Karakter

Punya Sikap Kekanakan? Terus Kenapa?

“Happy sweet 20th! Sekarang sudah nggak boleh punya sikap kekanakan lagi ya!”

BICARAPEREMPUAN.COM – Well, why not? Sering dengar kata-kata itu saat kamu berulang tahun 17, 18, atau bahkan hingga sekarang? Memangnya kenapa dengan sikap kekanakan? Is it that bad? Memangnya salah kalau kita punya inner child?

Inner Child dan Egoisme

Punya Sikap Kekanakan? Terus Kenapa?

Satu hal yang harus kamu pahami, girls, bahwa inner child dan ego adalah dua hal yang berbeda. Karakteristik inner child yang punya sikap kekanakan biasanya ditunjukkan dalam sifat seseorang yang selalu melihat sisi positif, percaya, rapuh, jujur, terbuka, suka memberi, ceria, dan selalu punya rasa ingin tahu yang besar.

Sounds like children, huh? That’s a good thing, right?

Coba bandingkan dengan karakteristik egois yang sering disebut “kekanak-kanakan”. Biasanya karakter ini dapat dilihat dari sikap orang yang selalu berpikiran negatif, sulit percaya dengan orang lain, defensif, selalu curiga, suka berbohong, egois, agresif, playing victims, dan well … kekanak-kanakan.

Ke Mana Inner Child Kita Pergi?

"Kapan Nikah?" - 7 Jawaban Cerdas untuk Menjawabnya

Kamu sering nggak sih bertanya-tanya dalam hati, “Kenapa ya hidupku sekarang nggak bisa seceria dulu saat masih kecil?”

Well, banyak faktor yang jadi penyebab mengapa kamu sekarang nggak seceria dulu lagi, terlalu serius; peer pressure di masa remaja, tingkat stres yang mengerikan di tempat kerja, kondisi keluarga, kesehatan, hingga faktor finansial.

BACA JUGA:  Perempuan Masa Kini Akan Selalu Melakukan 13 Hal Ini

Yes, semua hal itulah yang membuat kamu menganggap dan menanggapi semua masalah dengan sangat serius, dan akhirnya kamu pun kehilangan sikap kekanakan. Padahal, nggak selamanya harus dihadapi begitu juga lo.

Coba deh, rasakan. Kamu sekarang barangkali merasa seolah-olah telah menanggung “beban” dunia di pundak, rela mengorbankan waktu dan energi untuk menyenangkan orang lain daripada diri sendiri atau orang tersayang. Dan bukannya fokus pada apa yang terjadi sekarang, sering kali kamu merasa terikat dengan masa lalu yang dipenuhi penyesalan dan secara konstan mengkhawatirkan masa depan.

Dengan semua hal itu, kamu seakan hilang ingatan tentang bagaimana caranya menjadi orang yang bahagia dan kehilangan sikap kekanakan yang bisa memberimu kebahagiaan itu.

Susah sih memang, ketika kamu dituntut menjadi dewasa sepenuhnya, karena sesungguhnya, penelitian mengatakan jika jiwa anak-anak dalam diri seseorang bukanlah sesuatu yang tidak berarti dalam ilmu psikologi. Penelitian bahkan mengatakan jika sebagian besar orang dewasa memiliki sifat dan sikap kekanakan dalam dirinya.

Pertanyaan selanjutnya: Sikap kekanakan mana yang harus kamu miliki?

5 Tipe Teman yang Terlalu Berbahaya untuk Kewarasanmu

Back to Happy Kid

Secara usia ya, mungkin kamu sudah dewasa. Tapi segala tekanan hidup bisa saja membuat ego memuncak dan melepaskan reaksi childish.

BACA JUGA:  International Women's Day: Jadikan Dirimu Berguna untuk Sesama Perempuan dengan 5 Hal Ini!

Tapi sifat dan sikap kekanakan ini tak seharusnya disingkirkan lo, karena sikap ini akan membuat kamu melihat kehidupan yang jauh lebih berwarna.

Always curious

Kamu tahu kan? Seperti keponakanmu mungkin pernah bertanya, “Apa ini?” sambil menunjuk pembalutmu.

Memiliki rasa ingin tahu yang besar akan meningkatkan knowledge akan banyak hal. Great base for your career. Jadi, jangan hilangkan kebiasaan ini dari karaktermu ya.

Bubbly

Nggak ada yang melarang kamu untuk bersikap ceria kapan pun, di mana pun kok, girls. Sikap ini bisa menyebarkan energi positif kepada orang-orang di sekitar kamu.

Menjadi Diri Sendiri yang Lebih Baik di Tahun 2020 Itu Mudah Kok!

Cepat memaafkan

Masih ingat rasanya ketika melakukan pinky swear dengan sahabat SD dan langsung lupa dengan kejadian sebelumnya yang membuat kalian musuhan atau marahan kan?

Gimana rasanya, girls? Ketika kita mudah memaafkan orang lain–juga diri sendiri–pasti rasanya hidup ini menjadi lebih ringan. Percaya deh.

Percaya pada miracle

… atau hal-hal yang belum pernah kamu lihat di mana pun, di bumi ini. Unicorn, pegasus, atau kamu pernah percaya kalau Sailor Moon benar-benar ada?

That’s so exciting, right? That’s really ok, jika kamu percaya miracle atau magic. Bahkan, kalau sekarang kamu banyak bekerja di bidang seni, kamu akan banyak membutuhkannya.

BACA JUGA:  Menjadi Perempuan Kuat dan Tangguh? Bisa, Berikut 7 Cara Melatih Diri Kita Sendiri

Being goofy and playful

Mengenakan eyeliner berwarna cerah saat hangout atau kencan, atau menyapukan kuteks beda-beda warna dalam satu tangan? Kenapa enggak? Go for it!

It will lighten up your mood and the room around you.

Bersikap sopan

Seperti anak kecil yang baru pertama diajarkan cara mengucapkan terima kasih, so mind your manners. Aksi sederhana sikap kekanakan seperti ini justru harus bisa kita pelihara hingga sekarang. Pun bisa menghangatkan hati siapa pun.

So, girls. Jangan pernah menghilangkan sikap kekanakan dari dirimu sendiri ya. Itu yang akan membuatmu lebih bahagia menjalani hidup ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: