Kecantikan

7 Reaksi Setelah Facial Wajah Ini Perlu Kamu Ketahui

Reaksi setelah facial wajah sangatlah umum terjadi. Namun, ada beberapa reaksi setelah facial wajah ini yang harus kamu waspadai.

BICARAPEREMPUAN.COM – Sebagai seorang perempuan, kamu biasanya akan cukup memperhatikan penampilan, terutama tampilan wajah. Salah satu treatment yang cukup populer dilakukan oleh perempuan adalah facial wajah.

Meskipun berbagai tren kecantikan datang dan pergi, namun facial wajah memiliki tempat tersendiri di hati para perempuan.

Padahal, facial wajah ini menganut prinsip no pain, no gain loh, alias sakit!

Namun, facial wajah yang diyakini dapat membuat kulit lebih lembap, serta terbebas dari lemak dan komedo ini tetap digandrungi kaum hawa.

Selain prosesnya yang sakit, efek samping facial wajah ini memang cukup menantang. Ya, memang tidak selalu menimbulkan reaksi di kulit sih, tetapi seringnya sih memang terjadi. Tapi, nggak perlu terlalu khawatir, sebab beberapa efek samping dari facial wajah memang wajar terjadi dan tidak menimbulkan bahaya.

Meskipun demikian, lebih baik kamu tetap waspada, sebab ada juga reaksi yang sudah masuk ke taraf berbahaya untuk kulit.

Beberapa reaksi tubuh terhadap facial wajah yang normal

7 Reaksi Setelah Facial Wajah Ini Perlu Kamu Ketahui

Reaksi normal adalah reaksi yang umum terjadi setelah kita melakukan facial, dan tidak terlalu berbahaya untuk kulit, atau bahkan menguntungkan kulit.

Kemerahan setelah ekstraksi

Ekstraksi manual seperti yang dilakukan oleh facialist saat membersihkan pori-pori secara mendalam adalah langkah paling efektif untuk membersihkan komedo yang menyumbat pori-pori.

BACA JUGA:  Dewy Makeup: 9 Langkah Simpel Agar Tampak Cantik

Oleh sebab itu, reaksi kemerahan ini sangatlah normal terjadi. Namun kemerahan yang bisa terjadi setelah facial ini berkaitan juga dengan keahlian dari facialist. Biasanya, semakin ahli facialist, semakin minim kemerahan yang terjadi.

Sebaiknya, facialist menginformasikan pada klien bahwa kulitnya kemungkinan akan memerah selama 44-48 jam setelah facial.

Wajah yang bersemu merah muda

Facial wajah akan membuat sirkulasi darah akan meningkat. Nah, pemijatan ini akan memberikan efek glowing kemerahan di permukaan wajah.

Jadi jika wajahmu terlihat sedikit berkilau (bukan berminyak ya) kemerahan dengan sehat dan terasa hangat saat disentuh, jangan khawatir ya. Itu wajar terjadi.

Namun ingat, kemerahan yang baik adalah kemerahan yang terlihat sehat, bukan seperti terkena peradangan.

Jerawatan

Ini adalah reaksi yang cukup menyebalkan, tetapi sangat wajar terjadi.

Saat melakukan ekstraksi untuk membersihkan bentol-bentol di permukaan kulit, terkadang tidak semua minyak di wajah akan keluar. Selanjutnya pori-pori melakukan pembersihan secara mandiri sehingga terjadilah purging.

Facialist yang sudah berpengalaman akan tahu seberapa bersih pori-pori setelah facial dilakukan, dan biasanya akan bisa memprediksi apakah akan ada breakout atau tidak.

Namun ketika breakout sudah hilang, pori-pori akan menjadi lebih bersih.

Kemerahan setelah pengelupasan

Light peel seringkali disertakan dalam treatment facial wajah. Pengelupasan ini akan mengakibatkan kemerahan selama satu hingga dua jam setelah facial.

BACA JUGA:  Begini Cara Memilih Masker Wajah yang Sesuai dengan 3 Jenis Kulit

Ketika kulit mengalami eksfoliasi, maka rasa kemerahan dan rasa kencang atau tertarik pada kulit wajah adalah hal yang normal.

Hal tersebut indikasi bahwa kulit akan mengalami pengelupasan ringan dalam beberapa hari.

Reaksi Facial Wajah yang Patut Diwaspadai

Jika kamu mengalami salah satu dari tiga gejala di bawah ini, segeralah hubungi dokter kecantikan atau salon tempatmu melakukan facial untuk mendapatkan informasi dan perawatan yang diperlukan.

Luka bakar

Apabila facialist mengaplikasikan chemical peel di area yang memiliki noda, zat asam dalam chemical peel akan menggerogoti lapisannya dan menyebabkan luka bakar, yang mungkin saja menimbulkan luka.

Jika kamu mengalami luka bakar setelah melakukan facial wajah, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Reaksi alergi

Begini Cara Mengatasi Kulit Kering yang Paling Jitu

Ada kalanya kulit wajahmu enggak cocok dengan beberapa produk facial sehingga terjadilah reaksi alergi.

Beberapa reaksi alergi yang umum terjadi adalah gatal-gatal, kulit bersisik, sakit tenggorokan, dan batuk-batuk.

Jika kamu mengalami gejala tersebut, segeralah kontak salon tempatmu melakukan facial wajah untuk mendapatkan informasi mengenai rincian produk yang digunakan ya. Dan, next, jika kamu ingin melakukan facial, jangan lupa menginformasikan pada facialist mengenai alergi kamu ini.

Breakout parah

Alih-alih membersihkan, produk yang terlalu keras justru akan menghambat pori-pori dan menyebabkan breakout yang cukup parah.

BACA JUGA:  Begini Cara Memakai Masker Wajah Lembaran Agar Manfaatnya Maksimal

Jika breakout yang kamu alami sangat menyakitkan dan membuat wajah jadi bengkak, segeralah konsultasi dengan dokter kulit. Agar terhindar dari breakout, pastikan kamu mengenali jenis kulit kamu sehingga dapat berkonsultasi dengan facialist sebelum melakukan facial.

Nah, girls, itu dia beberapa gejala reaksi setelah facial wajah yang wajar terjadi ataupun yang perlu diwaspadai.

Jika memang kemudian yang sering terjadi adalah gejala reaksi facial wajah yang perlu diwaspadai itu, maka ada baiknya kamu mempertimbangkan kembali kegemaranmu melakukan facial wajah, atau mungkin lebih baik pindah salon langganan saja.

Kita memang suka kalau tampil cantik yes, tapi bukan berarti menyakiti diri sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: