Kesehatan

4 Posisi Tidur dan Pengaruhnya untuk Kesehatan

Posisi tidur seperti apa yang jadi favoritmu? Ternyata masing-masing ada pengaruh untuk kesehatanmu lo!

BICARAPEREMPUAN.COM – Pada umumnya, setiap orang punya gaya dan posisi favorit masing-masing saat tidur. Ada yang suka tidur telentang ataupun miring ke kanan dan kiri.

Sekilas hal tersebut tampak sepele ya. Seperti enggak ada pengaruhnya untuk kesehatan. Namun faktanya tidak demikian lo, girls!

Menurut American Infographics, posisi tidur memberikan dampak cukup besar terhadap kualitas dan kenyamanan beristirahat kita. Apabila seseorang tidur dengan posisi yang salah, maka bisa berisiko menimbulkan nyeri otot, entah itu sakit punggung, pinggang atau leher.

Berikut penjelasan tentang posisi tidur dan pengaruhnya untuk kesehatan kamu

5 Cara Cantik Alami Simpel dengan Bahan yang Ada di Dapur

1. Tidur Telentang, Posisi Tidur Terbaik

Para pakar kesehatan sepakat bahwa posisi tidur terbaik adalah tidur dengan kondisi telentang, yaitu saat bagian belakang tubuh menempel ke kasur, dan bawah kepala diberi bantal.

Tidur telentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Menurut seorang chiropractor (ahli tulang dan otot) asal New York, Steven Diamant, tidur dengan posisi telentang bisa mengurangi risiko gangguan nyeri leher dan punggung.
  • Dee Anna Glaser, MD, profesor dermatologi dari Saint Louis University juga mengatakan, bahwa posisi telentang seperti ini mampu melindungi payudara agar tetap kencang, sekaligus mencegah keriput di wajah.
  • Pakar kesehatan dari Mayo Clinic di New York, Eric Olson, MD menegaskan pula, jika posisi tidur telentang dapat mencegah terjadinya kenaikan asam lambung
BACA JUGA:  Diet atau Olahraga? Mana yang Paling Efektif untuk Tubuh?

Meski demikian, ada juga sisi buruk dari posisi tidur telentang ini.

Walau tidur telentang adalah posisi terbaik, namun tidak disarankan bagi orang yang punya kebiasaan mendengkur. Kenapa? Sebab ketika kamu tidur telentang, maka saat bernapas, pangkal lidah cenderung menutupi dinding tenggorokan.

Hal itu mengakibatkan munculnya suara getaran dari mulut, yang tak lain adalah dengkuran.

Jadi apabila kamu sering mendengkur, maka sebaiknya hindari tidur telentang ya!

2. Tidur Menyamping, Posisi Tidur yang Baik Juga untuk Kesehatan

Selain telentang, posisi dengan menyamping begini juga baik untuk kesehatan. Kamu boleh memilih miring ke kanan ataupun ke kiri, keduanya sama baiknya.

Adapun kelebihan dari tidur menyamping yakni:

  • Mengurangi risiko sakit punggung dan leher
  • Mencegah kenaikan asam lambung
  • Mengurangi dengkuran selama tidur
  • Bagi ibu hamil, tidur dengan menyamping ke kiri sangat disarankan sebab bisa melancarkan aliran darah

Seperti halnya posisi tidur telentang, tidur menyamping juga memiliki sisi yang kurang baik.

Dee Anna Glaser yang merupakan profesor dermatologi menjelaskan, bahwa posisi tidur menyamping memiliki efek buruk bagi kecantikan. Ketika salah satu wajah menempel di bantal, itu akan meningkatkan risiko kulit cepat keriput.

BACA JUGA:  5 Obat Sakit Kepala Super Jitu, Aman, dan Alami

Tidur dengan posisi menyamping juga berisiko merenggangkan ligamen sehingga payudara mudah kendur dan melorot ke bawah.

4 Posisi Tidur dan Pengaruhnya untuk Kesehatan

3. Tidur Meringkuk, Posisi Tidur yang Tidak Ideal

Tidur dengan posisi meringkuk memang kadang memberikan kenyamanan. Apalagi kalau udara lagi dingin ya, girls? Selain itu, tidur meringkuk juga bagus untuk mengurangi dengkuran dan direkomendasikan bagi ibu hamil.

Namun demikian, tidur meringkuk termasuk posisi yang tidak ideal. Posisi ini memberikan cukup banyak efek negatif.

Menurut Dr. Erick Olson, MD dari Mayo Clinic, posisi tidur meringkuk bisa memicu gangguan punggung dan meningkatkan risiko rematik. Sedangkan ahli akupunktur asal New York, Dody Chang juga menjelaskan bahwa tidur meringkuk dapat mengganggu pernapasan diafragma.

Apabila posisi ini terus dilakukan tiap tidur malam maka bakal mempertinggi risiko payudara kendur dan wajah keriput. Ouch!

4. Tidur Tengkurap, Posisi Tidur Terburuk

Posisi tidur yang paling buruk dan sangat tidak disarankan adalah tidur tengkurap. Dengan menjadikan perut dan dada sebagai tumpuan, posisi ini bisa menganggu sirkulasi oksigen sehingga memicu gangguan pernapasan.

BACA JUGA:  5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Niat untuk Hidup Sehat

Tidur tengkurap juga meningkatkan risiko sakit punggung serta leher, menyebabkan wajah rentan keriput serta mengendurkan payudara.

Nah, jadi itulah, girls, penjelasan tentang posisi tidur yang baik dan enggak baik.

Dari ulasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa cara tidur yang benar adalah dengan posisi menyamping dan telentang. Sebaliknya tidur tengkurap sangat berbahaya jadi harus dihindari.

Stay healthy, ladies!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: