Traveling

11 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta yang Selalu Ramai di Musim Liburan

Sudah pernah dengar mengenai daerah yang bernama Gunungkidul di Yogyakarta? Kalau sudah, kamu pasti tak asing dengan nama-nama pantai di Gunungkidul Yogyakarta ini.

BICARAPEREMPUAN.COM – Barangkali kamu sudah mendengar bahwa Gunungkidul mempunyai garis pantai terpanjang di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Konon, total ada 69 pantai berderet hanya di sepanjang Kabupaten Gunungkidul saja.

Belum semuanya sudah dalam kondisi yang tertata dan dikembangkan oleh pemerintah daerah. Ada bahkan yang masih susah dijangkau karena belum ada akses jalan yang memadai.

Namun, dari 69 pantai di Gunungkidul Yogyakarta tersebut ada 11 pantai yang sudah sangat berkembang dan sudah sangat populer di kalangan para wisatawan, terutama para penikmat pantai. Pantai-pantai ini selalu penuh di musim liburan. Bahkan kadang sampai penuh sesak dengan manusia di sepanjang pantainya.

Yuk, coba kita lihat dari 11 pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang sangat populer ini, mana saja yang sudah kamu kunjungi?

1. Pantai Baron

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Baron
Via Visit Jogja

Konon, nama pantai di Gunungkidul satu ini diambil dari nama seorang bangsawan Belanda zaman dahulu, Baron Skeber yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini.

Konon sang Baron ini adalah orang sakti, bahkan pernah melawan Panembahan Senopati seorang diri. Pada tahun 1930-an, pantai ini menjadi pantai persembunyian dan gudang senjata bagi Belanda.

Pantai yang berbentuk dasar huruf ‘U’ ini memang sangat indah dengan pasir putihnya yang terhampar di sepanjang bibir pantai. Meski wisatawan diperbolehkan untuk berenang, namun tetap ada batasan area berenang yang diizinkan oleh pengelola setempat, karena ombak lautnya yang cukup besar.

2. Pantai Krakal

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Krakal
Via Info Budaya Indonesia

Pantai Krakal juga merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang selalu ramai di musim liburan. Pantai ini populer terutama karena keindahan pasir putih dan juga bebatuan yang terhampar di sepanjang pantainya. Bebatuan ini menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil yang indah.

Pantai Krakal juga asyik banget buat surfing. So, kapan-kapan kamu pengin ke pantai ini, jangan lupa untuk bawa sekalian papan surfing kamu ya. Tantang adrenalin kamu dengan mengendarai ombak tipe reef break yang ada di Pantai Krakal ini.

Namun, kamu juga harus ekstra hati-hati, karena dasar lautnya terdiri atas bebatuan karang yang kadang sangat tajam. Buat kamu yang pengin menginap di pantai ini, juga nggak perlu khawatir karena ada banyak hotel dan penginapan yang cukup bersih di sepanjang pantai.

BACA JUGA:  5 Romantic Cafe dan Resto Romantis di Jogja untuk Makan Malam Bareng Pacar

3. Pantai Kukup

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Kukup
Via IhategreenJello

Apa yang paling disukai oleh para wisatawan dari Pantai Kukup sehingga selalu ramai di musim liburan?

Pantai di Gunungkidul satu ini memiliki kekhasan pada daerah laut dangkal yang cukup tenang berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Daerah laut dangkal ini didominasi oleh gugusan terumbu karang yang sangat indah, dan seakan melindungi pantai dari empasan ombak yang cukup besar. Tak hanya terumbu karang, daerah laut dangkal tersebut juga dihuni oleh berbagai biota laut seperti bintang laut dan berbagai macam ikan hias laut unik yang dapat dengan jelas kamu lihat karena airnya jernih banget.

Tapi, hati-hati ya. Karena begitu nyamannya ditinggali oleh biota laut, kamu bisa saja ketemu sama ubur-ubur ataupun bulu babi di pantai ini. Keduanya binatang yang beracun, so hati-hati ya!

Di sebelah timur dari Pantai Kukup, terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Jumino. Di pulau tersebut terdapat gardu pandang ke arah laut yang boleh dikunjungi oleh para wisatawan.

Kalau kamu pengin menyeberang ke pulau ini dari Pantai Kukup, kamu tinggal menyeberangi sebuah jembatan saja dengan aman.

4. Pantai Sepanjang

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Sepanjang
Via Tribun Jogja

Di antara list pantai di Gunungkidul terpopuler ini, Pantai Sepanjang merupakan pantai yang paling terakhir dibuka bagi wisatawan.

Pantai Sepanjang merupakan pantai di Gunungkidul dengan garis pantai terpanjang lo. Ya, karena itu pantai ini disebut dengan Pantai Sepanjang.

Kondisi pantainya sendiri tak berbeda jauh dengan pantai di Gunungkidul yang lain; pasir putih, terumbu karang, dan bebatuan yang menjadi tempat hidup biota laut.

Yang berbeda, di Pantai Sepanjang ini terdapat satu situs bersejarah, yaitu Banyusepuh. Situs ini berupa sebuah mata air yang tadinya dipergunakan untuk membasuh atau memandikan pusaka para leluhur. Sayangnya, kini situs tersebut tidak terawat lagi.

5. Pantai Drini

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Drini
Via Jogja Tour Wisata

Yang khas dari pantai ini adalah keberadaan sebuah pulau kecil yang seakan membagi pantai menjadi dua bagian, bagian timur dan bagian barat.

Di pulau tersebut, banyak tumbuh tanaman yang sering disebut oleh penduduk setempat dengan drini. Makanya, pantai ini disebut Pantai Drini.

Kalau laut sedang surut, kamu bisa ke pulau tersebut tanpa harus berperahu. Kamu bisa dengan mudah naik dari pantainya, karena ada tangga dari beton yang sudah dibangun untuk jalan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau tersebut.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Handphone untuk Temani Kamu Traveling

Dulu di Pantai Drini juga terdapat sungai bawah tanah. Alirannya membawa pasir hitam yang kemudian muncul dan terlihat samar di antara pasir putih pantai ini. Kalau kamu cukup jeli, kamu akan bisa melihatnya di salah satu bagian di pantai.

6. Pantai Pok Tunggal

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Pok Tunggal
Via Bloglinglung.com

Di antara pantai di Gunung Kidul terpopuler lainnya, Pantai Pok Tunggal masih terhitung sepi pengunjung. Mungkin juga dikarenakan pantai ini juga terhitung pantai yang baru saja dibuka untuk wisatawan umum. Area di sekitar pantai masih terus dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat, sehingga masih asli dan alami.

Begitu datang, kamu akan langsung melihat satu pohon ikonik berdiri kokoh bak penjaga pantai. Pohon ini konon termasuk jenis pohon yang susah tumbuh. Makanya pohon ini dilindungi banget oleh para penduduk sekitar. Mereka tak segan-segan menegurmu jika kamu berani memanjatnya.

Pantai Pok Tunggal dikelilingi oleh benteng batu karang yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Bakalan oke banget deh kalau dijadikan objek wisata panjat tebing. Hanya saja, sampai sekarang belum ada yang berani menaklukkannya.

7. Pantai Sundak

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Sundak
Via yukberwisata

Di kawasan Pantai Sundak, terdapat sumur alami berair tawar yang menjadi sumber air bersih bagi penduduk sekitar pantai. Di sumur inilah pernah terjadi perkelahian antara anjing dan landak laut, yang kemudian dimenangkan oleh anjing. Dari situlah nama ‘Sundak’ didapatkan, yaitu dari ‘asu’ (yang berarti anjing) dan landak.

Sampai sekarang sumur air tawar itu masih ada, dan masih menjadi sumber air bersih bagi penduduk setempat.

Oh ya, kalau kamu pengin menikmati suasana pantai di Gunungkidul yang berbeda, coba deh menginap di Pantai Sundak. Kamu bisa berkemah di salah satu area di sepanjang bibir pantainya. Sundak terkenal mempunyai pemandangan alam malam yang sangat memesona.

8. Pantai Pulang Syawal

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Pulang Syawal
Via Idetrips

Pantai Pulang Syawal ini lebih terkenal dengan nama Pantai Indrayanti. Hal ini dikarenakan ada cafe yang memang terkenal berada di pantai ini, yaitu Cafe Indrayanti.

Di antara pantai di Gunungkidul dalam list ini, Pantai Indrayanti termasuk juga pantai yang baru saja dikembangkan oleh pemerintah, namun kini justru menjadi pantai yang paling populer.

BACA JUGA:  17 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Harganya Ramah di Kantong

Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas di pantai ini, termasuk kamu bisa menjajal kemampuanmu mengendarai jetski membelah ombak.

9. Pantai Ngobaran

Pantai di Gunungkidul Yogyakarta - Pantai Ngobaran
Via pantainesia

Pantai Ngobaran sangat unik, karena di sini terdapat empat tempat ibadah bagi empat agama yang berbeda yang terletak saling berdekatan.

Ada banyak kisah sejarah yang melingkupi area Pantai Ngobaran ini, terutama yang melibatkan Brawijaya V dan Raden Patah. Kalau kamu mau tahu lebih banyak, barangkali kamu bisa mendengar cerita ini langsung dari penduduk setempat. Akan lebih terasa magisnya.

Yang khas lagi dari salah satu pantai di Gunungkidul yang sangat ramai dikunjungi di musim liburan ini adalah makanan khasnya, yaitu landak laut goreng. Ada yang bilang, daging landak laut ini sangat gurih, kenyal dan enak. Landak laut goreng ini merupakan makanan tradisional di sana, jadi tidak dijual di warung-warung.

Kalau kamu mau nyobain, sepertinya kamu harus menemui salah satu penduduk di sana saat mereka sedang akan memasaknya. Dengan sedikit keberuntungan, barangkali kamu akan ditawarin untuk ikut mencicipi. Hehe.

Nah, itu dia 9 pantai di Gunungkidul yang selalu ramai di musim liburan. Lengkap banget kan? Dari mulai pemandangan hingga ke makanan tradisional khas, bisa kamu nikmati semuanya.

Kabar baik lainnya, pantai-pantai tersebut berderet di sepanjang garis pantai Gunungkidul dari timur ke barat. So, kamu tak perlu harus menempuh perjalanan terlalu jauh jika ingin bereksplorasi dengan mengunjunginya satu per satu. Bahkan dengan satu tiket, kamu kini bisa mengunjungi delapan pantai sekaligus lho, dari mulai Baron, Kukup, Krakal, hingga Pok Tunggal.

Asyik kan?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: