Kecantikan

Rahasia Awet Muda dengan Makan 8 Jenis Buah dan Sayur di Usia 30-an

Mau tahu rahasia awet muda yang paling jitu dan alami? Simak artikel ini sampai selesai ya.

BICARAPEREMPUAN.COM – Girls, sadarkah kamu kalau makanan yang kamu makan, seperti karbohidrat, gula, dan produk susu dapat memengaruhi kesehatan kulitmu?

Yes, berbagai masalah kulit ternyata sering dipicu oleh makanan yang kita konsumsi lo! Misalnya saja, keriput yang terjadi karena elastisitas kulit yang berkurang akibat terlalu banyak gula, ataupun jerawat yang terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi susu.

Ya memang sih, kita enggak bisa memiliki wajah yang selamanya kencang tanpa keriput, tapi kita juga bisa mencegahnya agar terlihat awet muda lebih lama, dan terhindar dari penuaan dini.

Banyak hal yang bisa menjadi rahasia awet muda dan terhindar dari penuaan dini ini. Misalnya ke dokter wajah untuk mereparasi bagian yang sudah kurang oke, atau menggunakan produk-produk kecantikan antiaging.

Nah, agar ketika di usia 30-an kulitmu bisa tetap kencang, kamu bisa mencegah penuaan dini datang dengan mengurangi makanan manis dan menggantinya dengan buah dan sayur. Itu dia rahasia awet muda kita.

So, kamu perlu tahu nih buah dan sayur apa saja yang dapat membantumu tetap awet muda. Simak ya.

8 Buah dan Sayur Rahasia Awet Muda

Rahasia Awet Muda dengan Makan 8 Jenis Buah dan Sayur di Usia 30-an

1. Semangka

Semangka merupakan buah yang dipenuhi dengan kandungan lycopene, yaitu zat antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas perusak sel-sel kulit.

Di samping itu, semangka juga memiliki kandungan sun protector factor of 3, yang mampu berperan sebagai tabir surya alami.

BACA JUGA:  5 Langkah Makeup Sendiri untuk Mengoreksi Kekurangan pada Wajah

Meski demikian, bukan berarti setelah makan semangka, kamu lantas nggak butuh mengaplikasikan tabir surya ke kulit, girls. Menurut penelitian, semangka juga terbukti bisa mengurangi inflamasi.

So, nggak perlu diragukan lagi bahwa semangka adalah salah satu buah ajaib yang penuh dengan manfaat kecantikan, salah satunya menjadi rahasia awet muda kita.

2. Delima

Buah delima adalah salah satu sumber vitamin C alami terbaik yang pernah ada. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab keriput, yang membuat kita jadi tak bisa tampak awet muda.

Dalam sebuah penelitian, dilakukan tes efek penggunaan jus delima, ekstrak delima, dan minyak delima untuk mengatasi kerusakan akibat sinar UVB.

Semuanya terbukti sangat efektif mengurangi efek merugikan dari radiasi sinar UVB. Buah ini juga memiliki komponen yang disebut dengan anthocyanin, yang dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu kita untuk terus terlihat awet muda.

resep praktis salad udang

3. Paprika

Ini dia satu lagi bahan makanan alami yang tinggi vitamin C, yaitu paprika. Namun, kamu harus memastikan dulu jika paprika yang kamu konsumsi benar-benar sudah matang.

Menurut studi, vitamin C yang terkandung di dalam paprika akan semakin meningkat ketika paprika sudah matang. Tandanya adalah warna paprika yang semakin tajam.

Kamu bisa mengonsumsinya sebagai perawatan kulit dari dalam, girls, demi bisa terlihat senantiasa awet muda. Tambahkan ke dalam saladmu agar kulitmu dapat memproduksi lebih banyak kolagen, serta terlindungi dari paparan jahat sinar matahari.

4. Sirop maple

Sirop maple memang biasanya banyak mengandung gula. Namun, kalau kamu menggunakannya dalam jumlah yang sedikit, kamu akan mendapatkan manfaat dari antioksidan yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA:  Mencegah Penuaan Dini, Konsumsilah 10 Makanan Ini!

Selain itu, sirop maple juga mengandung zat anti-inflamasi yang sangat berguna untuk membantumu senantiasa terlihat awet muda.

Untuk menghindari kandungan gula berlebih di dalamnya, kamu bisa menggunakan sirop maple ini sebagai masker. Siapkan 1 sendok makan sirop maple murni dan 1 sendok makan susu hangat, campurkan jadi satu. Kemudian tambahkan 3 sendok makan oats yang sudah dihaluskan, dan adul lagi sampai tercampur rata.

Ambil sedikit dan mulailah memijatkannya pada wajah dengan lembut selama 20 menit. Jika sudah, bilas bersih dan lanjutkan dengan memakai moisturizer.

5. Extra-virgin olive oil

Kalau kamu pernah membaca tentang diet Mediterranean, kamu pasti banyak melihat penggunaan minyak zaitun di dalam metode diet tersebut.

Minyak zaitun memang merupakan lemak baik yang memiliki khasiat anti-inflamasi yangs angat ampuh dan bermanfaat untuk kesehatan kulitmu. Di samping itu, setidaknya dua penelitian sudah membuktikan bahwa jika pola makan kita banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun, kita akan lebih terlindungi dari paparan sinar matahari yang merusak kulit.

Terlebih lagi, studi lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu mereka yang mengalami luka bakar selama proses penyembuhan.

Jadi, kamu bisa melihat bahwa minyak zaitun juga merupakan salah satu rahasia awet muda terbesar yang bisa kita dapatkan.

6. Sayuran hijau

Kamu pasti sudah tahu kalau sayuran hijau sangat kaya akan vitamin dan mineral, serta lutein, yang meruapakn antitoksin dan ampuh untuk menjaga kelembapan kulit dan mengusir keriput.

BACA JUGA:  Ternyata Ini Rahasia Cantik Perawatan Wajah 4 Artis Sekaligus Traveler Cantik Indonesia

Apalagi, mengonsumsi 2 – 3 porsi sayuran hijau setiap hari juga dapat menurunkan risiko kanker lo.

7. Avokad

Buah avokad, selain baik untuk kesehatan, juga bagus karena bisa membuat wajahmu menjadi awet muda, lantaran banyak mengandung oleic acid, asam lemak omega-9 yang dapat membuat wajah menjadi lembut, kencang, dan terasa kenyal lo.

8. Anggur

Kulit anggur merah mengandung resveratrol yang dapat mencegah kulit menjadi kemerahan karena paparan sinar matahari berlebih.

Anggur juga dapat membantu melindungimu dari radiasi sinar UV yang dapat mengarah ke kanker kulit. Kamu enggak harus makan anggur saja lo, kamu bisa merasakan manfaat yang sama dengan mengonsumsi jusnya, tetapi pastikan tanpa gula ya?

So, gimana, girls? Mau awet muda? Yuk, segera konsumsi makanan di atas ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: