Jadi Perempuan Mandiri dan Smart, 5 Hal Inilah yang Harus Kamu Lakukan

BICARAPEREMPUAN.COM – Menjadi pribadi perempuan mandiri dan smart pastinya penting ya, girls, buat kamu? Karena di zaman sekarang, kalau seorang perempuan pengin sukses, sekadar memiliki paras cantik saja itu nggak cukup.

Karakter yang kuat seperti ini tentu akan mendukung kita untuk meraih sukses, dalam karier, dalam keluarga kelak, dan hal apa pun.

 

So, berikut ini adalah cara agar kamu bisa mengembangkan pribadi kamu sebagai perempuan mandiri dan kuat

1. Gunakan tata bahasa yang baik saat berbicara

Berbicara dengan tata bahasa yang baik, bukan berarti kamu harus selalu mengucapkan kata-kata atau kalimat dalam ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan itu, girls. No.

Tetapi lebih pada gaya berbicara yang sopan. Kamu harus tahu betul perbedaan antara kata yang ‘pantas’ dan ‘tidak pantas’ untuk diucapkan. Intinya, seorang perempuan cerdas tidak akan asal ceplas-ceplos.

Selain itu, bahasa yang kamu gunakan juga perlu disesuaikan dengan orang yang diajak berbicara. Apabila itu orang yang lebih tua atau atasan, maka harus lebih beretika ya, girls! Sebaliknya, bila berbicara dengan teman bisa lebih santai.

 

2. Open minded

Menjadi seseorang yang cerdas bukan berarti tak mau mendengarkan pendapat orang lain, ya! Bukan berarti kamu yang paling pintar.

BACA JUGA:  9 Cara Menikmati Hidup to The Fullest!

Cerdas berarti mau mendengarkan opini atau sudut pandang dari berbagai pihak, sekalipun itu kontras dengan pemikiranmu sendiri.

Ya, dengan kata lain, kamu perlu bersikap open minded–atau berpikiran terbuka. Nggak perlu marah-marah kalau ada orang yang beda pemikian denganmu.

Cukup dengarkan saja.

Kalau toh kamu yakin prinsip yang kamu pegang sudah benar. maka pertahankan. Tapi jika perlu berdebat, lakukan secara elegan tanpa perlu emosi.

Intinya, seorang perempuan mandiri tidak akan membatasi pikirannya sendiri. Dengarkan perkataan orang lain, saring, ambil yang benar dan jika itu salah, maka tinggalkan.

 

3. Lebih banyak mendengar, kurangi berbicara

Ada beberapa orang yang merasa smart, lalu mereka berusaha menunjukkan kecerdasannya itu dengan ‘banyak berbicara’ untuk membuat orang lain terkesan.

Well, sebenarnya sikap tersebut justru malah tak menunjukkan kalau kita adalah perempuan mandiri dan smart, girls.

Berbicara memang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Tapi bila berlebihan malah bikin ilfeel! Sebab kesannya jadi seperti ‘sok tahu’ dan ‘cerewet’.

Ingat kan, kata pepatah ‘tong kosong nyari bunyinya’?

BACA JUGA:  Mau Tahu Tipe Kepribadian Kamu? Gampang, Lihat Saja Bagaimana Kamu Membawa Tas!

Maka dari itu, jika kamu ingin membentuk pribadi perempuan mandiri dan smart, maka belajarlah untuk lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara.

Dengan mendengar, kamu bisa memperoleh wawasan baru lewat sudut pandang dari orang lain.

 

4. Sering-seringlah membaca

Untuk menjadi perempuan smart, tentunya kamu akan selalu perlu untuk menambah ilmu. Salah satu caranya dengan banyak membaca.

Ya, meskipun mungkin kamu sudah kelar sekolahnya, girls, tapi membaca itu tetaplah aktivitas yang penting banget ya. Kalau kamu mengembangkan karakter dan juga otakmu, maka baca, baca, dan baca. Baca apa saja, kamu bisa mencari bacaan yang menurutmu menarik dan bermanfaat untukmu. Misalnya esai, artikel, novel, puisi atau lainnya.

Semakin sering kamu membaca, maka pengetahuan kamu juga akan semakin luas.

Alhasil, kamu akan mudah menemukan ide-ide baru dalam menyelesaikan masalahmu sehari-hari.

 

5. Berani mengakui kesalahan

Warren Buffet pernah bilang, orang cerdas yang pernah ditemuinya biasanya merupakan orang yang berani mengakui kesalahan, jika ia memang salah.

Well, di dunia ini nggak ada yang namanya manusia tanpa celah. Setiap orang pasti punya kekurangan dan keterbatasan. Begitu pun dengan diri kamu, iya kan? Ada kalanya manusia itu khilaf, lalu berbuat kesalahan.

BACA JUGA:  Kamu Jomblo Sementara Teman-Temanmu Sudah Menikah? Nggak Perlu Galau, Girls!

Apabila kamu melakukan sesuatu yang salah atau kurang pada tempatnya, maka segeralah akui kesalahan kamu dan meminta maaflah. Tidak perlu malu, tidak perlu takut dibully, atau diremehkan.

Justru dengan mengakui kesalahan itu mencerminkan sikap sportif, jujur dan bertanggung jawab.

 

So, girls, pada intinya, menjadi perempuan mandiri dan smart itu akan terbentuk secara alami tanpa perlu dibuat-buat. Kamu hanya perlu memperbanyak ilmu dengan membaca, dan yang terpenting jangan menjadi seseorang yang sombong, dan kerap meremehkan orang lain.

Ingat ya, bulir padi yang semakin padat akan semakin merunduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.