Traveling

Inilah 3 Pantai di Nias yang Menjadi Surga Peselancar Internasional

BICARAPEREMPUAN.COM – Adakah di antara kamu yang hobi surfing, girls? Salah satu surga peselancar di dunia adalah deretan pantai di Nias, yang terletak di 125 km sebelah barat Pulau Sumatera ini.

Meskipun, tak hanya pantai berombak tinggi yang ternyata membuat pantai di Nias menjadi top-list objek wisata di dunia, tapi juga ada pantai yang terkenal karena ketenangannya, dan bahkan ada juga yang terkenal karena warna pasirnya.

 

Mau tahu mana saja pantai di Nias yang menjadi surga peselancar dunia?

1. Pantai Sorake

Pantai di Nias: Pantai Sorake.

Pantai di Nias: Pantai Sorake. Via iNews.

Pantai Sorake merupakan salah satu pantai yang terkenal akan ombaknya yang besar dan tinggi. Bagi wisatawan domestik, mungkin nama Pantai Sorake terdengar asing. Tapi, untuk para surfer profesional, pantai ini bagaikan surga. Ketinggian ombaknya bisa mencapai 11 – 12 meter! Uhlala!

FYI ya, girls, Pantai Sorake tidak dibingkai oleh pasir seperti layaknya pantai-pantai yang ada pada umumnya, tapi langsung dibatasi oleh karang-karang.

Setiap tahun, wisatawan dari seluruh dunia datang ke pantai di Nias Selatan ini, baik untuk ikut berpartisipasi maupun hanya sekadar menyaksikan kompetisi surfing tahunan yang disebut Nias Open.

Tak hanya bisa mengendarai ombak, di Pantai Sorake ini kamu juga bisa menikmati keindahan terumbu karang di dasar lautnya, girls. Luar biasa banget deh!

BACA JUGA:  4 Cara Oke Jalan-Jalan di Yogyakarta Tanpa Kendaraan Pribadi

Lokasi Pantai Sorake ini agak terpencil. Kalau kamu pengin ke sini, kamu mesti rela menempuh perjalanan yang selama 4 jam dari Gunungsitoli, ibu kota Nias. Tapi justru karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau inilah yang menjadikan keaslian Pantai Sorake yang indah tetap terjaga.

 

2. Pantai Lagundri

Pantai di Nias: Pantai Lagundri.

Pantai di Nias: Pantai Lagundri. Via Wearinasia.

Masih berada di Nias Selatan, masih satu garis pantai dengan Pantai Sorake dan hanya berjarak sekitar 2 km saja, ada Pantai Lagundri yang juga menjadi surga bagi para peselancar tingkat dunia. Pantai Lagundri ini menjadi salah satu dari 10 lokasi surfing terbaik di dunia, girls.

Pantai Lagundri berada 12 kilometer dari ibu kota Nias Selatan. Sama seperti Pantai Sorake, Pantai Lagundri memang terpencil, namun hal inilah yang justru membuatnya tetap terjaga alami dan asri seperti aslinya.

Konon, ombak di Pantai Lagundri hanya bisa dikalahkan oleh ombak-ombak tinggi milik Kepulauan Hawaii lo, girls. Ketinggian ombak rata-rata adalah 5 meter. However, girls, kalau kamu pengin menjajal ombak setinggi 6 – 9 meter yang bentuknya sering disebut sebagai “almond-shaped” yang ada di Pantai Lagundri, maka sebaiknya kamu datang di sekitar bulan April hingga Mei.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Handphone untuk Temani Kamu Traveling

 

3. Pantai Asu

Pantai di Nias: Pantai Asu.

Pantai di Nias: Pantai Asu. Via Kumparan.

Pantai di Nias berikutnya yang menjadi surga peselancar dunia adalah Pantai Asu. Eits, bukan seperti bahasa Jawa yang mengartikan ‘asu’ sebagai ‘anjing’, Pantai Asu mendapatkan namanya dari kata ‘asuhan’, yang dalam bahasa Nias berarti ‘terakhir’.

Pantai Asu ini sebenarnya berada di Pulau Asu, salah satu pulau di Kepulauan Hinako. Meski berbeda pulau, namun Pulau Asu masih ada dalam wilayah administrasi Kabupaten Nias Barat. Luas pulau ini hanya 18 kilometer persegi, dan hanya dihuni oleh 28 kepala keluarga.

Meski demikian, banyak wisatawan yang bisa bertahan satu hingga dua bulan di Pulau Asu karena kenyamanannya. Selain ombaknya yang juga bisa mencapai ketinggian 7 meter, dasar lautnya juga menyimpan berbagai jenis terumbu karang, dan juga beragam jenis ikan.

Jika sedang tak ada ombak, kamu bisa puas ber-snorkeling seharian, dan kemudian bisa kamu tutup dengan menikmati sunset yang indah.

Buat kamu yang hobi trekking, Pantai Asu juga menyediakan track yang menantang. Cobalah untuk kelilingi pulau ini dengan berjalan kaki. Tak hanya tubuh sehat yang kamu dapatkan, pemandangan luar biasa pun bisa kamu nikmati.

BACA JUGA:  7 Destinasi Wisata Alam Dunia yang Menawarkan Keindahan Luar Biasa - Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

 

Nah, itu dia 3 pantai di Nias yang menjadi surga peselancar dunia. Bahkan Pantai Sorake dan Pantai Lagundri menjadi lokasi tetap turnamen surfing internasional  lo. Well, kalau kamu mau ikut menikmati turnamen ini, ada baiknya kamu mulai mencari informasi sejak sekarang, girls. Supaya nggak kelewat jadwalnya.

Tapi sebenarnya pantai di Nias memang cantik-cantik. Ada banyak pantai yang juga berombak tenang sehingga cocok untuk dikunjungi oleh keluarga dan menjadi lokasi yang cocok buat renang-renang cantik atau bersnorkeling.

BiPer akan ulas pada artikel selanjutnya ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: