Panduan Puasa Ramadhan buat Kamu yang Punya Masalah Mag

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, ladies! Selamat bersiap menjalankan ibadah puasa Ramadhan ya, buat kamu yang sedang menunaikan! Semoga lancar sampai hari terakhir.

Apa kabar kamu yang punya penyakit mag? Tidak berpuasa saja, penyakit mag sering kambuh, apalagi kalau harus berpuasa sebulan penuh? Tenang, girls! Asal mengonsumsi makanan tepat, puasa Ramadhan bisa justru akan menyehatkan lambung dari gangguan mag kok.

Penyakit mag sebenarnya bukan penghalang bagi seseorang untuk tetap berpuasa, selama dapat mengikuti pola makan yang benar dan tidak berlebihan.

Penyakit mag adalah salah satu penyakit saluran pencernaan yang paling umum. Gejalanya biasa ditandai dengan nyeri perut yang hilang timbul, rasa pedih pada ulu hati, mual, kadang-kadang sampai muntah, nafsu makan berkurang, rasa cepat kenyang, perut kembung, rasa panas di dada dan perut, serta banyak mengeluarkan gas dari mulit.

Mag, terutama yang fungsional biasanya disebabkan oleh makan yang tidak teratur, mengonsumsi makanan camilan yang berlemak, asam, dan pedas, minum minuman bersoda dan kopi, merokok dan juga faktor stres.

Akibatnya, kerja otot atau syaraf yang mengendalikan pencernaan menjadi tidak normal. Sementara mag organik yang lebih jarang terjadi disebabkan oleh kelainan pada kerongkongan, lambung dan usus dua belas jari.

Untuk penyakit mag yang belum akut, puasa justru dianjurkan, girls. Karena saat puasa jadwal makan justru jadi lebih teratur, kegiatan mengemil berkurang, dan kita sendiri juga lebih bersabar dan akan berusaha mengendalikan stres.

BACA JUGA:  Makan-Makan di Hari Lebaran Tetap Sehat, Lakukan 11 Hal Berikut!

Sementara, kalau kamu mengidap penyakit mag akut, akan lebih baik jika kamu berobat dulu sampai luka di lambung sembuh.

 

Nah, berikut adalah panduan buat kamu yang punya penyakit mag tapi tetap pengin menunaikan puasa Ramadhan sampai selesai nanti

 

Panduan Puasa Ramadhan buat Kamu yang Menderita Penyakit Mag.
Panduan Puasa Ramadhan buat Kamu yang Punya Masalah Mag. Image via Obat Promo

Jangan lupakan obat mag

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi penderita mag. Ketika menjalankan puasa Ramadhan, memang akan terjadi perubahan pola makan dan minum pada kita.

Setelah 6-8 jam, pada perut yang kosong akan terjadi peningkatan asam lambung yang dapat menyebabkan gejala penyakit mag. Keadaan ini sebenarnya dapat diatasi dengan pilihan makan yang tepat saat berbuka dan sahur, serta kegiatan yang tidak menyebabkan terjadinya peningkatan udara di dalam lambung serta peningkatan asam lambung.

So, jangan lupa, untuk selalu sediakan obat anti asam lambung. Obat ini dapat diminum pada saat sahur dan berbuka untukĀ  mengontrol asam lambung selama berpuasa. Dengan demikian, keluhan yang timbul saat berpuasa terutama saat perut sudah kosong dapat dikurangi.

Memang, kalau kamu adalah penderita mag, rasanya akan nggak nyaman di minggu pertama ya? Namun, setelah terbiasa dengan pola makan baru yang lebih teratur dan sehat, gejala mag akan cenderung menghilang.

BACA JUGA:  Mau Memulai Hidup Sehat? Coba Beberapa Langkah Berikut!

Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai berpuasa. Dokter akan menyarankan boleh tidaknya berpuasa tergantung sebab dan keparahan penyakitmu.

 

Tip bebas mag selama menjalankan puasa Ramadhan

  1. Saat sahur, makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Saat berbuka, mulailah dengan makanan manis yang mudah dicerna seperti kurma. Hindari langsung berbuka dengan makanan berat ya, girls.
  2. Usahakan untuk selalu makan sahur di akhir waktu (menjelang Imsak) dengan makanan yang seimbang.
  3. Tetaplah rutin berolahraga agar tubuh selalu bugar. Namun, jangan berolahraga secara berlebihan. Pindahkan waktu berolahraga menjadi 30 menit menjelang berbuka. Dengan demikian, kamu tidak akan mengalami dehidrasi.
  4. Makanlah pepaya matang dan wortel. Enzim dalam pepaya dan wortel dapat membantu mencerna makanan berlemak dan berminyak.

 

Hindarilah beberapa makanan berikut selama puasa Ramadhan

 

Panduan Puasa Ramadhan buat Kamu yang Punya Masalah Mag.
Panduan Puasa Ramadhan buat Kamu yang Punya Masalah Mag. Image via The Kitchn.

Selain mencegah dengan obat anti asam, ada baiknya juga menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu pengeluaran lambung.

  1. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, misalnya sayuran kol, sawi dan kentang, lalu buah-buahan seperti nangka, pisang ambon, melon dan semangka.
  2. Makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, dan minuman bersoda.
  3. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti makanan berlemak, cokelat, dan keju. Hal ini mengakibatkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung.
  4. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica, dan bumbu yang merangsang.
  5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
BACA JUGA:  Kenali 21 Gejala PMS Agar Bisa Kamu Atasi Secara Tepat!

Nah, girls, semoga puasa Ramadhan kamu sukses sampai hari Lebaran nanti ya! Dan, tentunya diterima oleh Allah SWT. Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.