Resep Praktis

5 Resep Asinan Rambutan yang Super Sueger!

Resep asinan rambutan ini sueger pol! Mau coba?

BICARAPEREMPUAN.COM – Masih punya rambutan di rumah? Hmmm, biar nggak bosan, gimana kalau kita bikin asinan rambutan? Enak beud lo!

Yes, rambutan memang enak banget ya! Buah lokal, harganya murah. Sehat? Sudah pasti! Kalau lagi musim, di mana-mana bisa ditemukan. Jadi nyetok deh. Mumpung murah ini.

Tapi, kalau kebanyakan nyetok, bisa juga kewalahan menghabiskannya. Kadang juga ada rasa bosan kalau makan gitu-gitu aja. Apa akal?

Pas banget karena BiPer punya 5 resep asinan rambutan nih. Sudah pasti segar deh, kamu konsumsi kapan pun, dan pastinya, lebih awet. Apalagi kalau kamu masukkan ke lemari pendingin alias kulkas. Wah, seger maknyus!

Mau coba? Yuk, boleh dicoba kelima resep asinan rambutan berikut ini!

5 Resep asinan rambutan sueger pol!

Resep asinan rambutan kupas pedas

Resep asinan rambutan kupas pedas
Via Youtube Domo Bramantyo

Bahan-bahan:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk nipis/limau
  • 10 buah cabai rawit (jumlah sesuai selera)
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1 kantong kecil asam Jawa (larutkan dalam air matang)
  • 200 ml air
  • 2 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Kupas rambutan, belah dua dan buang bijinya. Ambil daging buahnya kemudian cuci bersih dengan air matang dan tiriskan.
  • Haluskan cabai rawit dan cabai keriting.
  • Rebus cabai yang telah halus tadi dengan gula sampai larut.
  • Siram rebusan cabai tadi ke rambutan, taburi garam, tuang air asam Jawa dan air jeruk nipis, kemudian aduk merata.
  • Masukkan ke kulkas, diamkan sampai meresap.
  • Sajikan dingin.
BACA JUGA:  Resep Praktis: Purple Dream - Smoothie Sehat Anggur dan Kiwi

Resep asinan rambutan bumbu rujak

Resep asinan rambutan bumbu rujak
Via Deskgram

Bahan-bahan:

  • 2 ikat rambutan
  • 3 buah cabai rawit merah (jumlah sesuai selera)
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 sdm air asam jawa
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt terasi bakar
  • 2 sdt garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  • Didihkan air. Rebus bumbu halus seperti gula merah, gula pasir, air asam Jawa dan garam .
  • Masak sampai gula larut. Dinginkan.
  • Masukkan buah rambutan ke dalam larutan air gula. Simpan di kulkas minimal 1 malam.
  • Setelah meresap, sajikan.

Resep asinan rambutan asem manis

Resep asinan rambutan asem manis
Via Dapur Kobe

Bahan-bahan:

  • Satu ikat buah rambutan
  • 5 buah cabai rawit merah diiris
  • 5 buah cabai merah diiris
  • 3 buah jeruk limau
  • Cuka secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air panas secukupnya

Cara membuat:

  • Kupas rambutan lalu cuci bersih, sisihkan.
  • Masukkan rambutan ke dalam wadah, beri gula, cuka lalu siram air panas. Aduk-aduk sampai gulanya larut.
  • Setelah itu masukkan potongan cabai dan irisan jeruk limau.
  • Simpan dalam lemari es. Sajikan dingin.

Resep asinan rambutan jeruk kiamboy

Resep asinan rambutan jeruk kiamboy
Via Craftlog

Bahan-bahan:

  • 2 ikat rambutan
  • 200 gr jeruk peras
  • 100 gr kiamboy
  • 3 buah cabai merah besar iris halus
  • 6 buah cabai rawit iris halus
  • 3 sdm gula putih
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air
BACA JUGA:  Resep Donat Oreo Simpel yang Enak Banget untuk Kudapan Sore

Cara Membuat:

  • Kupas rambutan, cuci dengan air dingin matang lalu sisihkan.
  • Didihkan air dan masukkan cabai merah, gula putih dan garam. Semua didihkan sampai air agak menyusut dan cabai tidak bau langu. Dinginkan.
  • Peras jeruk dan ambil airnya. Sisakan 5 buah, belah jadi dua.
  • Gabungkan rambutan, air cabai, perasan air jeruk dan kiamboy lalu aduk rata.
  • Taburi dengan irisan cabai dan belahan jeruk.
  • Dinginkan dalam kulkas. Kuah asinan jangan terlalu banyak karena nanti rambutan akan mengeluarkan air.
  • Sajikan dingin.

Resep asinan rambutan bumbu terasi

Resep asinan rambutan bumbu terasi
Via Cookpad

Bahan-bahan:

  • Satu ikat rambutan
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 2 buah jeruk nipis
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 ruas kelingking terasi
  • Penyedap rasa

Cara membuat:

  • Siapkan rambutan yang sudah dikupas dan dibersihkan.
  • Ulek halus semua bumbu (cabai rawit sesuai selera dan juga terasi yang sudah dibakar) ditambah garam, gula dan penyedap rasa.
  • Setelah semua bumbu halus, tambahkan sedikit air hangat dan diaduk rata.
  • Setelah bumbu sudah rata, masukan rambutan yang sudah dikupas sebelumnya, lalu peras jeruk nipis (tingkat keasaman sesuai selera).
  • Simpan di kulkas agar lebih meresap, dan nikmati selagi dingin.
BACA JUGA:  Cara Membuat Oreo Goreng yang Super Krispi

Wuah, seger semua deh! Jadi, mau bikin resep asinan rambutan yang mana dulu nih, girls?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: