Resep Camilan Praktis: Resep Oreo Mug Cake

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, girls! Ketemu lagi di artikel resep praktis BiPer nih! Kemarin BiPer sudah kasih resep camilan praktis berbahan dasar Oreo berupa Deep Fried Oreo ya?

Nah, hari ini kita masih akan kasih kamu inspirasi masak dalam resep camilan praktis yang juga berbahan dasar Oreo nih. Kita akan membuat Oreo Mug Cake.

Namanya juga mug cake, jadi bikinnya gampang dan cepat kok. Kan BiPer selalu bagi resepnya selalu yang praktis aja. Begitu juga dengan resep camilan kita kali ini.

Apa sih mug cake? Mug cake adalah keik dalam ukuran kecil, biasanya dipanggang atau dioven dalam wadah mug atau gelas. Biasanya di bagian atasnya ada tambahan topping tuh, misalnya dikasih icing, parutan keju, atau buah-buahan dipotong, tergantung rasa si mug cake itu sendiri.

Mug cake–yang di UK sana lebih sering disebut dengan fairy cake–sebenarnya sudah dikenal sejak abad ke-18, sejak resepnya ditulis dalam buku resep pertama yang diterbitkan di Amerika oleh Amelia Simmons berjudul American Cookery.

BACA JUGA:  Resep Praktis: Salad Kentang Klasik

Wah, ternyata sudah cukup tua juga ya umurnya si mug cake ini. Sudah lebih dari 2 abad!

Bahan dasar adonan  mug cake ini sebenarnya ya sama saja dengan bahan dasar keik biasa, yaitu selalu melibatkan tepung terigu, mentega, gula, dan telur. Hanya saja untuk variasi rasa dan isian, kita pun sering menambahkan bahan lainnya, seperti cokelat, keju, dan sebagainya.

So, hari ini kita akan menggunakan bahan minim! Hanya butuh Oreo, susu, choco chips, baking powder, dan whipped cream saja. Bikinnya paling lama cuma 15 menit nih!

Mau coba sekarang, girls? Kuy!

 

Resep Camilan Praktis: Oreo Mug Cake

Resep Praktis: Resep Oreo Mug Cake yang Praktis dan Cepat
Resep Praktis: Resep Oreo Mug Cake yang Praktis dan Cepat. Image via PopSugar.

Bahan:

2 sdt Chocolate chips putih

½ cup susu

10 keping Double Stuff Oreo

½ sdt baking powder

Whipped cream sesuai selera

 

Cara membuat:

 

Resep Camilan Praktis: Resep Oreo Mug Cake
Resep Camilan Praktis: Resep Oreo Mug Cake, step by step. Image via PopSugar.

 

1. Campurkan white chocolate chips dan susu ke dalam mug, lalu panaskan dalam microwave selama 30 detik hingga cokelat lumer sepenuhnya. Setelah itu aduk hingga lembut.

2. Hancurkan oreo dalam food processor. Atau, bisa juga masukkan ke dalam ziplock bag lalu hancurkan dengan rolling pin.

BACA JUGA:  Resep Praktis: Spaghetti Saus Kecap Asin Jepang

3. Sisihkan 1 sdm oreo yang dihancurkan untuk dipakai sebagai garnish nanti. Campur sisanya dengan adonan susu dan cokelat putih lalu aduk hingga rata. Tambahkan baking powder.

4. Masukkan adonan ke dalam gelas atau mug tahan panas.

5. Panggang adonan mug cake selama 2-3 menit dalam oven dengan suhu tinggi.

6. Setelah matang, keluarkan dari oven, lalu beri whipped cream di atasnya, dan taburi dengan garnish lain, sesuai selera kamu.

 

Jadi deh! Yummy!

Bisa banget kan jadi teman ngopi atau ngeteh cantik di sore hari?

Selamat masak, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.