Kesehatan

3 Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

Apa sih yang menjadi penyebab haid tidak teratur tiap bulan? Nggak semua karena keturunan lo!

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu termasuk perempuan yang haidnya tak menentu waktunya setiap bulan? Bahkan mungkin lewat sampai beberapa bulan, atau bahkan sama sekali nggak datang padahal kamu masih muda?

Well, iya, sewajarnya sih, pada perempuan dengan kondisi tubuh yang normal, menstruasi atau haid ini terjadi setiap 24 – 36 hari sekali, dengan waktu haid sekitar 4 – 7 hari. Bisa saja berbeda rentang dan durasinya, karena tergantung kondisi tubuh kita sendiri. Tapi biasanya sih memang berada di rentang tersebut.

Lalu, yang bagaimana yang disebut haid tidak teratur itu? Yang disebut sebagai haid tidak teratur biasanya adalah haid yang terjadi kurang dari 21 hari setelah haid sebelumnya, atau lebih dari 40 hari setelah haid terakhir.

Kenapa bisa terjadi? Ada yang bilang karena keturunan. Maksudnya, mungkin ibunya juga mempunyai jadwal haid yang tidak teratur, makanya anak perempuannya juga ikut kurang teratur dapat menstruasi.

Tapi apakah benar alasannya hanya karena keturunan? Hmmm, belum tentu lo. Setidaknya ada 3 penyebab haid tidak teratur tiap bulan. Apa saja? Kita lihat yuk.

3 Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

3 Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

1. Stres dan Depresi

Setiap orang memang memiliki tingkat stres yang berbeda-beda, sedangkan depresi akan timbul ketika tingkat stres seseorang mulai menumpuk dan akhirnya memburuk.

BACA JUGA:  Kecanduan Minum Kopi? Ini Dia 6 Cara untuk Menghilangkannya

Parahnya, stres bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya ketidakteraturan sirkulasi haid. Ini dia yang menjadi penyebab haid tidak teratur tiap bulan.

Ketika otak dipenuhi pikiran yang membuat stres, maka hal ini bisa memengaruhi cara kerja anggota tubuh yang lain juga.

So, coba deh, girls. Hindarkan stres, dan jauhi depresi. Agar terhindar dari stres, coba lakukan kegiatan yang kamu suka. Tekuni hobi yang membuatmu merasa bahagia. Kelilingi juga dirimu sendiri dengan orang-orang yang membawa good vibes. Jauhi mereka-mereka yang toxic.

2. Sindroma Asherman

Apa itu sindroma Asherman, dan mengapa bisa menjadi penyebab haid tidak teratur tiap bulan?

Sindrom ini merupakan kumpulan gejala terjadinya pelengketan pada rahim. Penderitanya akan mengalami pengurangan menstruasi, meningkatnya kejang perut dan rahim. Bahkan bisa saja terjadi efek seperti tidak mengalami haid yang akhirnya bisa menyebabkan kemandulan.

Ouch!

So, girls, jika kamu mengalami haid tidak teratur tiap bulan, dan diiringi oleh rasa kram perut yang menyakitkan, ada baiknya kamu segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Utarakan apa saja keluhanmu, dan patuhi nasihatnya ya.

BACA JUGA:  Contoh Menu Diet Sehat dan Mudah dengan Kalori Terkontrol Saat Makan Siang

3. Kurangnya Asupan Nutrisi

Biasanya tubuh memang akan memberikan sinyal-sinyal tertentu saat ia kekurangan zat atau nutrisi yang dibutuhkannya. Bentuk sinyalnya berbeda-beda setiap orang. Nah, salah satunya bisa saja dengan tidak teraturnya haid ini, girls.

Bisa jadi, memang tubuh kamu kurang nutrisi karena kamu diet ketat sehingga mengurangi zat-zat tertentu yang dibutuhkan. Bisa saja kan? Karena itu, coba dicek lagi deh. Apakah menu dietmu sudah benar-benar sehat dan tetap bisa memenuhi gizi yang dibutuhkan?

Untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C dan beta karoten tinggi. Di antaranya wortel, bayam, brokoli, labu kuning, ubi jalar, jeruk, kiwi, apel, dan delima.

So, jangan pernah dilewatkan ya, girls, makanlah makanan yang sehat dan bergizi, dengan jadwal yang teratur. Jangan terlalu banyak skip makan. Selain memengaruhi sistem pencernaan, kalau kamu suka melupakan makan, metabolisme tubuhmu juga akan terpengaruh lo.


Nah, itu dia 3 penyebab haid tidak teratur tiap bulan yang mungkin memengaruhi siklus menstruasimu.

Kalau mau lebih jelas sih, sebaiknya kamu segera membuat janji untuk berkonsultasi dengan dokter. Ada baiknya kamu tak mengabaikan kondisi tubuhmu ini, girls, karena sesuatu yang tidak biasanya bisa saja menjadi satu sinyal bahwa ada yang salah dalam tubuhmu.

BACA JUGA:  Lakukan Olahraga Saat Haid Supaya Tubuh Makin Sehat, Terutama 3 Olahraga Ini!

Bukankah akan lebih baik jika semua bisa diketahui dengan jelas penyebabnya di awal, sehingga bisa dilakukan beberapa tindakan perbaikan lebih dini?

Begitu juga dengan permasalahan haid tidak teratur tiap bulan ini.

So, segera perbaiki pola hidupmu, atau segera temui dokter ya. Semoga tidak ada yang serius terjadi padamu. Jangan lupa juga untuk tetap teratur berolahraga ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: