Pendidikan

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Masa Persiapan Sebelum Kuliah (Lagi)

Mau kuliah lagi, girls? Sudah mempertimbangkan 5 hal ini untuk persiapan sebelum kuliah belum?

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, girls! Zaman sekarang, sebagai seorang perempuan modern, kita memang dituntut untuk meraih pendidikan tinggi ya? Apalagi untuk kita yang career-oriented, para workaholic, dan perempuan-perempuan cerdas yang haus berkarya.

Punya pendidikan tinggi itu barangkali adalah goals tertinggi untuk hidup kita.

Namun, memang tak semuanya punya kesempatan untuk bisa balik kuliah lagi, demi meraih pendidikan tinggi. Selalu ada hal yang harus kita pertimbangkan masak-masak, sebelum akhirnya memutuskan mau kuliah lagi.

Nah, jika kamu termasuk salah satu dari mereka yang memang sudah bulat memutuskan untuk kuliah lagi, tetap saja ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan lagi di masa persiapan sebelum kuliah. Apa saja? Coba kita lihat yuks.

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Masak-Masak di Masa Persiapan Sebelum Kuliah (Lagi)

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Masa Persiapan Sebelum Kuliah (Lagi)

1. Tujuan belajar

Nggak mungkinlah kamu menyia-nyiakan kesempatan belajar lagi yang tak didapatkan oleh semua orang ini begitu saja kan?

Nah, sebagai awal, kamu harus bisa mencari tahu dulu apa yang bisa dipelajari, dan tentukan apa tujuan dan goal yang ingin kamu capai. Pertimbangkan alasan mengapa kamu mau mempelajari sesuatu dan cari tahu manfaatnya.

Tentu saja, akan baik jika tujuan kamu belajar ini adalah agar bisa mendukung kamu menaiki jenjang karier yang lebih tinggi, bukan? Nah, dengan demikian, tentukanlah goal yang ingin kamu capai itu sejak awal.

BACA JUGA:  Belajar Bahasa Ketiga dan Taklukkan Dunia Yuk!

Goals yang kamu tentukan ini juga bakalan menjadi motivasi nomor satu agar kamu bisa lancar kuliahnya sampai selesai lo, girls.

2. Posisi diri

Setelah memiliki goal, tariklah ke posisi yang sekarang kamu miliki.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan diri sehingga goal bisa lebih cepat tercapai?

Nah, kalau kamu sudah tentukan goals, dan sudah sesuaikan pula dengan posisimu sekarang, maka pilihlah ilmu yang bisa mengarahkan kita ke goal tersebut.

3. Waktu

Waktu memang biasanya menjadi masalah utama yang harus segera dicari solusinya.

Tahu sendirilah, bagaimana sibuknya kita, ya kan? Tapi demi upgrade diri, kamu harus bisa mengelola waktu dengan baik, membagi perhatian antara kuliah dan kerja.

Yang tahu, seberapa banyak waktu yang kamu punya adalah dirimu sendiri. Jadi, cobalah untuk menyempatkan diri melihat jadwal kesibukan kamu. Prioritaskan tujuan belajarmu untuk kali ini. Kurangi kegiatan-kegiatan yang mungkin kurang perlu atau bisa ditunda.

Kalau ternyata setelah diatur ulang, ternyata kamu ada sisa waktu yang cukup banyak, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil jalur pendidikan formal.

BACA JUGA:  Sedikit Tip Memilih Universitas Terbuka yang Sesuai

Namun, kalau kamu hanya punya waktu hanya sedikit, pendidikan nonformal pun bisa dijadikan pilihan.

Yang penting, harus sesuai dengan goals kamu ya.

4. Keluarga

Kalau kamu belum menikah tapi sudah punya pacar, ada baiknya kamu mendiskusikannya juga dengannya, girls. Selain untuk mendapatkan dukungan, bisa jadi nanti waktu berduaan dengannya akan sedikit berkurang lantaran kesibukanmu kuliah sambil kerja.

Jadi, sebaiknya dia memang sudah tahu dari awal.

Selain itu, kamu juga harus mengomunikasikannya dengan keluargamu. Pada intinya, jangan sampai kamu memaksakan untuk mengambil sesuatu yang kemudian memberatkan keluarga.

5. Biaya

Biaya belajar harus sesuai dengan kantong kamu, karena kalau dipaksakan hanya akan membebani diri kita snediri. Kita harus bijak dalam memikirkan hal ini.

Semua juga tahu kalau biaya pendidikan itu tak ada yang murah. Jadi, kamu juga harus sudah memikirkan hal ini, baiknya sih jauh di masa persiapan sebelum kuliah ya?

Apa yang akan kamu lakukan untuk menutup biaya kuliah yang tak sedikit ini? Apakah kamu sudah mempersiapkan dana pendidikan sejak awal? Kalau iya, tentunya separuh masalah sudah terpecahkan ya?

Tapi kalau belum ada, lalu bagaimana? Apa yang akan kamu lakukan? Mencari beasiswa? Mengajukan pinjaman bank?

BiPer yakin, kalau kamu adalah perempuan yang bijak dalam mempertimbangkan dari mulai faktor waktu, biaya, penting tidaknya pendidikan, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Mencari Beasiswa? Yuk, Coba Berburu di 8 Lembaga Penyedia Berikut Ini!

Dan, jika sudah dipertimbangkan, tenyata cost yang dibutuhkan ada, dan jika dikeluarkan pun worth it sehingga kelak bisa membantu keluarga dan menjadi lebih optimal, barulah kita bisa memilih jenis pendidikan apa yang akan kita ambil.


Nah, girls, dengan berbekal semua pertimbangan tersebut di masa persiapan sebelum kuliah, pastinya kamu akan bisa menempuh pendidikanmu dengan lebih baik karena kamu sudah punya rencana yang matang.

Semoga kuliahmu lancar, dan bisa memberimu kesempatan yang lebih baik lagi di jenjang kariermu ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: