Kesehatan

Beberapa Program Diet Sehat yang Bisa Dipilih untuk Tahun 2019 yang Lebih Sehat

BICARAPEREMPUAN.COM – Mau sukses menjalankan program diet, tapi males ribet?

Tapi mana ada? Sepertinya semua program diet yang ada menerapkan hal yang sama: menu yang tak senikmat makanan kalau kita nggak diet. Dan, nggak ada yang nggak ribet. Semua program diet itu ribet. Ingat itu, girls!

Tapi kalau kamu memang berniat untuk lebih sehat, terutama di tahun 2019 ini, maka go for it!

Berikut beberapa program diet sehat yang cukup populer, dan menjanjikan tubuh yang lebih sehat nggak sekadar kurus

1. Food Combining

Food combining lebih ke memperbaiki pola makan yang lebih sehat, dan sepertinya program diet satu ini merupakan salah satu yang tak terlalu banyak aturan. Ya, katakanlah lebih sederhana ketimbang program-program diet yang lain.

Prinsip terpenting dari food combining adalah menerapkan menu dan pla makan yang sesuai dengan karakteristik dan cara kerja tubuh kita. You see, pada dasarnya kita diciptakan cenderung ke tipe herbivor, yang berarti sebenarnya tubuh kita sudah diatur supaya lebih cocok mengonsumsi sayuran ketimbang segala macam bentuk daging dan sumber protein hewani lainnya.

Kalau kamu mau mencoba menjalankan food combining, maka kamu harus ingat aturan dasar ini:

  • Selalu konsumsi sayuran segar.
  • Pisahkan karbohirat dengan sumber protein hewani dalam satu kali makan

Maksudnya gimana tuh? Well, kamu boleh pilih nih, girls. Kalau kamu mau makan nasi, maka pilihlah aneka sayur segar sebagai lauknya. Atau bisa juga alternatif lain–yang pasti bukan protein hewani. Kamu bisa pilih kentang, tahu, atau tempe. Sebaliknya, jika kamu mau makan ayam, maka pasangkanlah dengan sayur-sayuran alih-alih nasi.

BACA JUGA:  5 Obat Sakit Kepala Super Jitu, Aman, dan Alami

Jam makan kamu juga harus menyesuaikan kinerja tubuh. Pukul 12 siang sampai 8 malam adalah rentang waktu yang paling baik untuk makan. Selebihnya tubuh akan memproses makanan (pukul 20.00-04.00), dan masuk ke fase pembersihan di rentang pukul 04.00-12.00.

Jadi, kalau kamu merasa lapar saat pagi, maka makanlah buah-buahan segar agar dapat memperlancar fase pembersihan tubuhmu.

 

2. Clean Eating

Memang ada banyak cara yang bisa kita lakukan demi berubah ke pola hidup yang lebih sehat. Salah satunya adalah mengatur pola makan. Kamu bisa mencoba program diet satu ini, girls. Clean eating.

Clean eating adalah pola makan sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan alami yang belum diolah–termasuk diawetkan. Misalnya, hanya mengonsumsi sayur-sayuran segar yang baru dipetik, dan direbus langsung setelah dibersihkan. Kalau sayurnya sudah diolah menjadi jus, maka itu sudah tak termasuk dalam menu clean eating ini.

Clean eating juga membolehkanmu untuk mengonsumsi daging, asalkan dagingnya adalah daging segar yang langsung dimasak. Bukan daging dalam kemasan, atau yang sudah diolah, seperti kornet, smoked beef, sosis, dan lainnya.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Lebih Sehat Ternyata Sangat Sederhana!

Makanan alami yang diolah ini hanya diberi garam dan gula secukupnya, hanya untuk menambah cita rasa.

 

3. Raw Food

Sesuai dengan namanya, program diet ini merupakan diet makanan mentah. Makanan yang dimakan sesuai aslinya, tanpa banyak melalui proses pengolahan atau pengawetan. Paling-paling hanya diolah sebatas dipotong-potong, dilumatkan, diblender, atau dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari.

Makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bersumber dari tanaman, sebagian besar adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kebutuhan karbohidrat didapatkan dari sayuran mentah, seperti aneka selada, tomat, dan ketimun. Proteinnya didapatkan dari kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau gelap. Jika ingin mengonsumsi protein hewani, kamu bisa menambahkan misalnya seperti sashimi, susu, ataupun telur mentah dalam menu keseharianmu.

Yes, girls, program diet raw food ini membolehkanmu untuk makan produk hewan. FYI, ya, program diet raw food ada 4 jenis, yaitu raw food vegan, vegetarian, karnivor, dan omnivor.

Program diet ini selain bisa menurunkan berat badan, juga mampu membuat kulit kita lebih glowing dan bersih, menjaga kualitas kesehatan, dan mencegah penyakit jantung serta diabetes. Seperti yang pernah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dimuat di The International Journal of Behavioural Nutrition and Physical Activity tahun 2016, bahwa seseorang yang lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur berisiko lebih rendah mengalami semua penyakit yang menyebabkan kematian.

BACA JUGA:  5 Jurus Ampuh Badan Fit demi Penampilan Fashionable Sepanjang Waktu

Diet raw food juga baik untuk pencernaan tubuh, karena biasanya raw food ini juga lebih mudah dicerna, karena hanya butuh waktu 24-36 saja untuk transit di dalam saluran pencernaan kita, girls. Padahal makanan yang dimasak butuh waktu 40-100 jam untuk dicerna secara optimal.

 

Nah, girls, sudah memutuskan mau mengikuti program diet sehat yang mana? Apa pun pilihan kamu, ingat, selalu iringi dengan jadwal olahraga yang rutin ya, supaya hasilnya juga maksimal.

#MenujuLangsing2019 siap diwujudkan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: