Penuaan Dini Ternyata Akan Paling Sering Terjadi di 4 Ruangan di Rumah Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Tanpa kita sadari garis halus pada sudut hidung dan mata pada wajah akan muncul seiring bertambahnya usia, dan itu terjadi pada saat menginjak usia 20 tahun ke atas. Munculnya garis halus, wajah menjadi kusam, dan membesarnya lubang pori-pori itulah yang disebut tanda-tanda penuaan. Nah, di beberapa kasus, terjadi pula penuaan dini lantaran polusi udara, iklim di sekitar, depresi, dan paparan langsung sinar UV.

Akan tetapi, girls, ada faktor-faktor yang berbeda yang tidak kita ketahui tentang hal-hal yang memengaruhi proses penuaan dini lebih cepat terjadi. Dokter bedah kulit Real Estat, Dr. Joel Schlessinger, mengemukakan bahwa berbagai ruangan di rumah dan kantor berkonstribusi terhadap penuaan dini lo!

Waduh! Coba yuk, kita lihat!

 

4 Ruangan di rumah yang bisa menyebabkan gejala penuaan dini muncul

 

Mau Perawatan Kulit yang Alami? Sediakan Saja 5 Bahan Berikut!

Kamar tidur

Kamar tidur merupakan ruangan tempat kamu menghabiskan waktu untuk beristirahat setelah seharian lelah beraktivitas ya, girls. Karena ruangan ini merupakan ruangan istimewa bagi kamu, pastinya kamu pun akan mendekorasi ruangan ini seindah mungkin dan serapi mungkin.

Namun yang menjadi faktor penyebab penuaan dini di sini bukanlah dekorasinya, melainkan propertinya atau perlengkapannya.

Terutama sih, AC. Lo kok? Mengapa AC dapat memengaruhi proses penuaan dini pada kulitmu?

Well, girls, sebenarnya ketika kamu sedang berada dalam ruangan yang ber-AC, maka kulitmu akan mudah keriput akibat dehidrasi. Tahu enggak sih, pada kondisi normal, terdapat kadar air 30% pada kulit. Sedangkan, pada suhu kamar ber-AC, kadar air yang tersedia pada kulit akan menurun menjadi 10% saja!

BACA JUGA:  Mengaplikasikan Cat Kuku Bisa Sedikit Tricky - Lakukan 5 Hal Berikut Agar Menghasilkan Kuku Cantik

Nah, ini nih yang menjadi penyebab mengapa kulit menjadi lebih cepat keriput.

So, buat kamu yang sering berada pada ruangan yang ber-AC, sebaiknya kamu lebih sering minum, girls, supaya terhindar dari dehidrasi.

 

Kantor

Di kantor, kamu mungkin menghabiskan sebagian besar waktu di depan komputer dan ponsel, sehingga membuat leher menjadi kaku dan tegang. Hampir semua orang menggunakan ponselnya sekitar tiga jam mungkin lebih.

Menurut Dr. Schlessinger, kulit halus pada leher tidak suka jenis tekanan fisik seperti itu, karena dapat merusak otot dan saraf seiring berjalannya waktu.

So, girls, cobalah untuk ubah caramu menggunakan ponsel dan atur posisi komputer dengan keadaan setinggi mata untuk membantu menghindari kerusakan pada otot dan saraf leher, yang juga bisa memunculkan gejala penuaan dini lebih cepat.

Selain itu, kalau kantor kamu juga menggunakan lampu jenis fluoresens, sebaiknya kamu juga waspada, girls. Dikutip dari Daily Makeover, Dr. S. Manula Jegasothy pendiri Miami Skin Institute mengatakan, bahwa lampu fluoresens menyerap sinar radiasi elektromagnet lain. Jadi, kalau kamu berada di bawah cahaya lampu ini selama 8 – 10 jam setiap hari, maka dapat dipastikan kamu akan mengalami proses penuaan dini.

BACA JUGA:  Begini Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan 5 Bahan

Waduh!

 

Ruang Makan

Apabila mendengar kata ruang makan, pasti identik dengan makanan dan minuman.

Nah, kalau kamu suka makan makanan junk food secara berlebihan di ruangan ini, maka akan berdampak mempercepat penuaan dini terjadi, girls. Begitu pun dengan makanan dengan kandungan gula dan alkohol yang berlebihan, bisa membuat kulitmu dehidrasi dan meradang.

Yah, bukannya dilarang sama sekali juga sih, karena makan junk food itu kadang juga bikin hepi. Iya nggak? Tapi, jagalah supaya tetap dalam porsi yang seimbang dengan memperbanyak pula buah dan sayuran sehat. Deal?

 

Kamar mandi

Kamar mandi menjadi ruangan terakhir yang bisa menjadi lokasi penuaan dini terjadi.

Membersihkan diri dari kuman, bakteri dan debu mungkin memang hanya menyiram tubuh dengan air dan sabun. Tapi ternyata, ada beberapa hal lain yang harus diwaspadai di kamar mandi yang bisa menyebabkan penuaan dini:

  • Kandungan Bisphenol A (BPA) dan triclosan dalam sabun mandi yang kita pakai bisa menimbulkan kanker. Terutama sih keduanya terdapat dalam sabun antiseptik, girls.
  • Tirai shower yang kotor dan tak pernah dibersihkan ternyata bisa menjadi sarang 80% kuman yang ada dalam kamar mandi lo! Hal ini dapat menyebabkan infeksi kemih, radang paru-paru, dan luka pada usus.
  • Bahan kimia yang terdapat dalam cairan pembersih kamar mandi yang cuma tinggal semprot tanpa digosok  itu umumnya mengandung bahan kimia yang dapat memicu kanker. Mendingan gunakan cuka apel atau baking soda untuk lebih amannya.
  • Mandi menggunakan air panas dapat membuat kulit cepat kering, sehingga rentan penuaan dini dan mudah untuk iritasi. Lebih amannya, gunakan air hangat suam kuku. Air dingin sih paling baik.
BACA JUGA:  5 Tip Agar Kerja Lembur Kamu Lebih Efisien

Nah, selain di kamar mandi, barangkali kamu pun sering berhubungan dengan air di tempat lain. Berenang, misalnya. Berendam dalam air kaporit bisa membuat produksi radikal bebas pada tubuh meningkat. Jadi, jangan lupa untuk segera membilas diri setiap kali kamu selesai berenang ya.

 

Demikian beberapa ruangan yang ternyata menjadi lokasi terjadinya penuaan dini lebih cepat pada diri kita. Jadi gimana dong? Apakah kita lantas enggak boleh memasuki ruangan-ruangan tersebut? Ya, enggak juga sih. Tapi ada baiknya kamu mengubah beberapa hal agar kemudian menyehatkan kulitmu, sehingga lebih awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.