tetapi, kamu enggak. Jadi, kamu bisa menolong mereka dengan cara ini.

Orang Tuamu Memasuki Masa Pensiun? Bantu Mereka dengan 5 Langkah Ini!

Lakukan komunikasi sesering mungkin

WHO mengatakan, bahwa penyakit COVID-19 yang dibawa oleh virus corona ini diperkirakan menyebar terutama dari kontak manusia ke manusia, terutama jika jarak antara satu dengan yang lainnya kurang dari 1.5 meter.

Karena hal inilah, pemerintah melarang kita untuk mudik, demi bisa melindungi orang tua di kampung dari kemungkinan tertular penyakit COVID-19 ini.

Sebaiknya, kamu patuhi dulu larangan ini, girls. Sebagai pengobat rindu, tetap lakukan komunikasi intens dengan mereka. Beralihlah ke teknologi. Kamu bisa video call dengan mereka, atau sekadar telepon saja juga bisa.

Tetaplah berkomunikasi untuk menjaga semangat mereka, selain mengabarkan kalau kita sendiri juga baik-baik saja. Dari obrolan, kita sudah akan bisa tahu, bahwa mereka pun ada dalam kondisi baik.

BACA JUGA:  Memastikan Makanan Bersih dan Aman Dikonsumsi Selama Pandemi COVID-19

Coba tetapkan jadwal dengan waktu tertentu, sehingga orang tua jadi semacam memiliki harapan baik untuk dinanti sepanjang hari. Akan menyenangkan untuk mereka, pasti.

5 Aplikasi Handphone untuk Membantumu Mengurangi Kebiasaan Buruk

Waspadai hoaks dan penipuan yang rentan terjadi

Di masa-masa darurat seperti ini, banyak hoaks tersebar, pun peluang terjadinya kejahatan penipuan.

Bicarakanlah hal ini dengan orang tua kamu, berikan pengertian sepenuhnya, sehingga mereka dapat melindungi diri mereka sendiri. Sediakan dirimu sendiri untuk mereka hubungi, jika ada hal-hal yang membingungkan atau mendesak. Sabarlah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

Sampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini kepada mereka:

  • Jangan asal mentransfer/memberikan uang pada siapa pun, apalagi pada orang yang tak dikenal.
  • Jangan asal mengklik tautan dari sumber yang tidak dikenal
  • Jangan asal percaya berita yang hanya diforwardkan dari grup ke grup, tanpa konfirmasi resmi dari sumber yang terpercaya.
  • Jika ada telepon dari orang yang tak dikenal, segera tingkatkan kewaspadaan.
Orang Tua Lebih Rentan Terpapar Penyakit COVID-19: Bagaimana Cara Membantu Mereka?

Tanyakan kegiatan mereka, usulkan jika perlu

Hanya diam di rumah sepanjang hari bisa menyebabkan penurunan kesehatan dan kemampuan fisik.

Lansia juga berisiko lebih besar mengalami depresi selama masa isolasi sosial kaibat penyakit COVID-19 ini. Dan, ketika mereka stres, maka hal ini akan memengaruhi daya tahan tubuh mereka. Daya tahan tubuh yang menurun, akan meningkatkan risiko terserang penyakit. Penyakit apa pun.

So, kalau orang tuamu merasa kesepian atau bosan, ingatkan mereka tentang hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk merangsang pikiran mereka dalam mengisi waktu. Dorong mereka untuk membaca buku, berkebun, berolahraga ringan, atau bahkan berjalan-jalan–selama mereka menjaga jarak dari orang lain. Kamu juga bisa menawarkan mereka untuk bermain board games, jika memang kegiatan ini mereka suka lakukan. Semisal main kartu, main catur, monopoli, atau puzzle.

BACA JUGA:  Orang Tuamu Memasuki Masa Pensiun? Bantu Mereka dengan 5 Langkah Ini!

Tawarkan tontonan-tontonan yang bisa mereka akses secara online. Misalnya, kamu coba bayar langganan streaming film untuk mereka. Siapa tahu, mereka bisa jadi teman debatmu soal film setelah pandemi penyakit COVID-19 ini berakhir nanti.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu orang tuamu melewati masa pandemi COVID-19 ini.

Jangan bosan-bosan untuk mengecek kondisi mereka ya, tanyakan kabar mereka, dan mereka sedang apa sekarang. perhatian sekecil apa pun akan sangat berarti untuk mereka.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: