Kesehatan

Puasa Sehat Bebas 4 Gangguan Kesehatan

Tetap puasa sehat, meski virus berkeliaran. Jangan biarkan gangguan-gangguan kesehatan saat berpuasa mengganggu ibadah.

BICARAPEREMPUAN.COM – Bicara puasa, kita memang tak bisa melepaskannya begitu saja dari aspek kesehatan. Karena, puasa itu sendiri juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi, bagaimana kita bisa puasa sehat di tengah pandemi seperti ini? Apa saja gangguan kesehatan yang mungkin muncul? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

4 Gangguan Kesehatan yang Harus Diatasi dengan Puasa Sehat

Kenali 21 Gejala PMS Agar Bisa Kamu Atasi Secara Tepat!

1. Konstipasi (sembelit)

Konstipasi adalah gejala sulit buang air besar yang bisa mengakibatkan ambeien atau wasir dan perdarahan pada lubang anus. Keluhan ringannya dari konstipasi adalah perut terasa kembung.

Penyebabnya antara lain porsi makan yang terlalu banyak, kurang minum air putih, terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan, dan kurangnya serat yang bermanfaat untuk tubuh.

Puasa sehat dan atasi gangguan konstipasi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayur-sayuran sehar, buah-buahan, dan kacang-kacangan saat sahur dan berbuka puasa.

Selain itu, jangan lupa, girls, perbanyak minum air putih.

2. Sakit kepala dan migrain

Penyakit ini merupakan penyakit yang biasanya muncul saat berpuasa, memang ya?

Kemunculan sakit kepala sering kali terjadi di sore hari, menjelang berbuka puasa. Penyebab sakit kepala di antaranya karena dehidrasi atau kurang cairan, kelaparan, istirahat yang kurang, atau karena reaksi dari zat-zat adiktif seperti nikotin ataupun kafein.

BACA JUGA:  Mengatasi Insomnia, Mulailah dengan Mengonsumsi 5 Jenis Bahan Makanan Ini!

Puasa sehat dan kurangi gangguan sakit kepala serta migrain dengan memakan makanan yang seimbang saat berbuka puasa, terutama dengan tidak melewatkan waktu makan sahur. Kurangi juga kopi saat sahur, girls. Hindari juga makanan manis, karena dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah secara drastis. Hal inilah yang memicu munculnya sakit kepala.

Dehidrasi juga dianggap sebagai penyebab munculnya sakit kepala. Saat kekurangan cairan, otak akan menghasilkan histamin untuk menjatah pasokan air di otak. Akibatnya, sakit kepala muncul, beserta pegal-pegal.

Untuk mengatasi hal ini, puasa sehat dengan tidak melupakan minum air yang lebih banyak saat sahur. Agar otot di sekitar kepala dan leher tidak tegang, lakukanlah pijat. Aturlah waktu tidur kamu dengan pola baru sehingga kamu mendapatkan cukup istirahat.

Kalau sakit kepala ini tak kunjung mereda, kunjungi dan berkonsultasilah dengan dokter.

7 Akibat Stres Beserta Tanda dan Level Stress yang Harus Dikenali

3. Stres

Alih-alih bersikap sabar, saat berpuasa, emosi kita justru kadang jadi mudat tersulut dan gampang stres.

Selain karena bulan puasa biasanya malah banyak ‘ujian’, hal ini juga karena saat berpuasa tubuh menjadi kurang cairan dan makanan. Selain itu, rutinitas fisik yang berubah selama menjalankan ibadah puasa dan berkurangnya waktu tidur atau istirahat juga menjadi penyebab datangnya stres.

BACA JUGA:  Awas Bahaya Jajanan: 5 Hal yang Harus Diwaspadai Benar

Atasilah dengan menjalankan puasa sehat, identifikasilah penyebab-penyebab stres sehingga kamu pun dapat meminimalkan pemicunya atau menghindarinya.

Misalnya, kalau penyebab stres adalah kuota internet yang ngadat berulang kali sehingga kamu menjadi sering terlambat menyetor pekerjaan, maka cobalah berdamai dengan kondisi ini. Bisa saja kamu mengganti provider dengan yang sinyalnya lebih baik di daerah kamu tinggal.

Selain itu, batasi beraktivitas di bawah terik matahari karena ini juga bisa jadi pemicu emosi tinggi di saat puasa.

Puasa Sehat Bebas 4 Gangguan Kesehatan

4. Lelah, mudah mengantuk, dan sulit berkonsentrasi

Gejala-gejala ini ditambah dengan keluarnya keringat dingin, gemetar, dan kurang tenaga merupakan gangguan kesehatan akibat dari kekurangan gula darah.

Penyebabnya bagi yang bukan penderita diabetes adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis di saat sahur, sehingga tubuh mengeluarkan terlalu banyak insulin yang mengakibatkan gula darah anjlok.

Puasa sehat dengan meminimalkan munculnya gangguan kesehatan ini dengan menghindari mengonsumsi makanan yang membuat gula darah cepat naik dan cepat pula drop, seperti nasi putih dan mi instan.

BACA JUGA:  7 Jenis Makanan Sehat aka Superfood yang Bisa Mengatasi Berbagai Permasalahan Kesehatan

Hindari pula makanan yang digoreng karena bisa mengakibatkan oksigen turun sampai 20% sehingga kita jadi mudah mengantuk. Kurangi pula makanan dan minuman manis di saat sahur dan berbuka puasa.

Sebaliknya, konsumsilah karbohidrat yang kaya serat, seperti nasi merah, roti gandum, ubi, singkong, hingga oatmeal. Makanan-makanan ini bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil. Tambahkan pula dengan buah-buahan segar dan madu.

Nah, girls, tetap jalankan puasa sehat, agar kamu bisa merayakan Idulfitri dengan bahagia dan terasa lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: