Kesehatan

Menjaga Berat Badan, Perhatikan 9 Prinsip Diet Berikut!

Banyak tip untuk menurunkan ataupun menjaga berat badan memang banyak. Tapi, mana yang cocok?

Masalah berat badan memang jadi permasalahan jutaan umat perempuan di belahan dunia mana pun, sepertinya ya?

Ada yang mengalami, sudah diet–yang rasanya sudah benar–tapi berat badan justru kayak yoyo? Naik turun, nggak keruan? Kamu nggak sendirian, girls! Hal ini dialami juga oleh banyak perempuan lain.

Apa yang salah? Sudah banyak program diet coba dijalani, tapi mengapa nggak ada yang berhasil? Alasannya sih simpel saja ternyata lo. Karena, program diet tersebut hanya kamu lakukan dalam jangka waktu yang pendek.

Yang terjadi, seringnya kita akan merasa senang saat berat badan sudah turun, lalu dietnya berhenti. Betul?

So, buat kamu yang sudah bisa bilang sukses program dietnya, jangan senang dulu. Selanjutnya masih ada PR berat untukmu, yaitu menjaga berat badan. Bagaimana caranya? Ikuti artikel ini sampai selesai ya.

9 Prinsip diet yang harus selalu kamu ingat untuk menjaga berat badan

1. Don’t get obsessed about dairy

Pasti kamu sudah dengar dan (mungkin juga) setuju, bahwa susu dengan lemak tinggi akan berimbas menambah berat badan. Karena itu, sebaiknya kita minum susu low fat agar lemak di tubuh nggak bertambah.

Tapi, tahu nggak sih, girls, para peneliti justru malah lebih menyarankan kita untuk minum susu full-fat, lantaran katanya akan berdampak lebih baik untuk lingkar pinggang.

Kok bisa?

Study dari Swedia menemukan, bahwa orang-orang yang makan dan minum produk susu full fat (butter, krim, whole milk) memiliki lemak yang lebih sedikit di area perut daripada yang mengonsumsi produk susu low fat.

Wah, menarik ya? Tapi, penelitian ini masih berlangsung kok, girls. Jadi, mari kita tunggu saja hasil akhirnya. Apakah mereka akan tetap berpendapat, sebaiknya kita konsumsi susu full fat demi menjaga berat badan?

BACA JUGA:  3 Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

Untuk sementara, para ahli ini menyarankan, agar kita mendengarkan tubuh kita. Lalu, pilihlah mana yang terbaik, entah itu full atau low fat.

2. Saat lapar, dahulukan protein

Kamu juga pasti tahu, bahwa adalah sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan dengan jumlah protein yang tepat setiap hari. Tapi sayangnya, nggak semua memahami alasannya

Jadi, girls, ada penelitian yang membuktikan, bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung 20-30 gram protein bisa membantu membentuk otot yang ramping. Hal ini karena otot tidak menyimpan protein. Jadi kita butuh makanan yang mengandung protein untuk membentuk otot-otot tubuh kita.

Singkatnya, dengan mengonsumsi protein, maka kita akan bisa membentuk banyak otot dan membakar kalori, bahkan di saat kita tidur!

So, jangan lupa memasukkan protein di setiap makanan yang kamu makan ya, girls! Meski itu hanya camilan.

3. Makan apa saja, tapi tidak berlebihan

Ahli nutrisi dan kesehatan, Melissa Halas-Liang, menyarankan kita, jika kita ingin menjaga berat badan kita, maka kita sebaiknya mengikuti prinsip masyarakat di Okinawa. Di sana, orang-orangnya makan hanya sampai 80% kenyang. Mereka percaya, otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengolah rasa kenyang.

“It’s easier to stop yourself at 80% if you eat slowly, and you definitely won’t miss the sluggish aftereffects that accompany unintentional overeating.”

Jadi, makanlah dengan perlahan, kunyah selama 32 kali. Kebiasaan ini akan mendatangkan rasa kenyang. Ya, itu dia rahasia makan orang Jepang (jarang sekali kan ada yang obesitas?); mereka makan dengan pelan, porsi kecil tapi berkali-kali.

Dan, tahu nggak sih, girls? Dengan makan apa saja yang kamu sukai akan jauh lebih memuaskan jika lebih sering tapi dengan jumlah yang kecil.

menjaga berat badan - Hidup Sehat

4. Makan siang lebih cepat

Seringkali karena banyak kerjaan, kita selalu menunda makan siang. Betul nggak? Ada juga yang sengaja menunda makan siang karena memang belum lapar.

BACA JUGA:  Tip Sehat dan Bugar ala Atlet Olimpiade untuk Bantu Kamu Semangat Olahraga

Tahukah kamu, kalau kamu memaksakan untuk menunda makan siang hingga saat terakhir, kamu justru akan merasa lapar yang menyiksa banget! Dan hal itu bisa meningkatkan kemungkinan bagi kamu untuk memilih makanan yang paling cepat untuk disajikan. Apa, hayo? Junk food.

So, sebaiknya makan siang lebih awal (sekitar pukul 12 siang) saja untuk menjaga berat badan.

5. Nikmati waktu makanmu

Kebiasaan orang zaman now–dan pasti kamu juga–adalah makan sambil multitasking. Tangan kanan pegang sendok, tangan kiri sibuk membalas chattingan, e-mail atau sekadar ngepoin selebgram. Betul nggak?

Well, girls. Dengan multitasking begitu, apakah lantas kamu bisa menikmati makananmu? Coba deh, sesekali, makan selayaknya. Hentikan obrolan, multitasking, dan nikmatin makanmu!

6. Karbo itu enggak sejahat itu

Karbohidrat nggak hanya menyediakan sumber energi utama untuk otak, tapi juga membantu meningkatkan kadar serotonin, yang secara alami mengurangi nafsu makan kamu, dan berkontribusi pada kesehatan emosional.

Fakta dari sudut ilmu pengetahuan adalah serotonin (neurotransmitter yang membuat kita merasa bahagia) sekresi bergantung pada sekresi insulin, yang merupakan efek dari mengonsumsi karbohidrat.

Jadi, sebaiknya, kamu jangan jauhi karbohidrat. Justru, pilihlah karbohidrat yang mengandung serat tinggi, seperti biji-bijian, buah atau kacang, karena makanan berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga bagus kalau kamu ingin menjaga berat badan.

7. Setop mencari cara diet terbaik!

Kenapa? Karena pada dasarnya semua cara diet untuk menjaga berat badan itu sama saja prinsipnya.

Nuff said.

8. Jangan memaksa diri untuk makan kalau tidak lapar

Ada baiknya kamu mengikuti alarm tubuh saat lapar, dan biarkan hal itu membantumu memilih makanan apa yang akan dimakan.

BACA JUGA:  7 Manfaat Olahraga yang Seharusnya Bisa Meyakinkanmu untuk Memulainya Secara Rutin Besok Pagi

Beberapa diet untuk menjaga berat badan menyarankan, agar kita makan di jam-jam tertentu. Padahal bisa saja, saat itu kita belum lapar.

Hal ini justru kurang baik, girls. Sebaiknya, percayalah akan alarm tubuhmu. Karena tubuh kitalah yang tahu, berapa banyak nutrisi yang dibutuhkan.

9. To lose a lot of weight, do it in small chunks

Untuk menjaga berat badan, akan lebih baik jika kamu mengubah gaya hidup secara perlahan ke arah yang lebih baik, alih-alih diet.

Kalau berat badanmu turun, di saat bersamaan kamu akan kehilangan lemak dan otot. Saat diet ketatmu berhasil, kamu pun berhenti. Efeknya, berat badan bakalan kembali lagi, dan saat itulah persentase lemak akan meningkat tajam.

Untuk menjaga berat badan, lakukan olahraga minimal 2 kali seminggu. Lakukan secara rutin, nikmati, dan biarkan hal tersebut menjadi bagian dari kebiasaanmu sehari-hari.

Nah, itu dia 9 hal tentang cara menjaga berat baran yang perlu kamu ketahui.

Melakukan diet itu nggak salah kok, girls, tapi hidup sehat itu lebih utama.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: