Kecantikan

Alergi Kulit Akibat Produk Kecantikan: Bagaimana Bisa Muncul?

Setiap produk baru, baik produk perawatan kulit, makeup, atau produk perawatan rambut, punya kemungkinan memicu reaksi dan alergi kulit.

BICARAPEREMPUAN.COM – Yes, sekecil apa pun reaksinya pasti akan membawa dampak, apa pun jenis kulit kita. Kalau reaksinya negatif, akibat yang ditimbulkan pasti kurang menyenangkan. Mulai dari meninggalkan bercak kemerahan, rasa gatal, muncul sisik, hingga bengkak.

Ini juga yang membuat suatu produk yang sama bisa beda reaksinya ketika digunakan oleh orang lain.

Lalu, apa yang membuat kulit kita beraksi terhadap sebuah produk?

Cara pakai yang salah, kebersihan yang diabaikan, adalah beberapa faktor eksternal yang bisa membuat suatu produk tak bekerja optimal dan malah menimbulkan alergi kulit.

Menurut Paula Begoun, pakar kesehatan kulit sekaligus penulis buku Don’t Go to The Cosmetics Counter Without Me, ada 5 penyebab alergi kulit terhadap suatu produk. Apa saja? Mari kita lihat.

5 Penyebab Alergi Kulit Terhadap Produk Kecantikan

Alergi Kulit Akibat Produk Kecantikan: Bagaimana Bisa Muncul?

1. Harmful ingredients

Produk-produk tertentu ada yang terbuat dari formula yang memang mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit. Misalnya, alkohol, zat pengawet seperti paraben, pewarna atau pewangi tambahan.

Bahan-bahan ini, jika tidak sangat perlu, memang sebaiknya dihindari, terlebih jika kulit kita tergolong sensitif karena dapat menimbulkan alergi kulit. Sebab kulit juga bisa bereaksi karena kumulasi dari pemakaian produk seperti ini dalam jangka waktu lama lo!

BACA JUGA:  Bebas Bekas Jerawat? Mau Banget Dong!

2. Kondisi kulit yang memang allergic

Kulit kita bisa sangat allergic terhadap kandungan bahan tertentu yang benar-benar nggak ada hubungannya dengan kualitas produk tersebut.

Kayak misalnya ada orang yang alergi terhadap bulu kucing, alergi terhadap tas kulit, (atau kita yang alergi terhadap dompet kosong. Eh, enggak ya?), dan sebagainya.

Kucingnya, atau tasnya (dan juga dompetnya) tak bermasalah dan tak bersalah, kan?

Yah, kalau sudah begini, lupakan saja produk tersebut selamanya, girls!

Begini Cara Mengatasi Kulit Kering yang Paling Jitu

3. Tak sesuai

Memakai produk kecantikan yang tak sesuai dengan kondisi kulit adalah salah satu penyebab umum yang paling sering terjadi, dan merupakan kekeliruan fatal yang sering secara tak sadar kita lakukan.

Misalnya, pakai produk penyerap minyak atau kosmetik berlabel matte-finish, padahal kulit kamu termasuk kulit kering. Nah lo!

Atau, menggunakan produk yang mengandung emollient di saat kulit kita sedang sangat berminyak atau sedang jerawatan. Ouch!

4. Wrong time schedule

Maunya untung, tapi malah buntung.

Hal ini bisa terjadi ketika kita memakai terlalu banyak produk “aktif” dalam waktu bersamaan. Produk antiaging, lotion antijerawat, tabir surya dan produk pencerah kulit bervitamin C, semuanya dipakai sekaligus.

BACA JUGA:  8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Agar Kamu Tampil Mempesona!

Ya, mungkin kita pikir pakai semua sekaligus tentu enggak akan bermasalah, atau justru dapat menghasilkan daya kerja yang luar biasa.

Nyatanya, menggunakan 3 jenis exfoliant pada saat bersamaan justru dapat meruntuhkan pertahanan alami kulit kita, sehingga memicu alergi kulit lo, girls!

Malah jadi bumerang kan, yang berakibat kulit menjadi sangat sensitif.

10 Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami dan Mudah Ditemukan

5. Reaksi sensitif

Ada beberapa orang yang memang kulitnya mudah mengalami alergi kulit dan reaktif terhadap kosmetik, apa pun material yang terkandung di dalamnya.

Kulit berjenis kering umumnya termasuk dalam kelompok ini nih. Terutama untuk produk yang mengandung fragrance atau ekstra wewangian dari jenis tanaman tertentu.

Kalau sudah begini, sebaiknya ya kamu atur lagi pemakaiannya, girls. Jangan dipaksain.

Nah, setelah melihat berbagai pemicu alergi kulit di atas, apakah sekarang kamu tahu apa penyebab alergi kulit yang kamu alami?

Kalau iya, yuk, segera cari cara mengatasinya, seperti berikut ini:

  • Pastikan produk yang kita pakai tidak mengandung bahan “bermasalah” yang bisa bikin alergi kulit.
  • Untuk menelusuri lebih lanjut, coba kurangi intensitas dan frekuensi pemakaian. Amati yang terjadi dan bandingkan saat pemakaian produk dihentikan. Kadang menggunakan produk yang sama dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi salah satu penyebab alergi kulit juga lo!
  • Berpihaklah pada label mineral active ingredients, atau bahan-bahan mineral alami. Contoh, pilihlah titanium dioxide atau zinc dioxide untuk bahan pembuat produk tabir surya. Mineral alami berformula lebih lembut dan minim risiko. Apalagi untuk pemakaian di sekitar area mata.
  • Jangan tunda, segera lakukan upaya pengobatan alergi kulit yang kamu alami.
BACA JUGA:  Bingung Memilih Warna Lipstik? Sesuaikan Saja dengan Zodiakmu!

Nah, selamat merawat kulitmu, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: