Resep Praktis: Resep Kroket Keju

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, girl! Mumpung jelang weekend, kita masak lagi yuk! Kali ini di resep praktis, kita akan coba bikin resep kroket nih. Tapi berbeda dengan resep kroket pada umumnya yang menggunakan kentang, kita akan menggunakan terigu dan keju sebagai bahan utamanya.

Hmmm, yummy!

Tahu nggak sih, girls, bahwa kroket ini sebenarnya adalah penganan yang mendunia? Beberapa negara mengenal kroket ini dan mereka memang memfavoritkannya sebagai salah satu jenis camilan. However, mereka punya cara sendiri-sendiri untuk menyebutnya, dan isiannya juga menurut tradisi mereka masing-masing. Coba kita lihat ya.

  • Orang Spanyol menyebutnya dengan croquettes, dibuat dari daging ayam, dan termasuk ke dalam makanan pembuka, atau yang biasa disebut tapas.
  • Orang Brasil juga biasa menyebutnya dengan croquettes atau croquetes, umumnya dibuat dari daging sapi, dan dijual di Brasil sebagai hidangan dari Jerman.
  • Di Meksiko, croquettes dibuat dari ikan tuna dan kentang.
  • Orang Republik Ceko menyebutnya dengan Krokety, bentuknya agak berbeda dengan yang biasanya lonjong-lonjong besar, di Ceko bundar-bundar dan kecil. Dibuat dari kentang, telur, tepung terigu, dan mentega.
  • Di Kuba, kroket dibuat dari ham, daging babi, daging ayam, atau kombinasi ketiganya.
  • Di Tampa, Florida, Amerika Serikat, kroket dibuat dari daging kepiting yang sedang musim, dan dilapisi dengan tepung panir yang berasal dari Roti Kuba. Penduduk setempat menyebutnya deviled crab (croqueta de jaiba).
  • Orang Hongaria menyebut Krokett, mirip dengan kroket di Republik Ceko, namun berbentuk lonjong dan sering diberi bumbu pala.
  • Di India, ada yang namanya Alu-tikki, yaitu kroket kentang makanan khas India Utara yang dimakan sebagai makanan ringan. Sering juga disebut cutlet, dan bisa dijumpai di rumah makan siap saji. Hmmm, mungkin seperti potato chop ini ya, girls.
  • Di Bangladesh, tampilannya mirip dengan Alu-tikki, tetapi diberi nama Alu-chop dan di tengahnya diisi daging sapi.
  • Jepang, kroket atau Korokke (コロッケ) ini merupakan makanan ringan yang populer, dan banyak dijual di pasar swalayan dan toko daging. Korokke dibuat dari kentang, dan umumnya berbentuk agak pipih. Isi kroket bisa bermacam-macam, mulai dari sayur-sayuran, daging sapi, babi, atau campuran daging babi dan sapi (aibiki). Selain itu, kroket berisi ragout daging kepiting (disebut kani korokke) dan udang juga populer di Jepang, girls. Menchi katsu (メンチカツ) (minced cutlet) adalah sebutan untuk daging cincang yang dibalut tepung panir dan digoreng. Menchi katsu tidak dibuat dari kentang, dan bila tidak dinyatakan sebagai daging sapi, maka daging yang dipakai adalah campuran daging sapi dan babi.
  • Di Filipina, croqueta adalah sebutan untuk kroket kentang dengan isi daging atau ikan. (Sumber: Wikipedia)
BACA JUGA:  Resep Praktis: Salad Bayam

Tuh kan, kroket ini benar-benar makanan yang mendunia ya, diam-diam.

Nah, kali ini BiPer akan ajak kamu bikin resep kroket keju, tanpa kentang, yang cara membuatnya–sudah pasti–gampang dan cepat. Yuk, kita mulai!

 

Resep Kroket Keju

Bahan:

50 gr mentega

125 gr terigu

400 cc susu

2 butir telur

100 gr keju parut

50 gr bubuk roti

 

Bumbu:

¼ sdt pala

¼ sdt merica

1 sdt garam

Penyedap rasa jika diperlukan

 

Cara membuat:

Cairkan mentega, masukkan terigu kemudian aduk sampai rata.

Masukkan susu, kuning telur, dan bumbu-bumbu, masak sampai kental matang.

Masukkan keju parut dan biarkan sampai dingin.

Ambil adonan tersebut satu sendok, bentuk bulat atau lonjong. Taburi dengan terigu kemudian celupkan ke dalam putih telur kocokan. Gulingkan di atas bubuk roti.

Lakukan sampai adonan habis.

Goreng sampai berwarna kuning keemasan.

Sajikan panas.

 

Mudah kan, girls? Jangan lupa bagi-bagi juga dengan BFF dan pacar kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.