Hobi

7 Penyebab Baterai Boros pada Smartphone Kamu

Salah satu hal penting dalam hidup kekinian adalah smartphone yang selalu ada dalam genggaman. Tapi apa jadinya kalau punya baterai boros?

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu pasti pernah ngerasain ya, betapa paniknya kita saat baterai ponsel habis. Segala cara dilakukan, mulai dari mengisi ulang baterai di setiap tempat, sampai membawa power bank hanya supaya kamu bisa mengisi ulang baterai di mana pun dan kapan pun.

Meski sudah mengisinya hingga penuh, namun kadang kamu tetap sering mendapati baterai ponsel cepat habis. Duh, kok bisa ini baterai boros banget ya? Apanya yang salah? Kalau lagi ada sesuatu yang urgent dan penting, pasti rasanya jengkel banget ya, girls?

Jika ini terjadi, coba periksa kembali beberapa pengaturan pada ponsel kamu, karena bisa jadi cara kamu memakai smartphone-mulah penyebab baterai boros. Wah, apa saja tuh?

7 Penyebab baterai boros pada smartphone

1. Tingkat kecerahan layar

5 Aplikasi Handphone untuk Membantumu Mengurangi Kebiasaan Buruk

Yang pertama harus kamu cek adalah tingkat kecerahan atau brighness. Semakin terang layar, maka semakin besar penyerapan energi baterai.

Karena itu, aturlah kecerahan layar pada posisi yang tidak terlalu terang tapi cukup nyaman untuk mata. Di beberapa smartphone, brightness atau tingkat kecerahan layar ini bisa dibikin otomatis–saat gelap ia akan menggelap, demikian juga ketika dipakai dalam kondisi terang, ia akan menyesuaikan.

BACA JUGA:  Mendengarkan Musik dan 5 Fakta Luar Biasa di Baliknya

2. Sinkronisasi data

Gadget Android biasanya akan melakukan sinkronisasi seluruh data kamu dengan akun Google kamu yang kamu gunakan. Ini memang berguna bagi beberapa hal seperti kalender dan email, namun bisa menghabiskan energi baterai jika melakukan sinkronisasi untuk foto, Ma. Apalagi kalau berulang-ulang, pantas saja deh baterai boros.

Untuk memastikan gadget kamu nggak melakukan sinkronisasi secara konstan atau terus menerus, coba atur apa saja hal yang perlu dan nggak perlu disinkronisasi. Kamu bisa mengaturnya di bagian Setting.

3. Wallpaper animasi dan nada getar

Tanpa disadari, keduanya bisa menyerap energi baterai smartphone kamu lo, girls!

So, kalau memang nggak perlu, mendingan ganti saja dengan wallpaper foto biasa, dan nonaktifkan nada getarnya. Dengan demikian, kamu bisa meminimalkan penyebab baterai boros, kan jadi terbuang sia-sia.

4. Screen time-out

Ini juga bisa jadi salah satu penyebab baterai boros yang enggak kerasa lo, girls. Untuk meminimalkannya, coba deh atur pada posisi tidak aktif dalam waktu satu menit paling lama, untuk mengurangi penggunaan daya baterai.

Kalau ponsel kamu sudah menggunakan layar Amoled, gunakan warna hitam untuk home screen, karena layar ini menggunakan energi yang lebih sedikit bila layarnya gelap.

7 Penyebab Baterai Boros pada Smartphone Kamu

5. Aplikasi mobile

Usahakan agar berbagai aplikasi dalam ponsel kamu tetap update karena aplikasi terbaru biasanya sudah menyelesaikan permasalahan bug yang bisa menyebabkan baterai boros.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Android Selain Tik Tok Buat Kamu yang Suka Musik

Selain itu, uninstall aplikasi yang tidak pernah kamu pakai. Saran lainnya, bila ada aplikasi yang kamu gunakan secara regular, lebih baik gunakan yang versi berbayar, girls. Yah, aplikasi gratis memang asyik sih, tapi kadang suka muncul iklan-iklan yang ternyata bisa menyerap baterai karena mengonsumsi koneksi data kamu.

6. GPS, NFC, dan Wi-Fi

Nah, satu lagi yang kadang jadi penyebab baterai boros colongan, yaitu settingan GPS, NFC, dan Wi-Fi.

Gunakan GPS, NFC dan Wi-Fi sesuai kebutuhan, seperti saat membutuhkan navigasi peta atau check in di media sosial untuk GPS, dan bertukar data dengan NFC.

Sebaiknya matikan Wi-Fi saat nggak dipakai. Bahkan, kalau kamu berada di lokasi yang jaringan datanya masih buruk, sebaiknya matikan juga mobile data kamu. Toh, kamu masih bisa dihubungi via SMS ataupun telepon kan.

Smartphone yang terus berusaha mencari sinyal maupun jaringan Wi-Fi bisa sangat boros baterai, jadi sesuaikan saja dengan kondisi. Itu akan lebih aman.

7. Media sosial

Media sosial mungkin merupakan bagian penting dalam hidup kamu ya, sebagai generasi zaman now, tapi terlalu banyak log in ke media sosial juga bisa menjadi penyebab baterai boros lo.

BACA JUGA:  Hobi Belanja Online? Nggak Masalah Asal Perhatikan 11 Hal Ini!

Tahukah kamu, Facebook berada di peringkat teratas media sosial yang menghabiskan banyak baterai dengan rate 1297.5mW. Foursquare di posisi ketiga dengan rate 1087 mW. Snapchat di posisi keempat dengan rate sebesar 974.5 mW.

Jadi, sebaiknya log out saja dari media sosial yang jarang kamu tengok.

Nah, semoga dengan begini, kamu nggak lagi mengalami baterai boros ya, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: