Kecantikan

7 Penyebab Bibir Gelap dan Tak Sehat

Punya warna bibir gelap? Duh, pasti jadi nggak pede deh!

BICARAPEREMPUAN.COM – Bibir ideal adalah bibir yang lembap dan berwarna merah merona alami.

Kalau kamu punya bibir yang cenderung berwarna gelap dan kurang sehat, maka ayo, kita atasi dengan mencari dulu penyebabnya.

7 Penyebab Bibir Gelap

4 Gejala Bucin - Diemin Aja atau Atasi?

1. Panas matahari

Efeknya sama seperti pada kulit, sinar matahari bisa mengakibatkan warna bibir gelap. Paparan sinar matahari secara terus menerus dapat membakar kulit bibir.

Sinar UV mengakibatkan defisit melanin yang memicu melasma atau hiperpegmentasi, ditandai dengan menghitamnya bibir bagian atas.

Untuk menghindari bibir gelap akibat paparan sinar matahari, kamu bisa mengaplikasikan pelembap bibir yang mengandung SPF setiap 30 menit sebelum kamu keluar rumah, girls.

2. Bahan dasar lipstik

Perempuan menggunakan lipstik agar terlihat cantik, menarik, dan segar. Namun, perlu diingat nih, bahwa ada beberapa kandungan dalam lipstik yang justru dapat menyebabkan warna bibir gelap.

Bahan dasar seperti timah dan parafin nggak saja menyebabkan diskolorasi pada bibir, tetap juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sebelum kamu membeli lipstik, perhatikan deh kandungannya.

BACA JUGA:  Merawat Kulit Putih Langsat Tanpa Makeup, Kamu Hanya Perlu Memperhatikan 1 Hal Ini Saja!

Jangan lupa, hapus lipstik sebelum kamu tidur untuk menghindari penumpukan zat-zat kimia pada bibir.

3. Kebiasaan merokok

Rokok adalah faktor utama diskolorasi pada bibir hingga menyebabkan warna bibir gelap. Kandungan nikotin di dalamnya membuat bibir kering, pecah-pecah, dan menghitam.

4. Kopi dan teh panas

Aroma kopi panas memang sungguh menggoda ya, girls? Banyak juga yang suka mengawali hari dengan secangkir kopi, atau setidaknya teh panas.

Walau menyegarkan dan bisa menghilangkan rasa penat sejenak, terlalu banyak minum kopi atau teh panas juga enggak baik untuk tubuh.

Minum lebih dari 2 cangkir kopi atau teh panas dalam sehari akan berdampak kurang baik untuk kulit wajah, termasuk dapat menyebabkan warna bibir gelap. Bahkan, dalam jangka waktu panjang, kopi dan teh bisa meninggalkan noda pada gigi.

Kecanduan Minum Kopi? Ini Dia 6 Cara untuk Menghilangkannya

5. Hormon

Estrogen merupakan hormon yang paling berperan dalam kinerja tubuh perempuan. Nggak hanya untuk reproduksi, estrogen juga memiliki andil dalam proses regenerasi kulit, termasuk kulit bibir kamu, girls.

Usia yang semakin bertambah membuat kadar estrogen menurun, sehingga kulit pun nggak mampu beregenerasi kembali. Termasuk kulit bibir kita. Inilah yang menyebabkan warna bibir gelap ketika hormon estrogen kita berkurang.

BACA JUGA:  6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

6. Anemia

Anemia atau kekurangan zat besi dapat menyebabkan diskolorasi sehingga membuat warna bibir gelap.

Anemia biasanya dialami oleh ibu hamil, yang terjadi akibat jumlah oksigen yang membawa hemoglobin kurang dari normal. Kondisi kurangnya hemoglobin yang ada pada sel darah turut memberikan dampak pada warna bibir kamu, girls.

Diskolorasi ini dapat berupa warna bibir menghitam atau membiru, terutama saat cuaca dingin.

7 Penyebab Bibir Gelap dan Tak Sehat

7. Gangguan makan

Memiliki gangguan makan berarti kekurangan pasokan nutrisi ke dalam tubuh. Gangguan makan dapat berupa bulimia, anorexia nervosa, ataupun diet yang tidak sehat.

Masalah-masalah tersebut dapat mengakibatkan kerusakan-kerusakan pada bibir, perubahan warna kulit, salah satunya–termasuk mengubah warna bibir gelap.

Hal ini nggak aneh, girls, mengingat kulit dan tubuh tidak mendapatkan asupan gizi baik yang cukup dari berbagai makanan sehat yang kita konsumsi. Terutama sayur, buah, dan air, karena ketiganya berperan besar pada kulit yang sehat dan cerah.

Pelajari cara diet yang benar dan pastikan asupan nutrisi kamu untuk tubuh mencukupi.

BACA JUGA:  7 Perawatan Wajah Secara Alami Sebelum Tidur, Agar Kulit Wajah Sehat dan Segar

Kulit pada bibir termasuk bagian tubuh yang paling sensitif dan memperlihatkan kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Karena itulah, penting bagi kamu untuk senantiasa menjaga dan merawat bibir secara rutin, apalagi jika ada perubahan warna kulitnya. Warna bibir gelap bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuhmu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: