Kesehatan

Resolusi Hidup Sehat 2020: Ayo, Perbaiki Kualitas Hidup!

2020 sebentar lagi! Sudah menyiapkan resolusi tahun baru kamu belum? Yuk, bikin resolusi hidup sehat!

BICARAPEREMPUAN.COM – Resolusi hidup sehat nggak perlu harus selalu direalisasikan dengan menargetkan hal-hal sulit kok.

Awali impian ini dengan mempraktikkan gaya hidup sehat sederhana yang tak membutuhkan usaha terlalu keras. Atur dan ubah gaya hidup kamu secara perlahan, namun konsisten.

11 Resolusi hidup sehat untuk 2020

1. Pilih local food

5 Bahan Makanan Ini Bila Salah Pengolahan Bisa Membahayakan Kesehatan!
Resolusi hidup sehat: Pilih local food.

Resolusi hidup sehat untuk memilih dan mengonsumsi local food dapat diterjemahkan dalam banyak hal. Mulai dari membiasakan diri untuk mencintai makanan tradisional, mempraktikkan diversifikasi pangan nonberas nonterigu dengan mengonsumsi singkong, ubi, atau jagung sebagai camilan, berbelanja di pasar tradisional, hingga memilih sayur dan buah-buahan lokal.

Tren ini sudah mulai banyak dilakukan, seiring dengan meningkatkan kesadaran pola makan sehat dalam keluarga.

Sayuran dan buah-buahan lokal kini kualitasnya dapat bersaing dengan produk impor lo. Bahkan buah dan sayuran tradisional variasinya lebih beragam. Secara logika, sayur dan buah impor menempuh jarak yang jauh dan membutuhkan jalur distribusi yang panjang sebelum sampai ke tangan kita.

Hal ini tentu akan memengaruhi kandungan nutrisinya. Biar bagaimana pun sesuatu yang fresh pasti memiliki kualitas yang lebih prima. Jika kita dapat langsung dapat menikmati sayur dan buah-buahan yang segar dan baru dipanen, mengapa harus menunggu yang sudah ‘tak segar’?

2. Cooking with love

Bumbu Masak Sulit Ditemukan? Ini Dia 14 Bahan Pengganti Agar Tetap Bisa Masak Sesuai Resep
Resolusi hidup sehat: Masak sendiri!

Daripada terus menerus jajan, sesekali sisihkan sebagian waktu sibuk kamu untuk memasak makanan kesukaan sendiri. Lebih sehat, dan pastinya lebih nikmat ya kan? Dan lebih memuaskan!

Dengan memasak sendiri, kamu bisa tahu dengan pasti apa yang ada dalam semangkuk soto buatanmu sendiri. Dagingnya dari kualitas terbaik yang kamu pilih sendiri di supermarket, bumbu dibuat dari racikan bumbu yang sudah kamu pastikan kesegarannya.

Hasilnya? Tentunya lebih istimewa, yes? Kamu pun menjadi lebih sehat karena hati merasa senang dan bahagia.

3. Grow your own food

Beralih ke Makanan Organik dalam 8 Langkah Agar Sehat dan Hemat
Resolusi hidup sehat: Tanam sendiri!

Tanam sendiri, rawat sendiri, panen sendiri, dan nikmati hasilnya bersama keluarga. Konsep ini bersinergi dengan gaya hidup cooking with love, bukan? Dari mula sampai selesai, semuanya under your supervision!

Pastinya dengan begini, kamu nggak perlu khawatir dengan ancaman pestisida dan insektisida buatan yang sering kali menjadi momok dalam produk-produk hortikultura. Meski nggak semua kamu tanam sendiri, tapi seenggaknya panen kecil bahan segar kebutuhan dapur berkontribusi dalam mengurangi zat kimia berbahaya dalam sepiring hidangan favorit kita.

BACA JUGA:  7 Resolusi Tahun Baru untuk 2019 yang Lebih Sehat dan Bahagia

4. Kurangi makanan instan

Resolusi Hidup Sehat 2020: Ayo, Perbaiki Kualitas Hidup!

Well, instant food memang menjadi salah satu solusi praktis di zaman yang serba cepat ini ya, girls.

Untuk resolusi hidup sehat kamu, bukannya mengajakmu untuk memusuhi juga sih, tapi lebih baik dibatasi. Bagaimanapun, kepraktisannya sangat membantu di saat-saat genting saat kita harus bisa menyediakan makanan dalam waktu singkat saat kita kelelahan.

Namun, harus dipahami juga bahwa untuk mendapatkan keinstanannya tersebut, berbagai bahan tambahan pangan pun diperlukan. Meski kamu nggak perlu harus parno juga, karena para pelaku industri pangan pasti telah menggunakan zat aditif yang aman untuk makanan dalam dosis yang sesuai.

5. Know your food

Pengin Mulai Mengonsumsi Makanan Organik? Perhatikan 5 Tip Berikut!
Resolusi hidup sehat: Kenali!

Kampanye pembatasan GGL (Gula Garam Lemak) yang dilakukan oleh pemerintah bermaksud agar masyarakat memahami bahwa asupan gula, garam dan lemak yang berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu terjadinya penyakit degeneratif.

Ya, nggak berarti juga kamu harus sama sekali berhenti menggunakan garam, gula dan lemak. Hanya saja, kamu harus membatasi konsumsinya dengan memahami bahwa apa yang ada dalam seporsi sajian yang terhidang di hadapanmu.

Gula bisa saja bersembunyi dalam nasi, mi, ataupun cake favorit. Garam pun begitu, selalu ada dalam semua jenis makanan. Lemak juga tersimpan dalam seporsi steak, ayam dan ikan goreng, hingga cupcakes.

Know your food berarti sadarilah ada apa saja dalam setiap suap makanan yang masuk ke dalam tubuh, dan kemudian mengaturnya sesuai kebutuhan tubuh.

Jika pagi sudah sarapan lontong sayur, makan siang melahap Fettucini Carbonara saus krim, maka jangan lagi ngemil Red Velvet Cake atau gorengan di sore hari. Gantilah dengan umbi-umbian rebus. Dan untuk makan malam, coba kurangi porsi nasi, atau makan malam dengan nasi merah dengan sayuran yang banyak plus seporsi besar buah-buahan segar.

6. Eating the rainbow

Selama Bulan Puasa, Hindari 4 Jenis Makanan Ini Agar Pencernaan Lancar
Resolusi hidup sehat: Makan bergizi!

Well, warna-warni pelangi memang cantik ya. Begitu juga untuk makanan. Zat warna yang terkandung dalam tiap bahan makanan tersebut memiliki peranan yang penting untuk kesehatan tubuh kita lo.

Setiap warna mewakili kandungan senyawa fitokimia tertentu yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti antikanker, antimikroba, antioksidan, antitrombotik, meningkatkan sistem kekebalan, antiinflamasi, mengatur tekanan darah, menurunkan kolesterol hingga mencegah penyakit mata.

Buah-buahan dan sayuran berwarna merah, seperti pada tomat, semangka, atau jeruk Bali, kaya dengan likopen yang berperan mencegah risiko kanker.

BACA JUGA:  7 Resolusi Tahun Baru 2019 untuk Keuangan yang Lebih Baik di Tahun Depan

Warna ungu seperti pada buah bit, anggur, blueberry, mengandung pigmen antosianin yang sangat ampuh melindungi kerusakan sel. Beta karoten pada wortel, labu, mangga, ubi jalar, sangat penting untuk pembentukan vitamin A.

7. Sarapan sehat itu penting!

10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu
Resolusi hidup sehat: Sarapan!

Sibuk atau sedang terburu-buru paling sering menjadi alasan kita memulai hari tanpa sarapan. Padahal, makan pagi menjadi modal untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Dengan mengabaikan sarapan, orang akan cenderung menjadi tak terkendali saat menyantap makan siang lo. Akhirnya makan apa saja deh dalam porsi yang berlebihan sehingga hal ini justru dapat jadi pemicu meningkatnya berat badan.

Menjalani hari tanpa sarapan juga akan menyebabkan gejala pusing karena kekurangan glukosa dari asupan karbohidrat. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak usia sekolah di Inggris terungkap, bahwa kalau kita nggak sarapan maka akan membuat tubuh terasa lemas, menjadi lebih lamban, dan sulit berkonsentrasi.

Sarapan yang dimaksud pastinya adalah sarapan sehat yang padat gizi. Artinya komposisi karbohidrat, proten, dan lemaknya berimbang. Protein dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga kalau kamu sarapan dengan makanan yang mengandung protein lebih banyak akan membuat kamu nggak terlalu banyak ngemil.

Yuk, jadikan sarapan sebagai salah satu resolusi hidup sehat kamu di tahun 2020!

8. Minum air putih lebih banyak

4 Minuman yang Paling Tepat Diminum Menemani Waktu Olahraga Kamu
Resolusi hidup sehat: Air putih!

Anjuran minum 2 liter air setiap hari itu bukan sekadar kampanye apalagi hanya iklan air minum mineral saja lo.

Air merupakan komponen utama penyusun tubuh kita sebesar 70%. Di dalam tubuh, air berfungsi antara lain untuk mengatur suhu tubuh, melarutkan zat-zat yang diserap, dan membantu proses pencernaan, sebagai pelumas tubuh atau cairan sendi, serta membantu transportasi oksigen.

Please jangan sepelekan peranan air. Sediakan selalu air minum dalam botol kecil ke mana pun kamu pergi. Minumlah sebelum merasa haus.

9. Makan dengan perlahan

Mau Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa Diri? Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin!
Resolusi hidup sehat: Makan perlahan

Nah, hal kesembilan ini juga bisa menjadi salah satu resolusi hidup sehat yang jangan dianggap remeh. Mulailah kurangi kebiasaan terburu-buru saat makan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengunyah makanan lebih lama dapat menurunkan hormon ghrelin, yang merupakan hormon lapar yang bersirkulasi dalam sistem pencernaan.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Jadi, orang-orang yang makan dengan cepat, akan mengonsumsi lebih banyak makanan dalam periode 20 menit sehingga menghasilkan lebih banyak kalori yang bisa meningkatkan peluang obesitas.

BACA JUGA:  3 Aplikasi Mobile untuk Panduan Diet Sehat

10. Bergerak aktif!

Nggak usah menggunakan telepon untuk bicara dengan teman sekantor yang berbeda ruangan. Gunakan tangga jika hanya turun dan naik 1 atau 2 lantai, atau pergi berbelanja sayur sambil jalan pagi ke pasar.

Harus diakui, bahwa di zaman modern kayak gini aktivitas fisik terasa kian jarang kita lakukan. Semua memang jadi lebih praktis dan mudah, tetapi justru bikin kita makin malas bergerak, apalagi untuk olahraga serius. Nggak ada waktu!

Padahal, aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bergerak aktif akan meningkatkan kapasitas otak, menjaga berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menguatkan jantung. Bahkan juga membuat kita awet muda!

Untuk awalnya sebagai resolusi hidup sehat 2020, kamu nggak perlu pasang target terlalu tinggi. Lakukan aktivitas fisik ringan yang tanpa disadari sudah membuat tubuh bergerak, kemudian baru deh pilih olahraga yang kamu sukai.

11. Vacation!

Hadiahi tubuh dengan istirahat, sebagai bagian dari resolusi hidup sehat 2020.

Energi yang sudah dikeluarkan selama beraktivitas, harus dipulihkan kembali. Beberapa bentuk istirahat yang dapat dilakukan antara lain adalah tidur, nyantai sejenak, me time dan berlibur.

Saat tidur, semua organ tubuh mengalami relaksasi dan akan kembali segar setelah bangun. Manfaatkan sela-sela waktu untuk me time, membaca buku, mendengarkan musik, ngobrol bersama teman, melakukan hobi, menikmati makanan kesukaan akan membuat tubuh dan otak kita menjadi rileks.

Jangan lupa memasukkan acara berlibur dalam agenda tahun depan sebagai salah satu resolusi hidup sehat 2020!

Selain membuat kita untuk rileks, berlibur dapat mengembalikan energi positif kita, membangkitkan mood, dan meredakan stres. Lupakan sejenak semua tugas, dan nikmati liburanmu!

So, sudah siap menyambut tahun 2020 dengan resolusi hidup sehat ala kamu sendiri?

Semangat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: