Opini & Peristiwa

8 Perempuan Kuat, Hebat, dan Pemberani yang Mengubah Dunia

Bulan April identik sebagai bulan perempuan. Yuk, simak kisah beberapa perempuan kuat pengubah dunia ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Apakah perempuan kuat itu berarti yang mampu ngeganti galon sendiri? Atau yang sanggup benerin genteng sendiri?

Well, kuat itu bisa kita definisikan secara luas, girls, tidak hanya aspek fisik, melainkan juga aspek batin, mental, dan psikologis. Kalo definisi kuat itu sempit, maka orang sehebat Helen Keller nggak akan masuk kategori kuat karena dia tuna netra dan tuna rungu. Padahal kita tahu Helen Keller sangat dihormati di bidang literasi dan pendidikan.

Untuk bisa menjadi perempuan kuat terlebih dahulu kita harus meng-unlock pola pikir kita yang didasarkan pada pemahaman kita mengenai hidup ini. Dan untuk meng-unlock pola pikir, kita harus banyak belajar dan melatih diri agar tidak terlalu dibuai perasaan. Alias baperan.

Belajar pun bisa melalui banyak cara, girls, baik itu melalui tulisan dengan membaca maupun mengamati kejadian dan pengalaman hidup orang lain. Tak harus dari guru atau dosen, kita bahkan bisa belajar dari para motivator dunia tanpa perlu ke mana-mana. Bahkan, dengan akses informasi yang bejibun di era digital saat ini, bikin nggak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak mau mengembangkan potensi diri.

Banyak perempuan terdahulu yang membaktikan hidup mereka demi perubahan ke arah yang lebih baik; menyebarkan pengetahuan, mengejar impian, memberikan inspirasi pada sesama.

Nah, BiPer juga mau membahas 8 perempuan kuat yang inspiratif, yang tak kenal takut, dan mengubah sejarah melalui tindakan hidupnya.

BACA JUGA:  Anggun C Sasmi Pindah Warga Negara Prancis - Kamu Mau Ikutan?

Well, memang membahas 8 perempuan ini tergolong sedikit ya, sebab ada ribuan perempuan hebat yang kehidupannya pantas untuk dikupas tuntas sebagai inspirasi. Tapi semoga saja 8 perempuan inspiratif ini mampu membuatmu segera bertindak mewujudkan impian yang masih tertunda.

Berikut Ini adalah 8 Perempuan Kuat Sepanjang Sejarah

1. Sojourner Truth (1797-1883)

Perempuan kuat - Sojourner Truth.
Sojourner Truth. Via Everyday Power

Nama asli perempuan kuat pertama ini adalah Isabella Baumfree, ia lahir dari keluarga budak di Amerika Serikat dan mengganti namanya setelah merdeka.

Truth adalah budak perempuan pertama yang berhasil memenangkan perkara hukum melawan pria kulit putih karena menjual anak laki-lakinya yang masih berusia 5 tahun.

Sepanjang hidup Truth aktif dalam gerakan kesetaraan gender dan abolisi perbudakan Amerika Serikat. Perkataannya yang paling terkenal adalah “Ain’t I a woman?” saat berpidato di Women’s Rights Convention.

Kegigihan Truth ini masih menginspirasi banyak perempuan AS hingga saat ini. Bahkan seorang cendekiawan dan aktivis perempuan, Bell Hooks, menggunakan ucapan Truth sebagai judul buku seminal-nya yang membahas masalah sosial kontemporer.

2. Elizabeth Blackwell (1821-1910)

Perempuan kuat - Elizabeth Blackwell
Elizabeth Blackwell. Via PBS

Dia adalah perempuan kuat pertama yang memperoleh gelar medis dari Amerika Serikat.

Meskipun terus mendapatkan diskriminasi sepanjang karirnya, namun Blackwell mampu mengubah standar penanganan kesehatan bagi pasien. Dalam bukunya yang berjudul Pioneer Work in Opening the Medical Profession to Women dia menulis, “It is not easy to be a pioneer-but oh, it is fascinating!”

3. Nellie Bly (1846-1922)

Perempuan kuat - Nellie Bly
Nellie Bly . Via PBS

Lahir di Pennsylvania, bernama asli Elizabeth Cochrane, Bly adalah jurnalis perempuan pertama yang memberontak terhadap diskriminasi gender.

BACA JUGA:  Tradisi Rayakan Cinta di Hari Valentine di Berbagai Negara

Bly bahkan menjadi perempuan kuat yang pertama berani berkeliling dunia sendiri tanpa ditemani laki-laki, dan menulis topik-topik yang sarat dengan polemik bahkan berbahaya.

Di masa industrialisasi, Bly menjadi salah satu dari sedikit perempuan yang menjadi presiden perusahaan besar (Clad Manufacturing Co.).

4. Madam C.J. Walker (1867-1919)

Perempuan kuat - Madam C.J. Walker
Madam C.J. Walker. Via Manor Edu

Walker adalah seorang miliuner wanita kulit hitam pertama yang berhasil mengubah standar kecantikan yang saat itu masih didominasi feminitas kulit putih.

Selain itu ia juga seorang dermawan yang menyumbangkan hartanya untuk kemanusiaan dalam jumlah besar.

5. Marie Curie (1867-1934)

Perempuan kuat - Marie Curie
Marie Curie. Via Brain Pickings.

Madam Curie adalah perempuan kuat peraih Nobel atas gebrakannya di 2 bidang sains, yaitu fisika dan kimia.

Curie berasal dari Polandia yang saat itu sudah memiliki pandangan maju tentang kesetaraan gender. Istilah ‘radioactive’ adalah ciptaan madame curie yang menemukan aktivitas radioaktif dari dua elemen kimia radium dan polonium.

6. Margareth Sanger (1879-1966)

Perempuan kuat - Margareth Sanger
Margareth Sanger. Via LifeSiteNews.

Lahir dari keluarga besar yang miskin membuat Sanger peduli pada konsep yang disebut Planned Parenthood dan mendirikan liga kelahiran terkontrol AS.

Sanger prihatin dengan rendahnya sumber pendapatan keluarga AS yang tidak seimbang dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga. Terlebih saat ia menyaksikan sendiri bagaimana ibunya bertahan saat mengandung dan melahirkan 18 anak dan menderita TBC, yang akhirnya hanya ada 11 bayi yang selamat.

Sanger pernah ditahan beberapa kali terkait penyebaran informasi yang dilakukannya mengenai kontrasepsi. Saat itu kontrasepsi masih ilegal dan Sanger adalah perintis gerakan hak reproduksi, meski dianggap kontroversi sepanjang waktu.

BACA JUGA:  7 Tradisi Bulan Puasa yang Sangat Unik dari Berbagai Negara

7. Amelia Earhart (1897-1937)

Perempuan kuat - Amelia Earhart
Amelia Earhart. Via NBC News

Perempuan kuat satu ini adalah pilot wanita pertama yang terbang melintasi samudera Atlantik tanpa seorang pun yang menemani.

Dia juga memecahkan rekor altitude di tahun pertama setelah resmi memiliki izin terbang. Antusiasme, semangat dan keberaniannya dalam berpetualang melalui udara menjadi catatan tersendiri di sejarah aviasi.

Saat di udara, Earhart aktif mengadvokasi peran perempuan di sektor penerbangan.

8. Frida Kahlo

Perempuan kuat - Frida Kahlo
Frida Kahlo. Via fridakahlo.org

Frida Kahlo adalah pelukis surealist dan self-portraitist yang mengekspresikan kecantikan aesthetic personalnya dan ideologi unconventional controversial dalam setiap lukisannya.

Melalui bakat visualnya ia membubuhkan pesan tentang feminitas, peran gender dalam keluarga, pembagian ras dan strata sosial di masyarakat Meksiko.

So, apakah kamu yang akan menjadi perempuan kuat selanjutnya yang akan mengubah dunia, girls?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: