Karakter

Lebih Pintar Mengelola Waktu, Coba Sontek 4 Cara Para Pria Ini!

Ternyata, meski kita punya skill multitasking lebih tinggi, tapi soal mengelola waktu, para pria lebih unggul!

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu boleh saja bete dengan cowok kamu yang suka nyebelin. Tapi tahu nggak sih, dalam hal efisiensi waktu, kita ternyata perlu belajar dari para cowok lo!

Satu contoh kecil saja, berapa jam persiapan kamu kalau mau ke kantor atau mau pergi? Satu jam? Dua jam? Well, kalau para cowok sih paling-paling hanya butuh 20 menit.

Nah, mau tahu apa saja rahasia para cowok dalam hal efisiensi mengelola waktu?

belajar mengelola waktu dari para cowok

1. Keramas seperlunya

Menurut John Ottavino, pakar kecantikan yang menangani Salma Hayek, banyak perempuan yang terlalu sering keramas, dan masih pakai kondisioner pula. Iya, kelihatannya sepele, tapi, girls, inilah yang membuat perempuan terlalu lama berada di kamar mandi. Kalau mau mengelola waktu dengan lebih baik, coba simpelkan proses ini.

Ottavino merekomendasikan, cucilah rambut seperlunya saja, tak lebih dari 3 kali seminggu. Nah, sekarang bayangkan penghematan yang bisa kita lakukan. Jika kita nggak mencuci rambut, maka kita pun nggak perlu mengeringkan rambut yang biasanya memakan waktu minimal 15 menit juga kan?

Nah, untuk menjaga agar rambut tetap terlihat oke meski tak sering-sering dikeramas, Ottavino punya sedikit tips untuk kita:

  • Jauhkan dari tangan. Sisirlah rambut dengan sisir berbulu kasar selama 5 menit saja di pagi hari agar tetap sehat. Jauhkan tangan dari rambut, karena minyak dari tangan dan jari-jari kita hanya akan membuat rambut terlihat kusam.
  • Sebelum mandi, angkat rambut ke atas. Atau kenakan penutup kepala. Sesekali tampillah dengan rambut yang ditata updo, nggak harus selalu tergerai juga kan?
  • Potongan pendek lebih mudah dirawat tanpa perlu setiap hari cuci rambut. Penataannya juga simpel, nggak harus selalu di-blow dry, catok dan sebagainya. Setiap cuci rambut, kamu hanya perlu mengangin-anginkan saja dan juga irit penggunaan sampo dan kondisioner.
BACA JUGA:  Jadi Perempuan Mandiri dan Smart, 5 Hal Inilah yang Harus Kamu Lakukan

2. Organisasikan pakaian

Para cowok itu juga nggak pernah dibuat pusing oleh pakaian yang akan mereka kenakan setiap hari. Ini juga jadi rahasia mereka mengelola waktu dengan lebih baik.

Pernah lihat isi lemari Mark Zuckerberg nggak, girls? Seluruh isi lemarinya adalah kaus T-shirt berwarna abu-abu misty! Tak ada warna lain, nggak ada model lain. Semua sama! Makanya si Mas Mark ini selalu tampil dengan kaus yang sama setiap waktu kan? Ya, habisnya selemari isinya sama semua!

Para cowo itu nggak pernah berdiri lama-lama di depan lemari pakaian, berpikir keras bagaimana harus memadupadankan semua pakaian itu. Parameter mereka berpakaian hanyalah kebersihannya.

Bandingkan dengan kita. Untuk menentukan pakaian yang kita kenakan, kita butuh waktu bermenit-menit untuk memutuskannya. Belum lagi kalau sudah dipakai, tapi ternyata nggak sesuai mood. Ganti lagi, ganti lagi.
Pernah nggak, kamu menghitung berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk aksi seperti ini?

Well, seorang konsultan fashion dari Amerika, Diana Pemberton-Sikes punya sedikit tip untuk kamu agar kamu bisa mengelola waktu lebih baik di persoalan ini.

  • Buat kategori. Mulailah menata pakaian berdasarkan kategori. Misalnya, kategori jaket, rok, kemeja, blus, celana, T-shirt dan seterusnya. Kemudian padu padankan berdasar warna.
  • Singkirkan pakaian yang nggak lagi dikenakan, gantilah dengan yang baru. Kalau perlu, pakai metode Konmari untuk mengurangi simpananmu. Kamu bisa menjual atau mendonasikannya. Pastikan saja bahwa pakaian yang kamu punya adalah yang sering kamu kenakan. Jika kamu ingin membeli yang baru, maka belanjalah secara pintar. Misalnya, kalau pengin membeli satu item, pikirkan pula apakah sudah ada padanannya di rumah.
  • Siapkan malam sebelumnya. Sebelum berangkat tidur, coba sisihkan waktu sejenak untuk menyiapkan pakaian yang akan dikenakan besok kalau mau pergi. Akan menghemat waktu sekitar 20 – 30 menit lo.
BACA JUGA:  Menjadi Perempuan Kuat dan Tangguh? Bisa, Berikut 7 Cara Melatih Diri Kita Sendiri

3. Biarkan berantakan

Perempuan memang pencinta kebersihan dan kerapian ya, girls. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh US Bureau of Labour Statistic, perempuan pekerja menghabiskan minimal satu jam setiap hari untuk melakukan pekerjaan domestiknya.

Satu jam? Lebih, mungkin! Ini dia nih yang harus diatasi jika ingin bisa mengelola waktu dengan lebih baik.

Muffy Mead-Ferro, penulis buku Confessions of a Slacker Wife, menyarankan agar perempuan jangan terlalu terobsesi pada kebersihan dan kerapian. Pilah pekerjaan yang bisa dilakukan setiap weekend, misalnya mengepel lantai, membereskan barang ke tempatnya, membersihkan karpet, menyedot debu dan seterusnya.

Selama Bulan Puasa, Hindari 4 Jenis Makanan Ini Agar Pencernaan Lancar

4. Simpel memilih makanan

Yang satu ini juga merupakan rahasia para cowok, kenapa mereka lebih pintar mengelola waktu nih.

Terkadang kita memang cerewet dalam memilih makanan ya. Makanan harus enak dinikmati, bersih, sehat, bergizi, dan standar lainnya. Terkadang untuk memutuskan jenis makanan saja, perempuan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan para pria.

Mark Bittman, penulis buku How to Cook Everything mengatakan, bahwa para cowok nggak pernah cerewet soal makanan. Yang penting, bisa memenuhi rasa laparnya. Soal rasa, itu urusan kedua.

BACA JUGA:  Nggak Perlu Emosi, Ini Dia 5 Cara Cerdas Mengubah Haters Menjadi Teman!

Nah, kalau kayak gitu, kan cepet.

Gimana, girls? Mau enggak kamu mengubah beberapa kebiasaanmu agar lebih pintar mengelola waktu seperti para cowok di atas?

The choice is yours.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: